Mother & Baby

Manfaat Senam dan Olahraga Ringan untuk Bumil

Jangan Lupa Share ya

Senam hamil adalah terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil, baik secara fisik maupun mental. Senam hamil biasanya dimulai sejak usia dini. Akan tetapi, sebagian besar ibu hamil memilih untuk melakukan senam hamil ketika kehamilan memasuki trimester ketiga, yaitu sekitar usia 28-30 minggu. Senam hamil bukan hanya dilakukan untuk meningkatkan kesiapan fisik dan mental calon ibu pada masa persalinan.

Senam hamil berbeda dengan senam lainnya. Gerakan senam hamil cenderung lebih lambat dibandingkan dengan gerakan senam pada umumnya. Hal ini dikarenakan, jika gerakan terlalu cepat dikhawatirkan akan bermasalah pada kandungannya.

Adapun beberapa manfaat senam hamil adalah sebagai berikut:

Memperkuat Elastisitas Otot


Dengan melakukan senam hamil, akan mempertahankan dan memperkuat elastisitas otot-otot dinding perut, sehingga dapat mengatasi atau mencegah keluhan nyeri (di bokong, di perut bagian bawah) dan keluhan wasir.

Mengurangi Keluhan


Dengan melakukan senam saat hamil dilakukan untuk melatih sikap tubuh di masa kehamilan. Dengan begitu, latihan ini akan mengurangi keluhan yang timbul pada ibu hamil ketika mengalami perubahan bentuk tubuh.

Melatih Relaksasi


Proses relaksasi akan sempurna jika dibarengi dengan latihan kontraksi, relaksasi ini sangat diperlukan untuk mengatasi rasa sakit atau ketegangan saat proses persalinan.

Menghindari Kesulitan


Senam hamil bisa memudahkan proses persalinan, sehingga saat melahirkan tidak ada kesulitan yang berarti. Selain itu senam juga menjaga ibu dan bayi tetap sehat setelah melahirkan.

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply