Religi

Manfaat Puasa Daud yang Jarang Diketahui

Jangan Lupa Share ya

Umat Islam mengenal puasa sebagai salah satu ibadah. Tetapi, di antara sekian jenis puasa, hanya Puasa Ramadan saja yang dihukumi wajib.

Ada beberapa jenis puasa sunah yang dianjurkan dalam Islam. Salah satunya adalah Puasa Daud. Bahkan sunah ini disebut sebagai puasa yang paling disukai Allah SWT.

Hal ini seperti tertuang dalam hadits diriwayatkan Bukhari dari ‘Abdullah bin Amir bin Al Ash. Sahabat itu menuturkan Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

“Sebaik-baik sholat di sisi Allah adalah sholatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau sholat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu sehari puasa dan tidak puasa di hari berikutnya.”

Seseorang yang ingin menjalankan Puasa Daud, dianjurkan untuk berpuasa satu hari dan tidak berpuasa di hari berikutnya. Dia lalu mengulangi puasanya di hari ketiga dan tidak lagi berpuasa di hari keempat, hingga menjadi kebiasaan.

Terdapat hadits lain yang menjelaskan kedudukan Puasa Daud. Hadits itu diriwayatkan oleh Bukhari.

“Rasulullah Muhammad SAW bersabda, ‘Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah (yang dinamakan) puasa Daud ‘alaihissalam dan ini adalah puasa yang paling afdlal. Lalu aku (Abdullah bin Amru radhialahu ‘anhu) berkata sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “ Tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu.”

Manfaat Puasa Daud

Meningkatkan sistem Imune

Berpuasa dapat meningkatkan sistem imun di dalam tubuh dan akan membuatnya kebal terhadap berbagai penyakit karena fungsi sel limfa dalam tubuh akan menunjukkan peningkatan dalam produksi sel limfosit T.

Memunculkan daya tarik seseorang

Berpuasa dapat membantu meningkatkan pesona dan daya tarik seseorang, itulah yang dikemukakan oleh Alvenia M. Fultorn. Dengan menjalankan puasa, seseorang akan terlihat lebih menarik karena dengan berpuasa dapat menormalkan fungsi-fungsi tubuh dan membuatnya lebih indah.

Lebih Awet Muda

Menurut Dr. Yuri Nikolayev, berpuasa mempunyai khasiat akan membuat seseorang menjadi awet muda secara fisik, mental dan spiritualnya.

Kesehatan Mental

Menurut Allan Cott, berpuasa dapat membuat fisik dan mental menjadi lebih baik, Membersihkan badan, menurunkan tekanan darah dan kadar lemak, mengendorkan ketegangan jiwa, Menajamkan fungsi indrawi, dan memperlambat proses penuaan dini.

Mencegah resiko penyakit jantung

Menurut Jalal Saour, ketika berpuasa cairan yang ada di dalam tubuh akan berkurang, hal tersebut dapat menurunkan kerja jantung, dan inilah yang dapat membantu mencegah penggumpalan darah yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung.

Untuk kecantikan kulit

Puasa bisa bermanfaat untuk menjadikan kulit lebih terlihat segar, sehat, lembut dan berseri alami. Hal ini disebabkan oleh metabolisme tinggi yang dialami oleh tubuh, dan ketika hal tersebut terjadi maka setiap organ yang ada di dalam tubuh akan mempunyai cadangan energi yang lebih banyak. Ketika berpuasa energi tersebut akan dikeluarkan sehingga mampu menciptakan rasa lega pada organ-organ penyimpanan tersebut.

Menambah pengetahuan

Janji Allah yang akan memberikan pengetahuan yang tidak diduga-duga kepada orang yang melaksanakan puasa Daud. Semua ilmu pengetahuan yang ada berasal dari Allah SWT, maka orang yang senang menjalankan puasa daud pastilah sangat beruntung karena Allah akan memberikan ilmu yang sangat istimewa terhadap mereka. Hal ini dikarenakan dalam proses menjalankan Puasa Daud, secara waktu luang tidak akan sia-sia dimana kita nantinya akan berusaha mengisi waktu luang, seperti membaca buku, bermain game atau selainnya yang lebih bermanfaat.

Terpelihara dari Maksiat

Orang yang senantiasa menjalankan puasa Daud dengan niat yang ikhlas karena Allah niscaya akan terpelihara dari berbuat maksiat. Karena puasa menjauhkan diri kita dari perbuatan-perbuatan yang dikendalikan oleh hawa nafsu.

Menerima pemberian Allah dengan lapang Hati

Orang yang menjalankan ibadah Puasa Daud niscaya akan dikaruniai oleh Allah akan rasa lapang dada, menerima terhadap apa saja pemberian Allah.

Mampu mengendalikan Emosi

Seseorang yang mampu istiqomah dalam menjalankan puasa Daud, akan dimudahkan segala urusannya oleh Allah dan senantiasa mampu menahan emosi.

Menentramkan Jiwa

Manfaat puasa daud yang tidak kalah penting bagi kesehatan adalah mengenai ketentraman jiwa. Ketika seseorang yang rela menjalankan puasa Daud, ia akan merasa dilindungi sehingga Ketentraman akan lebih dekat kepadanya

Menjadi Hamba Yang Bersyukur

Dengan berpuasa Daud, kita akan menjadi hamba Yang lebih bersyukur dalam hal ini menjaga rezeki kita, menjaga pemberian Allah SWT, serta mampu menjadi hamba yang amanah terhadap apa yang sudah dimiliki.

Demikian pembahasan mengenai manfaat puasa daud yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply