Beauty & Health

Manfaat Nutrisi Susu Untuk Kecerdasan Otak Anak

Jangan Lupa Share ya

Buah hati akan selalu di nomor satukan oleh para ibu. Terutama jika anak dalam masa pertumbuhan, maka sudah semestinya bagi para bunda untuk memberikan nutrisi yang banyak untuk tumbuh dan berkembang. Tapi di mana anak akan memperoleh nutrisi, jika mereka sudah tidak terlalu bergantung pada Air Susu Ibu?

Air Susu Ibu jelas memberikan banyak nutrisi. Namun ketika si kecil berusia satu tahun, alangkah baiknya kalau sang ibu mengurangi frekuensi ASI dan mengenalkan kepada makanan baru yang juga bernutrisi. Anak sangat membutuhkan karbohidrat, protein, zat besi, mineral, vitamin dan kalsium sebagai bekal untuk tumbuh dan berkembang.

Nutrisi Otak yang Tepat

Makanan keseharian anak perlu diperhatikan betul-betul. Nutrisinya harus seimbang dan tentunya dapat dicerna. Para bunda pasti menginginkan anaknya untuk tumbuh besar dan cerdas kan? Untuk itu jangan pernah salah pilih makanan dan minuman untuk sang buah hati di masa emasnya, ya.

Salah satu produk yang sangat cocok dikonsumsi anak minimal usia 1 tahun adalah susu bubuk. Susu bubuk berperan sangat besar bagi anak karena mengandung kandungan yang penting untuk pertumbuhan tulang. Selain itu, banyak keuntungan dan manfaat yang bisa diambil dari pengkonsumsian susu bubuk ini.

Selain menjaga kekuatan tulang, susu bubuk membantu anak untuk menyehatkan gusi dan fungsi otot saraf tubuh. Makanan ini juga bermanfaat untuk perkembangan dan kecerdasan otak. Tentu saja semua fungsi ini akan bisa didapatkan ketika sang anak mengonsumsi susu dengan rutin dan teratur.

Kandungan Dalam Susu

Baca Juga: INILAH CARA MEMBUAT SUSU FORMULA YANG BENAR!

Jika muncul pertanyaan, mengapa susu sangat penting bagi pertumbuhan anak? Sudah jelas karena kandungannya yang begitu bergizi. Namun, jelasnya, kandungan apa saja yang membuat susu menjadi salah satu makanan pokok anak? Mari kita simak kandungan-kandungan dalam susu yang berperan dalam pertumbuhan anak.

  1. Laktosa

Unsur ini mungkin tidak terdengar asing untuk orang awam sekalipun. Laktosa adalah salah satu zat yang paling penting dalam susu untuk perkembangan otak anak. Zat ini sejatinya adalah rengkahan karbohidrat yang terkandung dalam ASI. Kemudian rengkahan tersebut akan memecah lagi menjadi komponen gula sederhana yaitu galaktosa.

Galaktosa kemudian oleh tubuh diproses menjadi galaktopid, yang kemudian nantinya disalurkan untuk sel-sel otak dan saraf. Pemberian laktosa secara rutin sangatlah penting bagi anak. Itu sebabnya ketika mereka sudah tidak mengonsumsi ASI lagi, sebaiknya diganti dengan mengonsumsi susu.

  1. Zat Besi

Sesuai namanya, kandungan Zat besi yang ada di susu pertumbuhan sudah jelas perannya untuk membantu pertumbuhan tulang. Tapi siapa sangka, zat besi ternyata juga berguna untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak. Di penelitian, dalam 100 gram susu didapatkan 143 mg kalsium dan 3,2 protein. Komposisi tersebut sangat penting untuk pertumbuhan.

Sebuah penelitian lain juga mengatakan bahwa anak yang mengonsumsi susu setiap harinya secara rutin akan terlihat lebih cerdas dari anak lainnya yang tidak mengonsumsi susu. Rutin dalam artian teratur dan tidak berlebih, yaitu sekitar 2 sampai 3 kali saja dalam sehari.

  1. ALA dan LA

Zat yang berperan dalam pertumbuhan dan kecerdasan otak anak selanjutnya adalah Alpha Linoleid Acid (ALA) dan Linoleid Acid (LA). Tidak perlu menghapalkan susah-susah sebenarnya, cukup dengan mengatakan zat asam lemak, maka semua orang pun mengerti.

Ya, zat asam lemak pun dibutuhkan dan memang terkandung dalam setiap produk susu. Manfaatnya adalah untuk meningkatkan kinerja otak, membantu perkembangan serta kesehatan.

  1. DHA dan AHA

Ini bukan AHA produk dari youtuber terkenal Atta Halilintar ya. AHA (Arachidonic Acid) dan temannya DHA (Docosehaxaenoic Acid) adalah salah satu asam lemak tidak jenuh. Meskipun sama-sama zat asam lemak, DHA dan AHA mempunyai tugas yang berbeda dengan ALA dan LA.

Tugas zat asam lemak ini adalah lebih kepada pembentukan otak dan saraf serta sistem imun. Sehingga, jika dikonsumsi secara teratur, anak akan menjadi lebih cerdas dan kebal penyakit. Selain itu, indera mata anak akan menjadi lebih kuat.

Menginjak usia 1 tahun, si kecil akan memasuki masa-masa pengenalan diri dan imajinasi terhadap hal-hal baru. Oleh karena itu, dibutuhkan banyak sekali nutrisi untuk menunjang segala macam aktivitas yang dilakukan oleh sang anak. Dan di sinilah peran tepat susu sebagai asupan tambahan selain makanan sehat.

Tapi kembali lagi, tidak setiap susu mengandung kandungan yang tertera di atas. Alangkah baiknya jika para ibu untuk membaca secara teliti sebelum membeli produk susu. Karena pada akhirnya, para ibulah yang bertanggung jawab pada tumbuh kembang dan kecerdasan anak.

Jangan Lupa Share ya

Jihan Ariya

Halo Guys Salam Kenal, Semoga Sehat dan Sukses Selalu .. Aamiin 🙂 Follow me @Linkedin dan Sekarang lagi berkecimpung dengan blog pribadi reomit.com
Jihan Ariya

Latest posts by Jihan Ariya (see all)

Leave a Reply