Beauty & Health

Manfaat Kayu Manis yang Tak Terduga

Jangan Lupa Share ya

Kayu manis adalah salah satu rempah-rempah yang berasal dari cabang-cabang pohon liar. Kayu manis merupakan tanaman asli yang berasal dari Karibia, Amerika Selatan dan Asia Tenggara. Ada dua jenis kayu manis yang paling utama yaitu Cinnamon Ceylon yang merupakan kayu manis yang paling umum digunakan di dunia Barat dan Cinnamommum aromaticum yang merupakan kayu manis yang berasal dari Cina Selatan. Diantara kedua jenis kayu manis tersebut, yang memiliki harga paling murah adalah kayu manis yang berasal dari Cina.

Sejak tahun 2000 SM, Mesir Kuno telah mengonsumsi rempah-rempah yang satu ini karena mereka menganggap bahwa rempah ini sangatlah berharga. Para dokter di abad pertengahan menggunakan kayu manis untuk mengobati batuk, sakit tenggorokan dan radang sendi.

Di Indonesia, berbagai macam rempah yang termasuk kayu manis ini digunakan secara bersamaan dengan bahan lain seperti kunyit dan jahe untuk dijadikan jamu karena rempah-rempah ini memiliki kandungan alami yang sangat banyak.

Selama ini, kayu manis dikenal sebagai salah satu rempah yang biasanya dicampur dalam masakan, kue atau bahkan minuman. Selain akan menambah rasa dan baunya yang sedap, ternyata kayu manis memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Kayu manis memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan. Jika kamu mengonsumsinya secara rutin, maka kesehatan kamu akan terjaga dengan sangat baik. Kamu juga bisa menjadikan rempah-rempah yang satu ini sebagai obat herbal.

Pada zaman modern seperti sekarang ini, penggunaan kayu manis sebagai obat sudah mulai berkurang. Sebagian besar masyarakat telah beralih pada obat-obatan dokter karena mereka menganggapnya lebih manjur. Sehingga, kayu manis hanya dijadikan sebagai bahan masakan saja. Padahal, batang kayu manis ini memiliki khasiat yang sangat besar terhadap kesehatan.

Manfaat Kayu Manis

  • Antioksidan yang terkandung dalam kayu manis dapat membantu mengontrol tingkat gula darah yang ada di dalam tubuh. Selain itu, kayu manis juga dapat membantu proses pencernaan dan memperbaiki respon insulin pada seseorang yang menderita penyakit diabetes tipe-2.
  • Kayu manis mengandung senyawa anti infeksi alami terhadap H. Pylori yang merupakan bakteri penyebaab borok, bisul dan pathogen lainnya.
  • Kayu manis memiliki kandungan senyawa yang mampu menyehatkan pembuluh darah karena kandungan kolesterol LDL yang ada di dalam tubuh dapat membuat pembuluh darah menjadi tersumbat dan kayu manislah yang dapat mengurangi resiko tersebut.
  • Ternyata ramuan yang berasal dari kayu manis juga dapat menyembuhkan sakit perut. Hal ini dilakukan dengan cara mencampurkan madu dan kayu manis yang kemudian diminum. Selain bisa mengobati sakit perut, cara ini juga bisa membersihkan perut.
  • Kamu bisa mengatasi masalah bau mulut hanya dengan mencampurkan 1 sendok madu dan 1 sendok bubuk kayu manis pada air hangat. Dengan meminumnya setiap hari, mulut kita akan lebih segar dan juga akan menghilangkan bau mulut yang mengganggu.
  • Sebuah penelitan menyebutkan bahwa mengonsumsi minuman hangat dengan madu yang dicampurkan dengan kayu manis juga bisa sangat ampuh untuk mengurangi gas yang ada di dalam perut.
  • Penelitian yang dilakukan oleh Unversity of Texas menerbitkan jurnal Nutrition and Cancer yang di dalamnya menerangkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker terutama pada tulang dan perut
  • Selain mengonsumsinya, ternyata hanya dengan mencium bau kayu manis dapat meningkatkan aktivitas otak dan membantu proses kognitif seseorang, membantunya untuk lebih berkonsentrasi, meningkatkan kemampuan mengingat serta meningkatkan kecepatan bekerja pada program komputer.
  • Kayu manis biasanya digunakan sebagai obat tradisional di Cina pada orang yang terkena virus influenza. Hal ini dikarenakan zat yang terkandung dalam kayu manis dapat membuat tubuh lebih hangat dan lebih nyaman.
  • Penelitian lain yang di lakukan oleh University of Texas yang dituangkan dalam jurnalnya bahwa kayu manis melawan virus HIV. Inilah salah satu manfaat paling besar yang dimiliki oleh kayu manis.
  • Dengan mencampurkan 3 sendok madu dengan 1 sendok kayu manis ternyata dapat mengatasi jerawat yang membandel. Cukup oleskan campuran tadi pada wajah kamu dan biarkan selama satu malam. Kemudian setelah bangun tidur, basuh wajah kamu dengan menggunakan air hangat. Jika kamu melakukannya setiap hari, maka hal ini bisa mengatasi jerawat membandel di wajahmu.
  • Kamu bisa mengatasi sakit gigi dengan menggunakan kayu manis ini. Cukup campurkan 1 sendok bubuk kayu manis dengan 5 sendok madu dan oleskan pada gigi yang sakit.
  • Dengan mengonsumsi air hangat yang dicampur dengan 2 sendok madu dan 1 sendok bubuk kayu manis kamu bisa mengatasi penyakit radang sendi yang sudah kronis.

Itulah beberapa manfaat tak terduga yang terdapat dalam kandungan kayu manis. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya agar kamu mendapatkan manfaat terbaik bagi kesehatan kamu. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply