Religi

Manfaat Doa Qunut dan Keutamaannya

Jangan Lupa Share ya

Umat Islam tentu tidak asing dengan doa qunut. Doa ini biasanya dibaca dalam sholat subuh usai ruku’ dan usai membaca I’tidal di rokaat kedua. Tidak semua umat muslim menggunakan doa qunut. Sebab, doa qunut memang tidak termasuk ke dalam rukun sholat.

Pengertian doa qunut itu sendiri adalah doa untuk menolak bahaya dan bisa mendatangkan kebaikan yang dibaca di rokaat kedua saat sholat subuh setelah ruku’. Setelah dibaca saat sholat subuh, doa qunut pun dapat dibaca saat sholat witir diparuh kedua bulan Ramadhan. Bagi pengikut madzab Syafi’I dan juga madzat Maliki, membaca doa qunut saat shlat subuh merupakan sunat muakad. Bahkan, sebagian dari pengikut madzab Maliki berpendapat bahwa sholat subuh tidak akan sah apabila lupa membaca qunut. Sedangkan pada sholat witir, penggunaan doa qunut untuk pertama kalinya dilakukan saat Bani Sulaim mendapatkan musibah.

Doa qunut dilakukan di dalam sholat usai i’tidal di rokaat kedua. Cara melakukan doa yang satu ini adalah dengan mengangkat kedua tangan di rokaat kedua sholat subuh setelah ruku. Setelah selesai, kamu bisa berdoa tidak perlu mengusap muka setelah selesai berdoa. Tapi langsung melakukan ruku’ dan melanjutkan bacaan dan setelah itu lakukan gerakan sholat lainnya sampai selesai.

Doa qunut tak hanya doa yang dibaca untuk memohon kepada Allah SWT. Doa qunut pun memiliki sejumlah kelebihan dan manfaat bagi yang membacanya. Adapun manfaat membaca doa qunut sebagai berikut:

Manfaat dan Keutamaan Membaca Doa Qunut

Memberikan Petunjuk

Di doa qunut terdapat kalimat, “Allahummahdinii fii man hadaiit” yang artinya permintaan seorang hamba kepada Allah SWT atas petunjuk. Kalimat tersebut tentu bisa diartikan sebagai kalimat tawasul atau kalimat yang menyebutkan adanya kenikmatan hidayah seperti yang telah Allah SWT berikan kepada umat-Nya yang lain. Membaca doa qunut secara rutin pada sholat subuh, maka Allah SWT akan memberi petunjuk kepada umat-Nya. Petunjuk yang diberikan dapat berupa ilmu yang bermanfaat atau pun amal sholeh seseorang.

Mendapat Perlindungan Allah

Sesungguhnya Allah SWT selalu memberikan perlindungan kepada umat-Nya Hal ini karena Allah merupakan Dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyaang. Saat umat-Nya meminta perlindungan, maka Allah akan memberi perlindungan. Permintaan atas perlindungan Allah pun terdapat dalam doa qunut, “Wa’aafinii fii man ‘afaiit” yang artinya berilah hamba keselamatan seperti hamba-Mu yang lain yang telah diberi keselamatan. Kalimat ini tentu memberikan penjelasan bahwa Allah SWT memberi perlindungan pada umatnya dengan memberi keselamatan pada hamba-Nya yang meminta.

Perlindungan yang diberikan tak hanya perlindungan untuk keselamatan dunia saja, tapi juga keselamatan akhirat. Dengan doa qunut, Allah akan menyelamatkan umat manusia dari segala cobaan yang tengah dilalui supaya umat-Nya selalu berada di jalan yang lurus.

Menghindarkan Diri Dari Berbagai Penyakit

Dalam doa qunut terdapat kalimat ‘wa’aafini fii man hadaiit” tak hanya meminta perlindungan kepada Allah SWT, kalimat tersebut pun memberikan keselamatan dengan menghindarkan umat manusia dari segala macam penyakit yang berbahaya, baik itu penyakit hati maupun penyakit yang pada umumnya. Sering membaca doa qunut bisa menuntun umat manusia senantiasa terhindar dari hal yang menyimpang, baik dari segi hawa nafsu maupun dari tahta atau harta. Membaca doa qunut membuat hati sehat, jasmani pun sehat. Hal ini tentu akan membawa kedamaian hati bagi yang sering membacanya.

Memberikan Berkah Pada Nikmat yang Diberikan

Dalam doa qunut terdapat kalimat “wabaariklii fiima a’thoiit” yang artinya berkahilah padaku apa yang sudah engkau berikan. Kalimat tersebut menunjukkan bahwa Allah akan memberikan kebaikan berupa berkah yang banyak kepada umat-Nya. Nikmat yang telah diberikan, sedikit atau pun banyak akan tetap berkah. Nikmat yang berkah tentu akan lebih terasa cukup dan tidak pernah merasa kurang.

Meski bukan salah satu yang menjadi syarat wajib sholat, doa qunut menjadi Sunnah muakkad bagi madzab Syafii dan Maliki. Untuk itu semua pengikut madzab Syafii dan Maliki selalu membaca doa qunut setiap melakukan sholat subuh.

Tidak ada salahnya membaca doa qunut ketika sholat subuh terlebih manfaat yang akan kamu dapatkan berlipat-lipat. Apalagi tak ada larangan untuk membaca doa qunut saat sholat subuh. Meski untuk pengikut madzat Hanafi dan Hambali tak diajarkan untuk menambahkan doa qunut pada sholat subuh. Tapi tetap tak mengurangi kekhusuan Ibadan sholat subuh mereka.

Untuk itu, membaca doa qunut atau pun tidak, itu tergantung dari madzab atau imam yang kita ikuti. Tak ada pemaksaan untuk hal ini. Terlebih Islam merupakan agama yang tidak akan menyulitkan mereka yang sekiranya memang tidak mampu.

Itulah sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan saat membaca doa qunut. Luar biasa bukan? Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan serta dapat menambah keinmanan kita kepada Allah SWT. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply