Beauty & Health, Culinary

Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan Tubuh

Jangan Lupa Share ya

Karena adanya keren untuk kembali ke yang alami termasuk juga pola makan vegetarian, maka akan membuat kebiasaan untuk mengkonsumsi daging semakin ditinggalkan. Padahal daging sendiri memiliki kontribusi yang besar dan penting di dalam fungsi metabolisme tubuh yang mana sekaligus juga menjadi sumber energi.

Mengkonsumsi daging sapi juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Berikut ini adalah manfaat daging sapi untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui.

Daging Sapi sebagai Sumber protein

Manfaat daging sapi yang pertama untuk kesehatan tubuh yaitu di dalamnya terdapat sumber protein. Selain vitamin, karbohidrat, lemak serta mineral, protein salah satu nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Sedangkan di dalam daging sapi sendiri terdapat sumber protein hewani yang tinggi.

Protein hewani tersebut mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk tubuh seperti yang telah dikatakan oleh prof Hardiansyah MS PhD itu ketua umum PERGIZI Pangan Indonesia. protein hewani tersebut akan membuat pertumbuhan sel-sel organ di dalam tubuh dengan baik atau bisa memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, obat pertumbuhan serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Di samping itu, manfaat lain dari protein hewani yaitu membentuk otak manusia serta membentuk sel darah merah. Maka dari itu, protein bisa meningkatkan fungsi otak secara langsung sehingga akan meningkatkan prestasi serta produktivitas manusia. Jika asupan protein terpenuhi, maka akan membantu pembentukan hormon serta menjaga keseimbangannya.

Daging Sapi sebagai Sumber mineral

Dalam daging sapi juga terdapat sumber mineral yang tinggi seperti zat besi serta zinc. Fungsi dari sumber mineral yang ada di dalam daging sapi untuk setiap orang bervariasi dan hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti usia, kondisi fisiologis serta jenis kelamin.

Secara garis besar, fungsi sumber mineral yang ada di daging sapi yaitu menghasilkan enzim, membantu pembentukan antibodi, mengontrol tekanan osmotik di dalam tubuh, merawat kesehatan gigi dan tulang, membentuk struktur jaringan keras dan lunak, mencegah nyeri pada otot, mengendalikan keseimbangan kadar air serta asam basa di dalam darah, menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh serta merawat fungsi otak. Selain itu, mineral dalam daging sapi juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan saraf.

Baca Juga: PECINTA STEAK HARUS TAHU PERBEDAAN SIRLOIN DAN TENDERLOIN

Daging sapi Kaya akan Vitamin

Daging sapi juga kaya akan vitamin seperti vitamin A, B, D, E dan K. Berikut ini adalah fungsi dari vitamin-vitamin di dalam daging sapi.

  • Vitamin A

Tidak semua bagian pada daging sapi terkandung vitamin A. Kamu bisa mendapatkan vitamin A dalam daging sapi yakni di hati. Vitamin A yang ada di hati sapi tersebut jumlahnya sekitar 5808 mikrogram. Vitamin A sendiri bisa membantu memelihara kesehatan gigi, kulit, mata, kerangka serta selaput lendir.

  • Vitamin B

Daging sapi merupakan sumber protein hewani yang di dalamnya terkandung vitamin B kompleks. Vitamin B dalam daging sapi bisa membantu dalam proses pembentukan energi dari makanan yang telah dikonsumsi.

  • Vitamin D

Vitamin D juga terdapat di daging sapi. Akan tetapi, jumlahnya hanya sedikit yakni 100 gr daging sapi hanya 10 IU. Bagian daging sapi yang terdapat kandungan vitamin D tertinggi yaitu di organ hatinya. Vitamin D sendiri merupakan salah satu vitamin yang memiliki peran penting dalam  membantu penyerapan kalsium guna membangun tulang supaya tetap kuat.

  • Vitamin K

Vitamin K yang terdapat di dalam daging sapi jumlahnya rendah. Sebagaimana yang telah dilansir di lama University of North Carolina School of Medicine yang mengatakan bahwa vitamin K yang ada di daging sapi termasuk kategori rendah. Jumlahnya per 100 gram hanya berkisar 2,4 mikrogram saja. Vitamin K kata sendiri memiliki fungsi di dalam tubuh untuk membantu penggumpalan darah atau juga mengentalkan darah sehingga saat terjadi kehilangan darah bisa terlindungi.

  • Vitamin E

Dalam daging sapi juga terkandung vitamin E yang merupakan kategori rendah. Vitamin E tersebut tertinggi bisa kamu jumpai di biji-bijian serta kacang-kacangan dan juga sayuran. Vitamin E merupakan vitamin yang memiliki fungsi untuk melindungi jaringan di dalam tubuh dari terjadinya kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. vitamin E juga berfungsi untuk membantu menjaga sistem imun supaya tetap kuat dan terbebas dari bakteri dan virus.

Nah, kalau tadi manfaat daging sapi untuk kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Setelah mengetahui manfaatnya, maka kamu tidak perlu ragu untuk mengonsumsi daging sapi.

Jangan Lupa Share ya

Jihan Ariya

Halo Guys Salam Kenal, Semoga Sehat dan Sukses Selalu .. Aamiin 🙂 Follow me @Linkedin dan Sekarang lagi berkecimpung dengan blog pribadi reomit.com
Jihan Ariya

Latest posts by Jihan Ariya (see all)

Leave a Reply