Beauty & Health

Manfaat Buah Gorek untuk Pengobatan

Jangan Lupa Share ya

Buah gorek merupakan sejenis buah yang tumbuh secara liar. Sebagian masyarakat terutama orang tua meyakini manfaat buah gorek untuk pengobatan dapat dijadikan alternatif alami yang efektif. Buah ini memiliki batang yang agak keras dan memiliki panjang biasanya kurang dari 10 meter saja dan tumbuh merayap.

Nama buah Gorek ini berasal dari Malaysia, tepatnya di Sabah-Malaysia. Di Indonesia pun buah gorek dapat tumbuh dengan subur terutama di daerah pekanbaru, Riau. Menurut informasi dari berbagai sumber, penelitian medis pada buah gorek ini ternyata sudah ada. dan dari penelitian tersebut disebutkan bahwa buah ini mampu mengobati berbagai penyakit.

Adapun manfaat buah gorek dapat berkhasiat dalam penyembuh diabetes, ginjal, hipertensi, asam urat, asma, wasir, nyeri haid hingga sakit kepala. Di negara Malaysia, buah gorek sangat terkenal dan dijadikan sebagai obat herbal untuk dikonsumsi. Bahkan ekstrak dalam bentuk kapsul dapat ditemukan dengan mudah disana. Namun untuk Indonesia, buah gorek banyak ditemukan di daerah pekanbaru, Riau.

Manfaat Buah Gorek untuk Pengobatan Diabetes


Dalam pengobatan diabetes, ternyata buah gorek mampu menekan kadar glukosa dalam darah sehingga tentu sangat baik dalam terapi penyembuh diabetes. Namun alangkah baiknya dalam mengkonsumsi buah gorek untuk pengobatan diabetes dikonsultasikan dahulu dengan dokter.

Manfaat Buah Gorek sebagai Sumber Antioksidan


Buah gorek memiliki kandungan yang disebut dengan flavonoid yang diketahui mengandung zat antioksidan alami yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Meskipun zat antioksidan pada buah gorek tidak sebesar zat antioksidan yang terdapat pada buah manggis, namun mengkonsumsi buah gorek secara rutin cukup untuk mencegah penyebaran radikal bebas yang dapat merusak tubuh.

Cara mendapatkan manfaat buah gorek untuk pengobatan cukup mudah. Untuk pengobatan darah tinggi dan kencing manis, Buah gorek dapat diambil bijinya dan direbus untuk diambil airnya dan diminum. Atau bisa juga untuk pengobatan wasir dengan cara biji buah gorek di goreng tanpa minyak (disangrai) kemudian dikonsumsi isi dari biji buah gorek tersebut.

Buah gorek adalah salah satu buah yang mungkin terdengar asing terutama masyarakat indonesia. Ada yang menyebutkan bahwa buah gorek ini sama dengan buah lengkeng, ada pula yang menyebutnya buah gorek dan buah lengkeng adalah dua buah yang berbeda. Bahkan ada sebagian dari masyarakat kita membeli langsung buah gorek ini dari Malaysia melalui toko online. Demikian informasi mengenai manfaat buah gorek untuk pengobatan.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply