Beauty & Health

Manfaat Buah Belimbing bagi Kesehatan

Jangan Lupa Share ya

Buah belimbing merupakan salah satu buah yang sering banyak dijumpai di sekitar kita, karena buah belimbing dapat tumbuh subur di iklim tropis seperti indonesia. Manfaat buah belimbing bagi kesehatan ternyata tidak kalah bagus dengan buah sejenis lainnya.

Rasa buah belimbing ini sangat menyegarkan, apalagi jika buahnya dikonsumsi pada saat sudah matang. Selain segar rasa manis yang terdapat pada buah belimbing ini dapat membuat kamu ketagihan untuk mengkonsumsinya.

Buah belimbing di Indonesia banyak dijadikan sebagai bahan pelengkap rujak, ataupun dibuat jus segar yang dicampur dengan es batu. Namun demikian, disamping itu semua buah belimbing ini mempunyai segudang nutrisi dan manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Buah Belimbing untuk Kesehatan Pencernaan


Buah belimbing segar dapat dijadikan makanan sumber serat untuk memenuhi serat harian tubuh, baik itu daging buahnya maupun kulitnya. Seperti diketahui, serat buah dapat memperbaiki sistem pencernaan terutama pada usus dan membuang zat-zat beracun yang akan ikut terbuang ketika buang air besar. Dengan usus yang sehat, maka penyakit-penyakit yang berhubungan dengan organ tersebut akan ikut terhindar seperti kanker usus, infeksi usus, dan lain-lain.

Bagi yang ingin mendapatkan manfaat buah belimbing untuk orang yang sedang menjalani diet, buah belimbing merupakan salah satu buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi karena kandungan seratnya yang baik dan efektif untuk membantu penurunan berat badan.

Manfaat Buah Belimbing sebagai Sumber Antioksidan


Ternyata buah belimbing mempunyai kadar antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, karena didalam buah belimbing terdapat kandungan flavonoid polifenol, yang mana flavonoid polifenol ini adalah sejenis zat anti radikal bebas yang didalamnya mempunyai kandungan quercetin, epicatechin, dan asam galat. Sebagai informasi, di dalam 100 gram buah belimbing terkandung 43 mg polifenol yang efektif melindungi tubuh dari efek radikal bebas.

Manfaat Buah Belimbing untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Siapa sangka buah segar yang satu ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Di dalam buah belimbing terdapat beberapa zat elektrolit yang diantaranya fosfor, besi, seng, kalium. Zat elektrolit pada buah belimbing akan membantu mengganti cairan tubuh yang hilang secara cepat dan menstabilkan tekanan darah, sehingga denyut jantung akan terkendali. Dengan mengkonsumsi secara rutin buah belimbing, dapat dijadikan sebagai terapi penyembuhan hipertensi.

Namun perlu diketahui bahwa buah belimbing memiliki kandungan asam oksalat yang tinggi, yang mana menurut data yang didapat, buah belimbing mempunyai kandungan 50.000 hingga 96.000 ppm asam oksalat.

Menurut informasi tentang kesehatan, asam oksalat pada buah belimbing dianggap sebagai zat yang anti nutrisi. Artinya zat ini dapat menghambat metabolisme dan penyerapan nutrisi pada tubuh seperti kalsium dan magnesium.

Segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. terlalu banyak mengkonsumsi kandungan buah yang banyak mengandung asam oksalat tinggi dapat membuat tulang cepat keropos karena anti nutrisi terhadap kalsium tadi.

Selain itu, buah belimbing dapat bereaksi dengan obat tertentu, maka dari itu tidak disarankan mengkonsumsi buah belimbing bersamaan dengan obat-obatan, Lebih baik mengkonsumsi obat terlebih dahulu kemudian 2 jam kemudian boleh mengkonsumsi buah belimbing atau sebaliknya.

Demikian beberapa manfaat buah belimbing bagi kesehatan beserta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi buah belimbing agar memiliki hasil yang optimal untuk kesehatan mu.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply