Beauty & Health, Home & Garden

Manfaat Benalu Cengkeh untuk Mengobati Kanker

Jangan Lupa Share ya

Benalu merupakan jenis tanaman yang menumpang pada tanaman lain untuk mendapatkan makanan. Tanaman ini tidak dapat memproduksi makanan sendiri, sehingga akan menumpang pada tanaman lain untuk mencukupi kebutuhan zat makanan yang diperlukannya. Inang yang ditumpangi oleh benalu biasanya berupa pohon-pohon yang memiliki ukuran yang cukup besar dan jenis pohon tropis.

Benalu ini biasanya akan tumbuh di bagian batang atau ranting pohon yang ditumpanginya. Akarnya akan menyerap sari-sari makanan yang berada di batang inang, sehingga lambat laun tumbuhan ini akan membesar dan tumbuh dengan lebat. Semakin benalu bertambah lebat, maka pohon inang lama kelamaan akan kekurangan makanan dan mati, karena tidak mendapatkan makanan yang cukup.

Ada bermacam-macam pohon yang biasanya menjadi inang benalu, seperti pohon mangga, jambu, cengkeh, dan masih banyak lagi. Apakah Anda tahu? Ternyata pohon benalu yang hidup di atas pohon memiliki manfaat sebagai obat kanker.

Benalu Cengkeh Mampu Mengobati Kanker

Ada banyak sekali cara yang dapat kamu lakukan untuk mengobati penyakit kanker, yaitu menggunakan pengobatan medis atau dengan obat herbal. Namun, beberapa tahun ke belakang ini obat herbal menjadi obat yang lebih menjadi pilihan bagi banyak orang. Karena obat herbal terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak terlalu memiliki banyak efek samping. Salah satu obat herbal yang dapat digunakan untuk mengobati kanker, yaitu tumbuhan benalu cengkeh.

Bagaimana pendapat Anda tentang tanaman parasit yang satu ini? Seringkali kita akan berpendapat bahwa tumbuhan benalu ini merupakan tumbuhan yang harus sesegera mungkin untuk disingkirkan, karena apabila tidak segera disingkirkan memang akan membawa dampak buruk terhadap pohon inang. Kemungkinan terburuknya, pohon inang dapat mati karena kekurangan sari makanan.

Tapi, ternyata sesuatu yang buruk pasti akan selalu buruk dan sesuatu yang baik pasti akan selalu baik itu memang tidak pernah terjadi, kecuali di sinetron yang sering kita tonton. Benalu, tumbuhan yang selama ini kita pandang sebagai tumbuhan parasit ternyata memiliki manfaat yang sangat penting, yaitu untuk mengobati kanker.

Tapi apakah semua benalu dapat mengobati kanker? Jawabannya tentu saja tidak. Tidak semua benalu dapat mengobati kanker. Hanya benalu yang tumbuh di pohon cengkeh saja yang dapat kita manfaatkan untuk mengobati kanker. Hal ini karena benalu yang tumbuh pada pohon cengkeh memiliki beberapa kandungan senyawa yang dapat mengatasi kanker, seperti senyawa tannin, flavonoid, alkaloid, dan saponin.

Dalam suatu penelitian, disebutkan bahwa di dalam senyawa favonoid terdapat beberapa senyawa lainnya, seperti c-glycoflavonols, flavan-3-ols, flavanones, dan chalcones. Pada pohon benalu senyawa flavonoid ini berfungsi sebagai pelindung tumbuhan benalu dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet, terutama pada bagian daun dan batangnya, sehingga pohon ini tidak akan mudah rusak.

Dalam dunia kedokteran flovonoid ini dikenal sebagai senyawa antivirus, antiradang, dan antioksidan. Selain itu senyawa ini juga bermanfaat sebagai pereda sakit, analgesic, dan sebagai obat untuk menyembuhkan HIV. Sedangkan senyawa tanin yang terdapat pada pohon benalu bermanfaat sebagai senyawa anti kanker dan anti virus.

Beberapa senyawa seperti yang disebutkan di atas dapat ditemukan di bagian batang dan daun benalu cengkeh. Bagian inilah yang dapat digunakan sebagai obat untuk penyakit kanker. Kanker mungkin merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak ditakuti, karena apabila tidak segera diatasi memang akan sangat fatal bahkan dapat menyebabkan kematian. Penyakit kanker ini merupakan penyakit yang terjadi karena proses pembelahan sel yang terjadi di dalam tubuh yang tidak normal dan tidak terkontrol.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengolah benalu cengkeh menjadi obat herbal ini ternyata cukup mudah, bahkan Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Ambil beberapa tangkai pohon benalu cengkeh, lalu rebus menggunakan air secukupnya. Lakukan rebusan ini sampai airnya hanya tinggal beberapa gelas saja. Nah, air rebusan ini dapat diminum dan air inilah yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker.

Pemanfaatan benalu cengkeh untuk mengobati kanker dapat dilihat dari beberapa kanker tertentu, misal kanker payudara, kanker rahim, kanker kista, atau kanker usus. Biasanya pengobatan medis yang dilakukan untuk mengatasi penyakit ini, yaitu dengan melakukan radiasi atau juga dengan melakukan kemoterapi.

Nah, guys, itulah penjelasan terkait manfaat benalu cengkeh untuk mengobati kanker. Tumbuhan ini dapat digunakan sebagai obat herbal untuk terapi penyembuhan kanker. Apabila Anda merupakan salah satu yang memiliki penyakit kanker dan bingung cara mengatasi, mungkin Anda bisa mulai mencoba dengan memanfaatkan tumbuhan ini. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply