Culinary

Makanan yang Wajib ada di Kulkas Selama Puasa

[BlogHeader]MakananWajib2

Halo elevenian! Tidak terasa ya Bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Bulan yang penuh berkah ini memang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia. Di bulan inilah, para umat Muslim menahan lapar dan dahaga serta hawa nafsu dari matahari terbit hingga tenggelam.

Nah, sebelum puasa umat Muslim mendapat kesempatan makan di waktu Sahur. Di waktu inilah biasanya orang mempunyai kesulitan bangun dan enggan untuk memasak (apalagi yang masih jadi anak kosan). Nah, jika kamu tipikal orang yang malas memasak secara komplit untuk sahur, beberapa bahan berikut ini wajib banget ada di kulkas!

Kenapa menurut kita wajibb, adalah karena bahan-bahan ini bisa dimasak dengan mudah tanpa ribet. Jika daging ayam atau ikan sedang tak tersedia di rumah, bahan-bahan berikut bisa membantu kamu untuk kenyang saat sahur. Apa saja itu? Ini dia!

Telor

Image taken from incredibleegg.org
Image taken from incredibleegg.org

Salah satu sumber protein paling favorit di seluruh dunia ini memang sangat penting. Ada banyak menu yang bisa dibuat dengan hanya sekedar telor. Contohnya, disaaat kamu sedang kepepet dan tidak sempat memasak atau membeli makanan, menu paling mudah sejuta umat yaitu nasi dengan telor ceplok ditambah kecap pun bisa membuat siapapun bahagia.

Selain itu, kamu juga bisa memasak telor dengan berbagai cara. Bisa didar, direbus dan juga orak-arik. Semua tergantung selera masin-masing untuk memasak protein yang satu ini. Masih tersediakah telor di kulkas? Nah, kalau belom siap-siap nyteok ya elevenian! Lumayan lho buat kamu yang malas memasak. Hehe.

Sayur dan Buah

Image taken from delaware.net
Image taken from delaware.net

Ketika sahur, makanan sehat itu penting nih elevenian. Maka dari itu, sayur wajib banget ada di dalam kulkas untuk keseimbangan menu sahur kamu. Tidak perlu yang mahal-mahal, memastikan ada bayam atau kangkung juga sedap untuk sahur kamu!

Selain sayur, buah juga penting untuk berada di dalam kulkas. Jika kamu bukan penyuka sayur, maka buah bisa menjadi pengganti sumber serat untuk tubuh. Ingat elevenian, harus seimbang saat sahur supaya bisa kuat untuk puasa. Cek stok sayur dan buah di kulkas ya elevenian!

Keju

Image taken from totalsororitymove.com
Image taken from totalsororitymove.com

Apa yang kamu pikirkan ketika menemukan keju? Hmm pasti berbagai macam makanan enak kan? Keju, bisa digunakan untuk berbagai menu ringan dan berat untuk Sahur serumu! Contohnya, kalian bisa membuat sebuah sandwhich melted cheese dengan tambahan brokoli. Terdengar enak? Nah, keju juga bisa jadi topping untuk spaghetti dan aneka pasta lainnya. Bahkan, jika kamu campur dalam mis instan pun, keju adalah pilihan cocok lho! Ayo di cek kulkasnya! Ada keju ga?

Bumbu Jadi

Image diambil dari merdeka.com
Image diambil dari merdeka.com

Ibu-ibu, salah satu trik menghemat waktu dalam hal masak memasak adalah, menyediakan bumbu jadi di kulkas. Nah, yang dimaksud bumbu jadi dalam hal ini bukan yang instan ya elevenian. Tetapi, bumbu jadi yang dibikin sendiri. Contohnya adalah bawang merah dan bawang putih yang telah diblender dengan halus. Dengan memiliki stok bumbu tersebut, maka kamu sudah menghemat waktu dalam memasak! Ide yang bagus kan? Yuk, cepat-cepat ke dapur dan bikin bumbu jadimu.

Margarin dan Butter

Dua makanan ini bisa menjadi pengganti minyak untuk menumis. Bahkan, jika kamu menumis dengan margarin atau butter, makanan kalian bisa lebih wangi dan memiliki rasa yang lebih sedap lho elevenian! Contohnya adalah bawang Bombay.

Jika kalian menumis ini dengan margarin atau butter, maka bawang kalian akan terasa lebih manis, gurih dan wangi. Bahasa kerennya adalah caramelized onions. Ini cocok sekali untuk kamu tambahkan jika sedang membuat sandwich. Nyam!

Makanan Instan

Memiliki stok makanan instan seperti bakso, sosis, nugget dan ayam goring itu juga penting lho elevenian. Memang, ada kalanya kita mulai bosan dengan makanan rumah atau makanan yang dibeli di luar. Ada kalanya juga anak-anak akan bosan dengan lauk-pauk. Menyediakan makanan instan untuk menjadi salah satu sampingan di menu sahur bisa menjadi pancingan agar si kecil mau makan di saat sahur.

Susu

Minuman yang satu ini penting untuk kesahatan tulang, terutama untuk anak-anak. Nah, jika mereka sedang mencoba puasa, ada baiknya para ibu memberikan susu sebagai salah satu tambahan dalam menu untuk gizi yang seimbang.

 

Share

Leave a Reply