Beauty & Health

Makanan yang Mengandung Glukosamin Baik Untuk Sendi, Lalu Makanan Apa Lagi? Ini Dia Jawabannya!

Jangan Lupa Share ya

Bagi kamu yang senang dengan aktivitas fisik, seperti misalnya Jogging di taman atau hanya berjalan-jalan dengan hewan peliharaan, tentu akan sangat sedih bila terjadi sesuatu dengan persendian kamu. Namun sekarang kamu tidak perlu khawatir karena sudah ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan sendi kamu. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan sendi.

Selain makanan yang mengandung glukosamin, kamu juga harus mengkonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan tinggi. Hal ini karena antioksidan merupakan komponen yang mampu melawan radikal bebas. Radikal bebas di sini memang sangat negatif untuk sendimu. Antioksidan sendiri dapat ditemui dalam makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E dan juga selenium. Makanan tersebut merupakan senjata paling ampuh untuk melawan radikal bebas yang akan mengganggu kesehatan sendi kamu. Tak hanya itu, Omega 3, pun mampu menurunkan risiki pembengkakan atau pun masalah lain yang terjadi pada sendi kamu. Belum lagi makanan yang mengandung vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan sendi sekaligus tulang kamu. Dengan adanya vitamin D, tubuh kamu akan lebih mudah menyerap kalsium dari makanan atau pun minuman yang masuk ke tubuh kamu. Berikut ini adalah makanan yang baik untuk kesehatan sendi kamu:

Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Sendi

Buah Ceri

Seperti yang kamu tahu, ceri memiliki warna yang sangat tajam. Ternyata warna tajam ini berasal dari bahan kimia natural yang terdapat di tanaman tersebut, namanya anthocyanins. Sejumlah peneliti menemukan bahwa buah ceri segar atau olahan ceri seperti jus dapat melawan peradangan. Sejumlah penelitian pun menghubungkan buah ceri dengan penyakit encok. Jika tidak ada buah ceri, kamu bisa memilih buah lain seperti , blackberry, buah delima atau blueberry.

Cabe Merah

Cabe merah merupakan salah satu bumbu dapur yang mengandung vitamin C tinggi. Seperti yang sudah disebutkan di atas, vitamin C dapat menyehatkan sendi kamu. Sebab viamin C dapat membantu pembentukan kolagen pada tubuh. Kolagen sendiri merupakan bagian dari tulang lunak, ligament dan tendon sebagai bantalan untuk sandi, dan juga untuk merekatkan sandi kamu. Tak hanya cabe merah, kamu pun bisa mengkonsumsi makanan lain dengan kandungan vitamin C tinggi, seperti tomat, jeruk dan nanas.

Salmon

Salmon adalah salah satu makanan yang baik untuk sendi kamu. Mungkin banyak yang belum tahu tentang fakta ini, namun kandungan kalsium dan vitamin D pada salmon dapat membuat tulang kamu lebih kuat. Tak hanya itu, Omega-3 pada salomo pun dapat mengurangi masalah persendian kamu. Selain salmon, kamu bisa mengkonsumsi susu low-fat, yogurt, dan lainnya.

Kale

Bagi kamu yang masih asing dengan kale, kale merupakan sayuran hijau lain seperti brokoli atau bok choy. Kale ini sangat kaya akan nutrisi dan sangat baik untuk kesehatan sendi, beta-karoten, dan vitamin C. Kale pun sangat kaya akan kalsium dan bisa menguatkan tulang kamu

Ekstraksi Jaringan Hewan

Ekstrasi Jaringan hewan adalah suatu suplemen yang berasal udang dan kepiting. Kulit udang dan kepiting sangat kaya akan khiting, yaitu senyawa heteropolisakarida, yang apabila dihidrolisis dapat menghasilkan glukosamin.

Sumsum Tulang Hewan

Sumsum tulang hewan ini mengandung glukosamin yang tentu saja sangat baik untuk kesehatan sendi. Tak hanya itu, sumsum tulang pun sangat kaya akan nutrisi, jadi mungkin bagi kamu yang penasaran bisa mencobanya. Sumber sumsum tulang yang baik adalah leher unggas.

Teripang Laut

Teripang laut merupakan jenis hewan laut yang mungkin tidak terlalu dikenal. Padahal manfaat yang terdapat dalam teripang laut ini sangat luar biasa. Hewan laut yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, bahkan beberapa negara sudah memanfaatkannya dari ratusan tahun lalu sebagai obat. Salah satu masalah yang bisa diatasi dengan teripang adalah penyakit sendi. Teripang laut sendiri mengandung glukosamin dan kondroitin. Dua kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan sendi kamu.

Beberapa jenis makanan di atas bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi suatu suplemen. Kebanyakan suplemen untuk nyeri sendi atau yang mengandung glukosamin memang berasal dari kerang. Hal ini menyebabkan kehati-hatian terutama bagi kamu yang alergi terhadap kerang. Sejumlah penelitian pun telah mengungkapkan bahwa glukosamin dan kondroitin yang diambil secara bersamaan mampu mengurangi nyeri artritis, tapi masih diperlukan lebih banyak lagi penelitian lebih lanjut.

Mungkin jenis makanan-makanan di atas akan memberikan asupan yang baik untuk kesehatan sendi kamu, namun tetap saja kamu harus mengimbanginya dengan olahraga dan juga pola makan yang sehat, sehingga kesehatan sendi kamu tetap terjaga. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply