Babies /Kids

Makanan yang Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Jangan Lupa Share ya

Hamil adalah momen di mana wanita merasa merasa menjadi wanita seutuhnya karena dapat memberikan karunia paling berharga di dunia ini untuk keluarga tercinta. Kehamilan ini biasanya akan merubah beberapa bagian tubuh, psikis dan hormonal seorang wanita, utamanya saat trimester pertama. Perubahan yang terjadi tersebut tentu saja wajar karena untuk mempersiapkan sang ibu guna menghadapi persalinan dan penyambutan buah hati kelak.

Biasanya ibu yang hamil muda akan lebih emosional, fisiknya pun cenderung gampang lelah, bahkan pola makannya akan berubah total. Perubahan tersebut sangatlah wajar karena memang akan dialami oleh ibu yang hamil muda. Namun tidak semua juga karena tiap wanita memiliki perubahannya masing-masing. Yang paling berpengaruh bagi sang ibu adalah pola makan yang berubah.

Banyak dari ibu muda yang merasa dirinya tidak nafsu makan melihat makanan yang sangat disukainya saat hamil. Namun justru makanan yang tidak disukainya terlihat lezat saat hamil. Ibu yang hamil muda pun terkadang menginginkan sesuatu yang kadang tidak masuk akal entah karena apa. Keinginan tersebut sangatlah kuat. Namun hal ini sering disebut dengan ngidam karena bawaan bayi oleh sebagian besar orang Indonesia.

Tapi tahukah kamu jika hal tersebut hanyalah sebuah mitos saja. Karena pada dasarnya dorongan keinginan yang besar tersebut bukanlah sebuah ‘bawaan bayi’ melainkan memang faktor hormonal dan emosi ibu hamil muda yang berubah. Saat wanita mengandung, umumnya wanita akan cenderung lebih manja pada pasangan. Hal ini membuat perasaan ‘bergantung’ muncul dan membuat dorongan akan keinginan yang kuat tersebut pun tidak bisa dihindari. Padahal saat sudah dituruti oleh suaminya, belum tentu sesuatu tersebut dipakai atau pun dimakan.

Yang pasti, wanita yang tengah mengandung harus menjaga pola makannya dengan baik. Mungkin kamu pernah mendengar jika porsi makan wanita yang mengandung harus ditambah menjadi dua kali lipat. Nyatanya pernyataan tersebut tidaklah benar. Dibandingkan menambah porsi makan lebih banyak yang hanya membuat perut kekenyangan, akan lebih baik lebih memperhatikan pemasukan gizi ke dalam tubuh selama mengandung dengan cara mengkonsumsi banyak makanan bergizi. Ada sejumlah makanan bergizi yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil untuk pemenuhan gizi ibu dan bayi. Apa saja makanannya? Simak ulasannya di bawah ini:

Sayur dan Buah

Jelas! Sayur dan buah merupakan makanan yang tidak boleh dilewatkan oleh ibu hamil untuk dikonsumsi. Kedua makanan tersebut harus bahkan wajib ada didaftar menu harian seorang ibu hamil. Tidak hanya banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan, buah dan sayur pun sangat kaya akan vitamin, mineral dan asam folat yang sangat bagus untuk membantu dalam perkembangan janin di rahim sang ibu.

Daging, Ikan, dan Telur

Ibu hamil disarankan untuk menambah asupan protein saat kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga. Asupan protein ini dapat diperoleh dari ikan, daging atau pun telur. Telur adalah sumber makanan yang mengandung zat kolin yang baik bagi tubuh dan dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf pada janin.

Ikan sangat direkomendasikan untuk ibu hamil karena mengandung banyak sekali nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu dan bayi, terutama ikan salmon yang mengandung asam lemak omega tiga. Kandungan tersebut dapat membantu dalam perkembangan tubuh janin dan juga memperbaiki mood ibu hamil. Namun kamu jangan terlalu sering mengkonsumsi ikan salmon karena isu terpapar merkuri.

Kacang-Kacangan

Saat mengandung, sejumlah wanita umumnya mengalami masalah pencarnaan. Masalah pencernaan ini tentu saja sangat menyiksa. Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi kacang-kacangan. Bahan makanan ini tak hanya mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan, tapi juga sangat kaya akan kalsium, zat besi, folat dan seng.

Gandum atau Nasi Merah

Kamu jangan lupa untuk melengkapi nutrisimu dengan asupan karbohidrat yang sangat baik bagi tubuh. Di sini karbohidrat yang disarankan adalah nasi merah dan gandum. Gandum adalah sumber makanan yang mengandung banyak serat, vitamin E dan selenium yang sangat baik untuk membantu perkembangan janin. Bila kamu tidak suka gandum, maka bisa menggantinya dengan nasi merah.

Air Putih

Ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Hal ini karena air putih yang cukup dapat mencegah bayi lahir premature. Tidak hanya itu, air putih juga sangat bermanfaat untuk mencegah datangnya konstipasi atau susah buang air besar dan infeksi pada saluran kemih.

Namun apabila kamu tidak terlalu suka air putih karena memang ada beberapa yang tidak terlalu suka air putih, kamu bisa menggantinya dengan rutin mengkonsumsi buah-buahan yang banyak menggandung air, seperti melon, semangka, jeruk dan lainnya.

Itulah sejumlah makanan yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Makan di atas memang sangat bergizi dan penuh akan nutrisi. Semoga dengan informasi di atas, ibu muda bisa lebih mempersiapkan kehamilannya dengan baik sehingga saat melahirkan lancar. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply