Beauty & Health

Makanan Penguat Tulang yang Jarang Diketahui

Jangan Lupa Share ya

Tulang merupakan salah satu hal terpenting yang ada di dalam tubuh kita. Tanpa adanya tulang, tubuh kita tidak akan sekuat seperti sekarang ini. akan tetapi, tahukah kamu apa saja makanan yang dapat menguatkan tulang yang ada di dalam tubuh kita? Berikut ini merupakan beberapa sumber makanan yang dapat menguatkan tulang

Makanan Penguat Tulang yang Jarang Diketahui

Keju

Keju merupakan salah satu makanan yang dapat membantu menguatkan tulang di dalam tubuh. Hal ini bisa kita yakini karena bahan dasar pembuatan keju merupakan susu. Oleh karena itu, mengkonsumsi keju setiap hari adalah hal yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Ikan Lele

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang banyak disukai oleh masyarakat. Ikan lele adalah ikan yang memiliki harga jual yang termasuk murah. Kandungan nutrisi yang ada dalam ikan lele adalah vitamin D dan kalsium. Vitamin D dan kalsium yang terdapat dalam ikan lele ini diyakini merupakan vitamin yang baik untuk dikonsumsi karena dapat membantu memperkuat tulang.

Almond

Dalam satu porsi almond mengandung kalsium yang sangat banyak. Selain kalsium, dalam almond juga terdapat kandungan protein tinggi serta kolesterol dan lemak yang rendah sehingga dipercaya sebagai makanan yang dapat menguatkan tulang.

Susu

Susu merupakan salah satu asupan yang baik untuk mendukung kesehatan tulang. Seorang praktisi kesehatan menjelaskan bahwa susu mengandung kalsium yang sangat banyak dan berperan dalam membentuk kepadatan tulang.

Yogurt

Jika kamu tidak suka meminum susu, kamu masih bisa mendapatkan manfaat kalsium dari yogurt. Dalam satu cangkir yogurt, terdapat kandungan kalsium yang sama dengan segelas susu.

Salmon

Makanan pendukung kesehatan tulang yang lainnya adalah ikan salmon. Ikan salmon mengandung banyak sekali vitamin D yang memiliki fungsi untuk memaksimalkan penyerapan kalsium yang terjadi di dalam tubuh. Selain itu, ikan salmon juga mengandung asam lemak dan omega 3 yang melimpah. Omeg 3 yang terkandung dalam ikan salmon ini bisa membantu menguatkan tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang atau yang lebih kita kenal dengan istilah osteoporosis.

Sayuran hijau

Ternyata dalam sayuran berwarna hijau juga terdapat kalsium yang dipercaya dapat membantu menguatkan tulang. Sayuran yang berbentuk daun dan memiliki warna yang hijau gelap merupakan sumber kalsium nabati yang sangat baik.

Buah Jeruk

Buah jeruk yang diklasifikasikan ke dalam dua kategori umum yaitu jeruk manis (citrus sinensis) dan jeruk pahit (citrus aurantium). Jeruk yang merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak asam amino, asam folat, kalium, kalsium, zat besi, beta-karoten, yodium, fosfor, mangan, sodium, klorin dan seng yang sangat baik. Buah jeruk ini telah terbukti sebagai anti kanker, antioksidan, anti inflamasi dan kuat. Kandungan kalsium yang terdapat pada buah jeruk ini dapat membantu untuk melindungi serta menjaga tulang dan kesehatan pada gigi.

Buah Apel

Buah apel memiliki kandugan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan serat yang ada pada buah apel ini dapat membuat kenyang lebih lama pada organ lambung, untuk itu buah apel ini sering digunakan untuk diet karena sangat aman untuk usus. Selain untuk membantu pada kerja usus halus, buah apel sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko gangguan pernafasan, mengatasi masalah osteoporosis, mengontrol gula darah, membantu mencegah dan mengobati penyakit kanker, mengatasi diare, menyehatkan jantung, dan menurunkan kolesterol.

Buah Delima

Buah delima memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin B6, vitamin C, energi, gula, karbohidrat, protein, lemak, serat, riboflavin, niacin, asam pantotenat, folat, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, thiamine, dan seng. Dari semua kandungan yang adal dalam buah delima sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau kerusakan pada tulang yang rawan, melindungi gigi, meredakan gangguan jantung, mencegah penyakit Alzheimer, mengobati kanker, untuk menambah darah, dan sebagai obat diabetes.

Kamu bisa memaksimalkan cara untuk menjaga kesehatan tulang dan kekuatannya melalui makanan yang telah dipaparkan di atas serta dengan tambahan sinar matahari. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut sambil berolahraga di pagi hari. Michael Smith yang juga dermatologis ini menambahkan sinar matahari banyak menyimpan vitamin D. Ketiadaan vitamin D dalam tubuh bisa menyebabkan penyerapan kalsium terganggu. Hindari sinar matahari di siang hari. Selain karena radiasi UV-nya yang tinggi, juga kurang baik untuk kesehatan kulit.

Itulah beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan tulang. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply