Culinary

Makanan Khas Tanjung Pinang Paling Enak

Makanan Khas Tanjung Pinang Paling Enak

Jangan Lupa Share ya

Berkunjung ke Kepulauan Riau khususnya ke Tanjung Pinang rasanya akan kurang pas jika tidak mencicipi masakan khasnya. Nah, berikut ini akan di berikan penjelasan tentang makanan khas Tanjung Pinang dan pilihan oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang tentunya. Langsung saja, simak baik-baik ulasan berikut ini.

Makanan Khas Tanjung Pinang


Berbicara tentang makanan khas, Indonesia sendiri memang memiliki beraneka macam menu makanan dan masakan yang memiliki cita rasa istimewa karena di buat dari bahan-bahan asli pilihan. Lalu, apa saja sih yang bisa kamu cicipi dari makanan khas Tanjung Pinang itu? Berikut adalah rekomendasinya.

Otak-Otak


Makanan Khas Tanjung Pinang Paling EnakKepulauan Riau memang sebuah daerah yang berada di area dekat dengan laut. Untuk itu, tidak heran jika makanan khas dari tempat ini berupa olahan laut yang salah satunya adalah otak-otak. Otak-otak merupakan makanan berbahan dasar ikan tenggiri yang berwarna putih dan dibuat dari sotong.

Makanan ini memang sangat terkenal keberadaannya dari Tanjung Pinang. Untuk itu, kamu bisa membawa pulang olahan masakan yang satu ini ketika sedang berlibur ke Tanjung Pinang.

Ikan Asam Pedas


Selain otak-otak, kamu juga bisa mencicipi masakan ikan asam pedas khas Tanjung Pinang. Masakan ikan asam pedas disini di olah khusus menggunakan bumbu-bumbu rempah pilihan sehingga bisa memberikan aroma yang sedap. Kuahnya yang kental dan berwarna merah membuat siapapun yang melihatnya ingin segera mencicipi.

Sop Ikan


Makanan Khas Tanjung Pinang Paling EnakMasakan dari Tanjung Pinang memang terkenal kaya akan rempah-rempah dan bumbu-bumbu pilihan. Salah satu jenis masakan enak yang bisa kamu cicipi adalah Sop Ikan. Meskipun namanya sop, cara pengolahannya berbeda dengan masakan sop yang ada di Jawa.

Daging yang di gunakan bukanlah daging ayam atau daging sapi, melainkan daging ikan tenggiri. Selain memiliki rasa kaldu yang sedap, campuran belimbing wuluh dan tomat hijau yang di berikan juga menambah rasa sup menjadi semakin segar dan gurih.

Teh Obeng


Apa yang ada di pikiranmu ketika mendengar nama Teh Obeng pertama kali? Apakah sebuah minuman yang terbuat dari peralatan bengkel ‘Obeng’? tentunya tidak. Teh obeng adalah sebuah minuman yang di buat dari teh apeng yang di beri gula dan es seperti es teh pada umumnya. Yang menjadikan istimewa dari menu ini adalah rasanya yang tidak di miliki oleh es teh darimanapun.

Gonggong


Gonggong merupakan sejenis satwa laut yang dijadikan sebagai makanan kebanggaan masyarakat Kepulauan Riau. Namun kamu juga bisa menemuinya di daerah Tanjung Pinang. Makanan ini adalah makanan yang di buat dari bahan Gonggong atau satwa laut sejenis siput. Gonggong sendiri di klaim sebagai hewan yang hanya dapat hidup di perairan.

Untuk cara memakannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menggunakan tusuk gigi untuk mencungkil daging yang sudah di olah bersama bumbu cabai atau bumbu kacang.

Mie Lendir


Jika pulau Jawa didominasi oleh hadirnya mie pedas yang sangat hits di kalangan masyarakat, di Tanjung Pinang kamu akan menemui sebuah makanan bernama mie lendir. Jika di lihat dari namanya, pasti kamu akan merasa jijik atau justru merasa lebih penasaran. Mie lendir sendiri merupakan olahan mie yang di rebus dan di sajikan bersama saus kacang sehingga bentuknya terlihat seperti berlendir.

Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang


Setelah mencicipi beraneka masakan khas Tanjung Pinang, sekarang saatnya mencari oleh-oleh untuk di bawa pulang ke rumah. Selain memiliki Bingke Pandan yang khas dan sangat lezat, Tanjung Pinang juga memiliki olahan otak-otak yang bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh. Otak-otak khas Tanjung Pinang rasanya sangat lezat dan begitu khas karena di buat dari bumbu-bumbu pilihan.

Selain kedua makanan tersebut, kamu juga bisa membawa jenis makanan oleh-oleh lain seperti Lemper, Luti Gendang, Mie Tarempa, Tepung Domak, Deram-Deram, Kopi Batman, dan masih banyak lagi. Ya, berkunjung ke luar kota memang rasanya akan kurang afdhol jika tidak membawa oleh-oleh untuk orang rumah. Nah, kamu bisa memilih rekomendasi oleh-oleh yang telah di sebutkan di atas.

Nah, itu tadi adalah makanan khas Tanjung Pinang dan oleh-oleh khas Tanjung Pinang yang bisa kamu cicipi dan bawa pulang satu per satu. Sebagai pecinta kuliner, 6 rekomendasi makanan khas di atas tentunya tidak boleh kamu tinggalkan. Begitu juga dengan oleh-olehnya! Selamat berlibur ya teman-teman!

Baca Juga! 10 Kuliner Malam Jogja Paling Populer dan Wajib Dicoba

 

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply