Beauty & Health

Makan Bawang Putih Mentah Setiap Hari? Ketahuilah Efek Sampingnya!

Salah satu rempah yang paling sering digunakan sebagai bahan suatu masakan adalah bawang putih. Karena rasanya yang khas, bawang putih ini menjadi bagian yang terpenting hampir pada semua jenis masakan Indonesia. Selain memiliki daya tarik yang tinggi dalam setiap jenis masakan, ternyata bawang putih juga memiliki manfaat yang cukup besar dalam kesehatan tubuh dan pengobatan.

Meskipun demikian, tetapi penggunaan bawang putih mentah dapat menimbulkan akibat yang sangat berbahaya bagi tubuh. Berikut ini merupakan bahaya akibat terlalu sering mengkonsumsi bawang putih mentah setiap hari.

Makan Bawang Putih Mentah Setiap Hari? Ketahuilah Efek Sampingnya!

Memicu rasa panas di mulut

Jangan khawatir jika kamu merasa terlalu banyak kandungan gizi yang hilang dari bawang putih yang kamu konsumsi. kemudian kamu justru memakan banyak bawang putih dalam keadaan yang masih mentah. Jika kamu memakan bawang putih yang mentah, maka kamu pasti akan merasakan panas yang menjalar ke seluruh bagian mulut kamu. Hal ini disebabkan karena adanya senyawa allicin yang terdapat dalam bawang putih yang dapat memunculkan efek panas terbakar di dalam mulut kamu. Jika kamu tidak ingin terkena efek dari senyawa allicin, maka kamu hanya perlu langsung menelan bawang putih tersebut agar senyawa yang ada di dalamnya tidak akan menyebar ke seluruh bagian mulut.

Bau mulut lebih menyengat

Sesaat setelah memakan bawang putih dalam keadaan mentah, maka mulut kamu akan mengeluarkan bau yang sangat menyengat. Bau tersebut akan lebih kamu rasakan ketika kamu membaui napas kamu sendiri. Akan tetapi, bau ini akan segera hilang jika kamu berhenti memakan bawang putih dan menyegerakan untuk menggosok gigi. Sebagai gantinya, maka kamu harus bersiap karena bau keringat kamu akan lebih menyengat.

Bau keringat menyengat

Senyawa allicin yang terdapat di dalam bawang putih tidak hanya akan memberikan bau yang tidak sedap di mulut saja. Akan tetapi, keringat kamu juga akan terkena dampaknya. Itulah mengapa orang yang suka mengkonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah memiliki bau keringat yang khas.

Memacu reaksi alergi

Bagi kamu yang memiliki anggapan bahwa kamu alergi dengan bawang putih, walaupun efek alergi yang muncul hanya sedikit. Efek yang muncul biasanya di tandai dengan adanya ruam pada kulit yang membuatnya terasa gatal-gatal berlebih kemudian muncul kemerahan. Selain itu, akan terjadi pula pembengkakan dan peradangan di sekitar mulut dan area wajah. Bahkan ada beberapa orang yang mengaku bahwa lidah dan bibirnya tidak bisa mereka gerakkan hingga bengkak seperti habis dipukul. Yang paling parah dari semua itu adalah adanya gangguan pernapasan. Pada umumnya, orang yang benar-benar memiliki alergi pada bawang putih akan mengalami kesulitan untuk bernapas. Hal inilah yang menjadi gejala dari alergi tersebut.

Merusak saluran pencernaan

Bahaya lainnya yang diakibatkan karena memakan bawang putih dalam keadaan mentah adalah bisa merusak sistem pencernaan. Salah satu efek sampingnya adalah iritasi yang terjadi pada gastrointestinal atau lambung.

Memicu diare

Gangguan pencernaan lain yang akan di hasilkan ketika kamu mengonsumsi bawang putih mentah adalah terjadinya diare atau mencret. Hal ini terjadi karena adanya masalah dan gangguan pada organ pencernaan kamu dan makanan yang kamu makan tidak sesuai.

Merusak lambung

Bawang putih merupakan salah satu makanan yang sangat tidak baik bagi kinerja lambung jika kamu mengkonsumsinya dalam kondisi badan yang tidak sehat, terlebih lagi jika kamu memakannya dalam keadaan mentah. Hal ini tentunya harus sangat kamu perhatikan karena bawang putih bisa saja merusak organ lambung kamu.

Menyebabkan iritasi kulit

Jika bawang putih mentah dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, maka hal ini dapat menyebabkan rusaknya kulit.

Bersifat anti koagulan

Bawang putih merupakan salah satu bahan masakan yang bersifat antikoagulan atau bisa mengencerkan darah. Hal tersebut yang menyebabkan terjadinya pendarahan yang berlebih pada orang yang mengkonsumsinya.

Kentut lebih bau

Memakan bawang putih mentah akan lebih terasa aromanya ketika kamu kentut. Karena bau kentut yang kamu keluarkan setelah mengkonsumsi bawang putih mentah akan lebih menyengat dari biasnya.

Larangan konsumsinya dengan beberapa obat

Beberapa obat akan sangat bereaksi jika pengonsumsianya di lakukan bersama dengan obat. Beberpa yang mungkin bereaksi adalah:

  • Isoniazid
  • pil control untuk kehamilan
  • obat pengencer darah
  • obat untuk penderita HIV atau AIDS
  • obat anti radang
  • nonsteroidal antiinflamatory drug

Jangan memakan bawang putih sebelum operasi

Kandungan bawang putih mampu meningkatkan pendarahan. Jika kamu memakan bawang putih ini sebelum operasi, maka yang akan terjadi adalah darah yang akan kamu keluarkan menjadi lebih banyak. Bahkan mampu membuat tubuh kamu menjadi drop. Beberapa penyakit yang biasa ditangani dengan operasi, yakni:

  • amandel
  • usus buntu
  • lipoma
  • katarak

Itulah efek samping yang akan kamu terima jika kamu mengkonsumsi bawang putih setiap hari dalam keadaan mentah. Semoga bermanfaat. (elevenia)

 

Leave a Reply