Home & Garden, Mother & Baby

Mainan dan Kegiatan Untuk Perkembangan Otak si Kecil

Foto diambil dari : zmescience.com

Untuk para orangtua, meluangkan waktu bersama si kecil tentu saja menjadi pilihan di hari libur. Berbagai macam kegiatan bisa dilakukan dengan si kecil mulai dari berenang hingga main di dalam rumah. Namun, ada juga kegiatan-kegiatan yang bisa membantu dalam perkembangan pembelajaran anak Anda. Berikut adalah beberapa kegiatan menyenangkan yang sekaligus dapat melatih pembelajajran otak anak Anda.

Berenang

swim_center1
Foto ini diambil dari swimotter.com

Kemampuan berenang adalah kemampuan yang essensial yang bisa Anda ajarkan kepada anak. Kenapa? Karena berenang adalah salah satu “survival skill” yang krusial. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Univeristy of Science and Technlogy Norwegia, bayi yang mampu berenang mempunyai kemampuan untuk menyeimbangkan badan lebih baidk dan mampu menggapai obyek-obyek di sekitar dengan lebih cepat ketimbang bayi bukan perenang. Selain itu, bayi yang diajarkan berenang dapat melatih kemampuan percaya diri sejak dini dan mengurangi ketakutannya kepada air. Berenang juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk Anda dan si kecil.

Untuk membiasakan buah hati Anda dengan air, kenapa tidak membeli sebuah kolam kecil untuk ia berenang? Pilihan kolam renang seperti ini juga bervariasi mulai dari yang simple berbentuk kotak hingga yang memiliki corak hewan yang lucu!

Bermain dengan Lego

LEGO2

Nama Lego mungkin tidak asing di telinga Anda. Siapa yang tidak mengenal mainan berbentuk balok yang dapat disusun ini? Selain menjadi mainan favorit, tahukah Anda bahwa bermain dengan Lego atau puzzle dapat melatih otak anak Anda? Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bermain dengan Lego dapat melatih otak anak dalam beberapa hal seperti:

  • Kreatifitas dan Imajinasi

Kreatifitas anak secara langsung dilatih ketika mereka bermain Lego. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak untuk menyusun kego sesuai model atau mengubahnya sesuai dengan imajinasi si kecil.

  • Problem Solving

Instruksi yang diberikan oleh kemasan Lego dapat melatih logika dan kemampuan problem solving si kecil dalam menyelesaikan sebuah model.

  • Koordinasi Tangan Mata dan Keahlian Motorik

Dalam bermain Lego, anak-anak yang memasang satu balok Lego dengan balok lainya adalah cara mereka bisa belajar koordinasi tangan dan mata secara langsung. Kemampuan motoric anak juga dapat dilatih jika mereka bermain secara terus menerus.

Bermain dengan Boneka

daughter-playing-with-dad-871294330204m2I-pdp
Foto ini diambil dari 123kindergarten.com

Bermain dengan boneka dapat melatih otak anak Anda dalam berbagai hal. Salah satunya adalah kemampuan sosial. Ketika anak Anda bermain dengan boneka, imajinasi mereka pun melebar dan terbentuklah kasih saying terhadap boneka bagaikan saudara sendiri. Di sinilah kemampuan sosial-emotionalnya berkembang. Mereka pun akan menyayangi bonekanya dan merawatnya dengan hati-hati. Bermain dengan boneka juga dapat melatih kemampuan berbicara. Karena yang biasa dilakukan oleh anak-anak adalah mengajak boneknya berbicara sehingga anak Anda pun dapat melatih diri.

Saat ini, boneka dari tokoh kartun atau film favorit menjadi incaran anak-anak. Tak sedikt pun masih memilih Barbie hingga hari ini. Jika Anda ingin mencari kedua-duanya klik di sini untuk mencari boneka paling pas untuk Anak Anda!

Bermain dengan Mobil

pilko

Ketika weekend tiba, ajaklah anak Anda keluar dan perkenalkan dia kepada alam. Ajaklah Anda bermain di rumput dan biarkan ia menikmati segarnya udara. Bermain diluar juga sehat untuk anak untuk menghirup udara segar. Sembari menikmati alam, kenapa tidak Anda membawa kendaraan kecil untuk bermain? Selain melatih imajinasi mereka ‘menyetir’ mobil, anak Anda pun akan bergerak kakinya dan secara tidak langsung, berolahraga. Pastikan Anda memilikikenderaan kecil dan nyama untuk buah hati Anda. Seperti Piklo Ride On yang bisa Anda dapatkan di sini.

Share

Comments 4

  1. Balancing Machine

    tentunya dengan bermain atau berinteraksi bisa untuk perkembangan otak

    Reply
  2. Vita Anggraini

    Dirumah anak saya juga saya kasih mainan Lego. Emang bener kok kalau Lego itu bisa merangsang perkembangan otak si kecil

    Reply
  3. gabungin ma anak-anak kecil lainnya, biar makin seru dan rame,,tuh anak pasti seneng

    Reply
  4. tubemate

    Emang bener kok kalau Lego itu bisa merangsang perkembangan otak si kecil

    Reply

Leave a Reply