ELEVENIA STORIES

Madeleine Ong de Guzman: Pentingnya Seorang Leader dalam Sebuah Perusahaan

Jangan Lupa Share ya

Rabu 27 Juli 2016, elevenia telah kedatangan tamu istimewa dari mahasiswa Magister Management Universitas Gajah Mada. Sebagai salah satu bentuk pembelajaran, mahasiswa UGM ini mempelajari budaya sebuah perusahaan.

Pada sore itu, CMO (Chief Marketing Officer) elevenia, Madeleine Ong de Guzman telah memberikan mereka sebuah kuliah kecil berjudul “Leadership and Innovation”. Wanita yang lebih akrab disapa Mads ini merasa senang sekali dengan antusias para mahasiswa Magister dari UGM. “Mereka memiliki energi yang sangat positif dalam sesi ini, saya senang sekali berbagi ilmu dengan mereka,” ujar Mads.

Dalam sesi ini, Mads menceritakan betapa pentingnya seorang leader dan bukan seorang boss yang penting dalam sebuah perusahaan. Dalam era dimana semua serba cepat berkembang, maka seorang leader yang ingin maju bersama anak buahnya itu sangat diperlukan. “When launching a star-up, we need multiple leaders who can bring you the next level,” ujar Mads. Bagi Mads, seorang leader, adalah seseorang yang memiliki visi dan misi yang jelas dan bisammeberikan inspirasi. “Bosses only tell you what to do, leaders help you achieve targets and inspire people,” ucap Mads.

Madeleine Ong de Guzman (left) receiving a gift from Yulian Wihantoro M.B.A., Ph.D (right)
Madeleine Ong de Guzman, CMO elevenia (left) receiving a gift from Yulian Wihantoro M.B.A., Ph.D, (right)

Dunia e-commerce yang semaikin dinamis dan diminati memiliki persaingan yang cukup kuat antar satu sama lain. Di sinilah inovasi berperan penting. “I always tell my team, post-it first. Which means when we have ideas, write it down,” ujar Mads. Ada sebuah pertanyaan dari para mahasiswa yaitu “Bagaimana kita tahu ide mana yang baik dan buruk serta mana yang harus di execute atau tidak diexecute?” Mads menjawab bahwa yang namanya ide, kita selalu harus mencobanya. “Something that didn’t work last this year, might work next year. The key is to keep trying and finding the right one,” kata Mads.

Dalam hal inovasi, elevenia merupakan salah satu e-commerce yang selalu berusaha memberikan sesuatu yang baru kepada para membernya. “Menurut saya elevenia adalah sebuah start-up yang mature, dan saya yakin mereka mampu bersaing dalam pasaran,” ujar Disa salah satu mahasiswa dalam sesi tersebut. Ketika ditanya apa yang menurut Disa memisahkan elevenia dari e-commerce yang lain, Disa menjawab bahwa elevenia memiliki brand image yang kuat. “Saya suka cara elevenia mem-brand diri mereka. Mereka bisa menangkap kekinian sehingga menarik untuk semua kalangan,” ujar Disa.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply