Fashion

Macam-macam Kain Tenun Nusantara Terbaik

Indonesia merupakan negara yang mempunyai beragam budaya. Budaya di Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah pun memiliki pakaian khasnya. Pakaian khas biasanya terbuat dari kain tenun yang begitu indahnya. Kamu ingin tahu kain tenun apa saja yang menjadi khas dari kain Nusantara. Berikut adalah macam-macam kain tenun Nusantara yang mempunyai corak indah:

Tenun Dayak

Melihatnya dalam sekejap pun kamu dapat mengetahui bahwa ini adalah tenun Dayak karena ia memiliki motif yang sangat khas. Motifnya berbentuk pola asimetris. Tenun Dayak biasanya dibuat dengan menggunakan warna-warna yang cerah.

Songket Palembang

Kain songket yang satu ini mayoritas berwarna keemasan dengan perpaduan warna merah. Dengan dua perpaduan warna tersebut, Songket Palembang terlihat sangat mewah. Songket ini biasa digunakan untuk acara khusus seperti perayaan tradisional dan pesta. Dalam pemakainnya, songket Palembang dijadikan sebagai sarung bawahan atau aksesoris di bahu.

Songket Lombok

Sesuai namanya, kain yang satu ini berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Songket Lombok mempunyai warna khas yaitu warna keemasan yang dipadupadankan dengan warna lain. Songket Lombok sering kali dipakai bersamaan dengan kebaya.

Tapis

Kain asal Lampung ini mempunyai motif yang sangat khas. Kain ini menjadi salah satu kain favorit yang dijadikan sebagai bahan dari dress dan pakaian adat Lampung lainnya. Kain ini dibandrol dengan harga jutaan rupiah loh.

Tenun Ulap Doyo

Ulap Doyo adalah kain yang berasal dari Kutai, Kalimantan Timur. Motif dari kain tenun Ulap Doyo adalah garis-garis dengan corak flora dan fauna.

Lurik

Kain ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Solo. Lurik kini menjadi kain Nusantara yang sedang naik daun. Berbagai fashion wanita terbaru seperti blus, bawahan, dan juga jaket dibuat dari kain lurik. Lurik memiliki motif khas yaitu garis-garis klasik dengan perpaduan warna hitam, coklat, abu dan biru tua.

Tenun Tanimbar

Tentun Tanimbar berasal dari Kepulauan Tanimbar, Maluku. Motif pada kain tenun Tanimbar memiliki arti yang dalam mengenai makna hidup. Dari situ lah terbesit keindahan pada selembar kain tenun Tanimbar. Para pembuat tenun Tanimbar mengungkapkan bahwa motif yang dibuat terinspirasi dari lingkungan sekitar.

Sarung Bugis

Sarung Bugis adalah kain tenun tradisional asal Makassar. Kain ini terbuat dari bahan sutera. Warna yang digunakan untuk menampilkan sebuah sarung Bugis adalah warna yang ceria dan rame dengan motif kotak. Sarung Bugis adalah salah satu kain tenun yang sangat eye-catching.

Ulos

Ulos adalah kain tradisional Batak, Sumatera Utara. Ulos biasanya dibuat dalam bentuk selendang. Ulos termasuk dalam kain tenun halus yang dalam masa pembuatannya tidak menggunakan mesin. Warna-warna yang simple dan tegas digunakan untuk membuat ulos seperti warna merah, hitam dan putih.

Leave a Reply