Beauty & Health

Lensa Kontak atau Kacamata? Ketahui Kelebihan Masing-masing!

Jangan Lupa Share ya

Kacamata

Saat mengalami gangguan penglihatan mata baik itu rabun dekat (hipermetropia) ataupun rabun jauh (miopia), biasanya Anda akan dihadapkan pada pilihan untuk menggunakan lensa kontak atau kacamata. Jika Anda bingung untuk memilih salah satunya, berikut ini kelebihan dari lensa kontak dan kacamata yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

  1. Lensa kontak

Kelebihan menggunakan lensa kontak:

–          Lensa kontak memiliki bentuk yang sesuai dengan lengkungan bola mata Anda sehingga memberikan peningkatan daya pandang yang lebih baik. Hal itu disebabkan karena hilangnya distorsi antara lensa dan kornea mata karena jarak keduanya yang sangat dekat dan saling menempel.

–          Lensa kontak tidak akan mengganggu saat Anda berlari atau melakukan olahraga lain yang membutuhkan banyak gerakan. Lensa kontak tidak akan dengan mudah terjatuh atau terlepas karena menempel langsung pada kornea mata.

–          Ada lensa kontak berwarna yang bisa Anda gunakan untuk mengubah penampilan sekaligus juga mengatasi masalah penglihatan mata. Lensa jenis ini memiliki warna yang berbeda dengan warna asli mata Anda, bahkan ada juga lensa kontak yang memiliki bentuk unik dan menarik.

–          Lensa kontak dengan teknologi Orthokeratology Overnight (Ortho-k) dapat memperbaiki bentuk kornea mata sehingga hipermetropia atau miopia ringan bisa sembuh dalam beberapa hari.

 

  1. Kacamata

Kelebihan menggunakan kacamata:

–          Menggunakan kacamata tidak membuat Anda perlu menyentuh bola mata yang pada akhirnya akan mengurangi risiko infeksi ataupun iritasi. Selain itu kacamata juga dapat dengan mudah dilepas jika mata Anda merasa lelah dan membutuhkan istirahat.

–          Kacamata tidak akan memperburuk masalah mata kering dan mata sensitif karena tidak langsung menempel pada kornea. Untuk itu Anda pun tidak perlu terlalu sering menggunakan obat tetes mata yang mengandung bahan kimia.

–          Kacamata bisa digunakan dalam jangka waktu panjang sehingga dari segi harga lebih murah karena Anda tidak perlu terlalu sering membeli yang baru. Normalnya, kacamata bisa bertahan hingga lebih dari 1 tahun jika mata Anda tidak mengalami penambahan plus atau minus. Untuk menghindari kacamata yang mudah pecah, saat ini juga telah tersedia kacamata dengan lensa plastik yang lebih awet.

–          Kacamata melindungi kornea dari debu ataupun kotoran yang beterbangan tertiup angin. Saat ini juga telah ada kacamata untuk mengatasi masalah rabun jauh atau rabun dekat yang memiliki lensa kaca berwarna seperti halnya kacamata untuk bergaya.

 

Baik lensa kontak maupun kacamata merupakan alternatif yang sama baiknya untuk mengatasi masalah pada mata. Dan seperti yang telah Anda baca, lensa kontak dan kacamata memiliki kelebihannya masing-masing. Keduanya bisa Anda gunakan, tergantung mana yang lebih memenuhi kebutuhan Anda. Jadi, lebih pilih lensa kontak atau kacamata?

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply