Beauty & Health

Lemas Saat Bangun Tidur, Kenapa Ya?

Lemas Saat Bangun Tidur

Jangan Lupa Share ya

Pernahkah anda setelah bekerja seharian, lalu istirahat di malam hari, dan masih merasakan lelah di pagi harinya? Tidur adalah salah satu cara paling mujarab untuk mengembalikan tubuh kita pada kondisi prima kembali. Dan seringkali, walau anda sudah cukup tidur di malam hari, tapi masih saja merasakan lemas atau bahkan pusing di pagi hari.

Nah, ada 9 penyebab yang biasanya dilakukan oleh anda yang mengalami lelah setelah cukup beristirahat. Yuk disimak!

1. Membawa pekerjaan ke tempat tidur

Bawa kerjaan - Lemas Saat Bangun TidurAda beberapa orang yang suka membawa pekerjaannya ke tempat tidur, entah menggunakan laptop atau smartphone. Padahal menggunakan laptop di tempat tidur, selain berbahaya bagi laptop, juga berbahaya untuk kesehatan anda. Laptop memiliki suhu yang tidak merata dan dapat mengganggu suhu tubuh pada bagian tertentu saja. Selain itu, laptop mengeluarkan cahaya yang membuat kita tetap terjaga dan sulit untuk tidur kembali.

Bagi anda yang tidak menggunakan gadget elektronik, anda tetap dapat membawa pekerjaan ke tempat tidur melalui pikiran anda. Kualitas tidur tidak akan baik bila pikiran yang seharusnya diistirahatkan, malah jalan kesana kemari. Hal ini dapat mengganggu proses pemulihan organ tubuh lainnya.

2. Banyak konsumsi kafein

Kafein - Lemas Saat Bangun TidurKetika mengkonsumsi kafein, maka kafein akan terserap ke dalam darah dan menyebar ke jaringan lainnya dalam waktu 45 menit setelah dikonsumsi. Namun, efek dari kafein akan bertahan kurang lebih 3-5 jam di dalam tubuh. Kafein dapat meningkatkan kecepatan detak jantung anda hingga berdebar kencang dan anda akan sulit untuk tidur.

3. Makan berlebihan sebelum tidur

Makan sebelum tidur - Lemas Saat Bangun TidurKetika istirahat, organ-organ penting akan beregenerasi agar dapat digunakan dengan baik di hari berikutnya. Makan berlebih sebelum tidur, apalagi junk food, akan memaksa usus untuk tetap bekerja walau anda sedang tidur sekalipun. Untuk makanan jenis apapun tidak akan baik dikonsumsi tepat sebelum tidur, apalagi junk food yang kandungannya lebih sulit untuk dicerna oleh usus sehingga usus harus bekerja ekstra keras untuk mengolahnya.

4. Jarang berolahraga

Malas olahraga - Lemas Saat Bangun TidurKetahuilah bahwa olahraga dapat memperbaiki sirkulasi darah anda dan memperbaiki metabolisme sehingga anda bisa tidur lebih lelap. Tidur yang paling baik adalah ketika anda telah memasuki fase Rapid Eye-Movement (REM) dimana keadaan tersebut hanya akan anda dapatkan ketika anda tertidur pulas. Dan dengan berolahraga, kualitas tidur anda akan lebih baik.

5. Mengalami Dehidrasi

Dehidrasi - Lemas Saat Bangun TidurDehidrasi adalah keadaan tubuh yang kurang mendapatkan asupan cairan harian. Dehidrasi tidak dapat langsung dihilangkan dengan cara minum air sebanyak-banyaknya sebelum tidur. Perhatikan asupan cairan dalam tubuh karena selain 70% dari tubuh terdiri dari air, sirkulasi darah juga tidak akan baik bila kekurangan cairan.

6. Mengalami Anemia

Anemia - Lemas Saat Bangun TidurCara cepat mengetahui apakah anda mengalami anemia adalah dengan memeriksa bagian bawah mata anda atau konjungtiva. Apabila bagian tersebut ditarik, apakah warnanya lebih pucat dari warna orang di sekitar anda? Jika iya, maka anda kemungkinan besar mengalami anemia. Memeriksa warna kuku juga bisa, bila lebih pucat maka ada kemungkinan terkena anemia. Namun, untuk memastikan, anda tetap harus cek di laboratorium.

Mengapa anemia bisa menyebabkan anda lemas ketika bangun tidur? Karena sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen di dalam tubuh anda tidak mencukupi. Maka, ketika anda tidur maupun ketika anda melakukan aktivitas, tubuh anda tetap membutuhkan yang namanya oksigen.

7. Mengalami Hipotensi

Hipotensi - Lemas Saat Bangun TidurHipotensi adalah tekanan darah rendah dan ketika berada di keadaan tersebut, metabolisme tubuh menjadi lebih kacau, sehingga akan menyulitkan anda untuk beristirahat secara maksimal. Apa yang harus dilakukan? Perbaiki pola makan anda. Coba anda perhatikan, apakah makanan anda sudah cukup karbohidrat, protein, dan zat besi lainnya? Jika belum, segera diperbaiki, lalu tambahkan dengan olahraga.

8. Mengalami Hipoglikemia

Hipoglikemia - Lemas Saat Bangun TidurHipoglikemia merupakan kondisi dimana kadar gula darah anda drop atau terlalu rendah. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang menderita kencing manis (diabetes) yang sedang mengkonsumsi obat. Bila pola makannya tidak teratur, lupa makan lalu minum obat. Dan pada keesokan harinya, kadar gula darahnya drop. Hal ini juga dapat menyebabkan badan lemas dan kepala pusing ketika bangun di pagi hari.

9. Efek samping obat atau alkohol

Obat dan alkohol - Lemas Saat Bangun TidurBeberapa obat-obatan tertentu dapat membuat anda lemas pada keesokan harinya. Misalnya obat penenang yang diminum dengan dosis terlalu tinggi atau anda habis mabuk karena pada malam harinya minum alkohol.

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply