Gadget & Photography

LCD Monitor vs LED, Serupa Tapi Tak Sama

LCD Vs Plasma Vs LED TVs

Perkembangan zaman sangat memengaruhi kemajuan teknologi dalam segala bidang, betul? Bukan hanya ponsel saja yang berkembang menjadi smartphone, tablet, dan segala macam gadget yang sedang booming saat ini tapi juga layar atau monitor PC. Saat awal kemunculannya, monitor PC komputer berbentuk nyaris kubus yang besar dan berat. Kini perkembangan teknologi berhasil menelurkan satu produk baru yaitu LCD monitor yang berlayar datar. LCD monitor menjadi pilihan banyak orang yang mengikuti teknologi dan cinta kepraktisan. Layar LCD menyimpan beragam kelebihan yang tidak dimiliki monitor klasik bawaan PC komputer,  seperti sensitifitas hingga ketajaman warna dan gambar. Nah ada satu benda elektronik lagi yang menarik perhatian jutaan pasang mata yakni LED monitor. Sepintas keduanya tampak sama, namun karena namanya yang tidak sama pasti ada perbedaan di kedua layar itu.

LCD monitor dan layar LED sama-sama menggunakan teknologi masa kini yang jelas sophisticated alias canggih. Kedua jenis monitor ini menggunakan liquid crystal display yang membuatnya sensitif dan rentan terhadap tekanan. Kalau keduanya memiliki kesamaan demikian, lalu dimana letak perbedaannya?

1. Pancaran cahaya

Semua layar LED adalah LCD tapi tidak semua LCD monitor menggunakan teknologi canggih LED. Pada monitor berbasis LED, backlighting tersebar dari satu sisi ke sisi lain layar alias merata; sedangkan LCD monitor menggunakan tabung cahaya (fluorescent) yang tidak mencakup semua bagian layar.

2. Jangkauan pandang yang lebih luas

LED monitor memiliki viewing angles yang lebih luas ketimbang layar LCD. Pada LCD monitor perubahan warna dan kejernihan akan terlihat lebih jelas; berbeda dengan layar LED. Hal ini dikarenakan backlighting LED mencakup seluruh bagian layar, sedangkan tabung cahaya LCD monitor tidak mampu melakukannya.

3. Ketahanan

LCD monitor atau TV bisa bertahan hingga 4-6 tahun lamanya. Teknologi LED memiliki ketahanan hingga 100.000 jam saat dinyalakan, beda lumayan jauh dengan LCD yang tahan 60.000 jam dengan tabung cahayanya.

4. Hemat energi

Karena biasanya lebih tipis daripada monitor LCD, layar LED lebih hemat energi yang membuat tagihan listrik Anda juga lebih hemat tentunya.

5. Harga

Di pasaran harga layar LED lebih tinggi ketimbang LCD monitor. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi dan kualitas gambar yang dihasilkan lebih bagus daripada layar LCD sehingga dibanderol dengan harga tinggi.

Apakah perbedaan itu membuat LED lebih unggul ketimbang LCD monitor? Ya, jika ditinjau dari teknologi yang digunakan, namun juga tidak karena kehebatan sebuah produk tergantung pada kebutuhan Anda pula.  Jika Anda suka menonton film, barangkali LED monitor adalah pilihan tepat mengingat kualitas gambar yang dihasilkan sangat memuaskan. Tapi kalau Anda banyak mengerjakan movie editing atau pekerjaan yang menuntut akurasi warna yang detail, layar LCD akan lebih sesuai bagi Anda. Jadi, mana yang Anda pilih?

Share

Leave a Reply