MEDIA ROOM

Layanan “Titip Beli dari Korea” dan Fenomena “Hallyu”

titip-beli-dari-korea

Jakarta, 18 November 2016 – elevenia yang merupakan perusahaan joint venture antara XL Axiata dari Indonesia dan SK Planet dari Korea, menyadari bahwa masyarakat Indonesia juga tersihir oleh fenomena “Hallyu” atau Demam Korea yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Menangkap kebutuhan banyak penggemar budaya Korea di Indonesia, elevenia menyediakan layanan “Titip Beli dari Korea” untuk membantu pelanggan mendapatkan barang-barang dari Korea yang mereka inginkan dengan mudah dan aman.

“Kami adalah e-commerce dengan pilihan produk-produk Korea paling lengkap dan paling banyak di Indonesia, mulai dari produk kosmetik, fashion, makanan, asesoris, musik, hingga film. Melalui “Titip Beli dari Korea”, kami ingin mempermudah pelanggan mendapatkan barang-barang dari Korea yang mereka inginkan bahkan jika barang-barang tersebut belum masuk ke dalam daftar produk jual elevenia.”, jelas Sungsu Kim, Chief Sales Officer elevenia

Menu “Titip Beli dari Korea” ada di laman promo elevenia. Pelanggan cukup mendaftarkan pesanan produk di web elevenia dengan keterangan yang detil, lalu elevenia akan melakukan pengecekan apakah barang yang didaftarkan sudah memenuhi syarat dan kebijakan yang berlaku. Kemudian, seller elevenia di Korea akan mencari dan membelikan barang sekaligus mengkalkulasi total biaya. Setelah itu, elevenia akan mengirimkan nomor dan URL produk ke email pelanggan agar pelanggan bisa melakukan pembayaran. Tahap terakhir adalah pengiriman produk ke alamat pelanggan. Buyer dibebaskan membeli produk secara satuan ataupun dalam partai besar sekalipun.

Selain “Titip Beli dari Korea”, elevenia juga memiliki special corner “Korea Avenue” yang menyediakan berbagai pilihan produk-produk Korea dari berbagai kategori mulai dari K-Fashion, K-Accessories, K-Beauty, K-Pop, dan K-Food. Kedua menu ini menjadi menu yang paling digemari oleh pelanggan elevenia sampai saat ini. Brand-brand yang terdaftar di dalam Korea Avenue antara lain: Etude House, The Faceshop, innisfree, MISSHA, banila.co, Sulwhasoo, Tony Moly, Skin Food, Holika Holika, Laneige, Secret Key, IOPE, Nature Republic, Love Love Me fashion, INIKOR fashion, SNRD Shoes, dan lain-lain.

Femonena Korean Wave dipercaya menjadi alasan tingginya permintaan dan pembelian produk-produk Korea di elevenia. Baru-baru ini saja, elevenia pernah menjual hampir 10.000 Samyang Noodle dalam satu hari. Beberapa aspek yang terkena dampak fenomena ini adalah makanan, fashion & make-up, drama, dan K-Pop. Tidak heran jika pada layanan “Titip Beli dari Korea” ini, produk-produk yang banyak dipesan adalah produk makanan seperti Samyang atau Honey Butter Walnut; kosmetik, baik itu perawatan kulit maupun make-up; pakaian; gadget; CD K-Pop dan juga DVD film atau drama Korea.

Fenomena Hallyu: Demam Korea yang Melanda Generasi Muda Masa Kini

Fenomena Hallyu yang berarti Korean Wave atau Demam Korea, mengacu pada popularitas budaya Korea di luar negeri dan menawarkan hiburan Korea yang terbaru yang mencakup film dan drama, musik, animasi, games dan sejenisnya. Istilah “Hallyu” diambil dari bahasa Korea yang dipopulerkan oleh media Cina kurang lebih sepuluh tahun lalu untuk menunjuk pada kepopuleran budaya pop Korea di China.[1]

Di Indonesia sendiri, penetrasi demam Korea ini mulai dirasakan pada periode tahun 1990-an. Media konvensional seperti TV menjadi salah satu media yang turut mempengaruhi perkembangan Korean Wave, selain juga Youtube, media sosial lain ataupun pertemanan. Saat ini, 3 dari 5 remaja usia 15 – 22 tahun mengaku kalau mereka menyukai K-Pop karena pengaruh teman-temannya.[2]

Berawal dari K-Pop, akhirnya kesukaan mereka akan budaya Korea merambah ke gaya penampilan mulai dari pakaian, make-up, bahkan makanan. Banyak orang Indonesia yang mulai mengikuti gaya penampilan ala Korea yang dianggap keren dan imut. Selanjutnya, mulai banyak muncul komunitas berbau Korea dan menjamurnya restoran-restoran Korea yang selalu ramai dikunjungi.

Info lebih lanjut mengenai Titip Beli dari Korea: http://elv11.co/titipbelidarikorea

Salam Klik, Cari, Hepi!

[1] The Korean Wave, A New Pop Culture Phenomenon, Korean Culture and Information Sevice Ministry of Culture, Sports and Tourism, 2011, hlm. 11

[2] Berbagai sumber

Share

Leave a Reply