Sports /Hobi /Otomotif

Lari 15 Menit Membakar Berapa Kalori? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Jangan Lupa Share ya

Setiap orang yang harus melakukan program penurunan berat badan, mengkonsumsi makanan untuk menunjang program penurunan berat badan yang sehat dan rendah kalori. Akan tetapi, ternyata hal tersebut tidaklah cukup karena kamu juga harus mengetahui berapa kalori dalam tubuh yang terbakar pada saat kamu tidur akan kamu bisa mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya. Selain itu, kamu juga harus berolahraga untuk mendukung program yang sedang kamu jalani, seperti berlari.

Jika saja dalam satu hari kamu memiliki sedikit waktu luang untuk melakukan olahraga dan bisa melakukannya dengan berlari sebentar saja, lantas benarkah akan ada kalori yang dapat terbakar? Berlari selama 15 menit akan membakar berapa kalori dalam tubuh jika kita melakukannya secara rutin? Apakah cara tersebut merupakan cara yang efektif? Inilah yang harus kamu ketahui lebih banyak agar kamu bisa mempraktikkannya dengan segera.

Lari 15 Menit Membakar Berapa Kalori? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Pada dasarnya, waktu yang tepat untuk berlari dan membakar lemak dan kalori serta intensitas lari yang kamu lakukanlah yang akan menentukan berapa banyak kalori yang akan terbakar di dalam tubuh kamu. Selain itu, faktor usia serta berat badan dan ukuran tubuh ternyata juga menentukan kalori yang akan terbakar. Jadi, pada intinya tidak mudah untuk bisa membakar kalori yang banyak karena alasan dari berbagai faktor tersebut.

Berlari selama 15 menit diyakini tetap dapat mendukung pembakaran kalori berdasarkan kecepatan lari yang kamu lakukan serta berat badan kamu. Kamu juga harus mengetahui tujuan dari berapa kalori yang ingin kamu bakar dalam tubuh setiap harinya dengan cara memahami dengan baik penggunaan kalori tersebut di dalam tubuh. Berikut ini beberapa pengertian yang mungkin bisa kamu terapkan sebagai cara pembakaran kalori agar hasilnya lebih maksimal.

Dalam waktu 15 menit, seseorang yang memiliki berat badan 57 kg dan berlari dengan kecepatan sekitar 13 meter per jam dapat membakar kalori sebanyak 191,5 kalori. Maka dengan kecepatan yang sama, seseorang yang memiliki berat badan 80 kg bisa membakar kalori sebanyak 268 kalori dan orang yang memiliki bobot tubuh 68 kg mampu membakar kalori sebanyak 229,5 kalori.

Dalam waktu 15 menit, seseorang yang memiliki berat badan 57 kg dan berlari dengan kecepatan sekitar 11 km per jam dapat membakar kalori sebanyak 163 kalori. Sementara itu dengan kecepatan yang sama, seseorang yang memiliki berat badan 80 kg dapat membakar sekitar 228 kalori. Selain itu, s seseorang yang memiliki berat badan sekitar 68 kg bisa melakukan pembakaran kalori sebanyak 195,5 kalori.

Dalam waktu 15 menit, seseorang yang memiliki berat badan sekitar 57 kg dan berlari dengan kecepatan sekitar 10 km per jam dapat membakar kalori sebanyak 141,5. Sementara itu dengan kecepatan yang sama, seseorang yang memiliki berat badan sekitar 80 kg ternyata bisa membakar kalori sekitar 198,5 kalori. Selain itu, seseorang yang bobot badannya sekitar 68 kg mampu membakar kalori sebanyak 170 kalori.

Dalam waktu 15 menit, seseorang yang memiliki berat badan sekitar 57 kg dan berlari dengan kecepatan sekitar 8 km per jam dapat membakar kalori sebanyak 113,5 kalori. Sementara itu dengan kecepatan yang sama, seseorang yang berbobot kurang lebih 80 kg rupanya bisa membakar 154 kalori dan dengan berat tubuh kurang lebih 68 kg bisa membakar 136 kalori.

Tips Lari 15 Menit Membakar Kalori secara Aman

Jika dalam hal ini kamu merupakan seorang pemula, sebaiknya kamu tidak terlalu memaksakan diri untuk langsung berlari dengan kecepatan tinggi. Berikut ini beberapa tips yang aman dan bisa kamu terapkan untuk membakar kalori yang maksimal dan tentunya baik bagi tubuh.

  • Berjalan santai untuk awal dari aktivitas lari kamu atau boleh juga dengan berjalan cepat. Hal ini lebih diperuntukkan bagi kamu yang sudah lama tidak berolahraga atau justru tak pernah berolahraga.
  • Hindarilah berlari jarak jauh dengan super cepat apabila kamu baru pertama kali melakukan program semacam ini.
  • Lakukanlah pemanasan selama 5 menit supaya kamu bisa menghindari berbagai bahaya olahraga tanpa pemanasan.
  • Konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter jika pernah mengalami cedera kaki ataupun sendi. Karena hal ini bisa berbahaya dan memperburuk riwayat cedera yang pernah kamu derita, mintalah saran dari dokter sebelum kamu benar-benar mulai melakukan program lari 15 menit untuk membakar kalori.

Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai berapa kalori yang akan terbakar ketika kita berlari selama 15 menit. Lari merupakan olahraga terbaik yang dilakukan untuk membakar kalori dan lemak. Jika kamu belum mencobanya, maka berlari bisa menjadi langkah awal kamu untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Demikianlah penjelasan mengenai kalori yang terbakar jika kita berlari selama 15 menit. Semoga bermanfaat. (elevenia)

 

 

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply