Hobby

Langkah Mudah Ternak Bebek Petelur Untuk Pemula 

Langkah Mudah Ternak Bebek Petelur Untuk Pemula 

Jangan Lupa Share ya

Langkah Mudah Ternak Bebek Petelur Untuk Pemula 

Dewasa ini, banyak sekali peluang usaha yang bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Salah satunya yaitu dengan ternak bebek petelur. Ternak bebek ini memilki banyak potensi keuntungan yang manjanjikan.  Hal ini dikarenakan bebek merupakan hewan penurut, sehingga sangat mudah untuk memeliharanya.

Selain itu, keuntungan ternak bebek petelur lainnya yaitu telur, daging dan kotorannya bisa bermanfaat. Namun, dagingnya yang paling banyak diminati karena enak dan khas. Karena daging bebek memang banyak sekali peminatnya.  Lalu, bagaimana cara ternak bebek petelur yang tepat, terutama untuk pemula? Selengkapnya berikut ini.

Kebutuhan Bebek Petelur Semakin Tinggi


Seperti yang telah kita ketahui saat ini bahwa kebutuhan dan permintaan daging bebek petelur semakin banyak. Hal ini disebabkan karena cita rasa daging bebek ini sangat khas dan lezat. Selain dagingnya yang memiliki rasa nikmat, telur bebek ini juga bisa dimanfaatkan menjadi telur asin yang tak kalah nikmatnya.

Bahkan, dalam dunia bisnis permintaan akan daging bebek petelur semakin tinggi. Sehingga, bagi kamu yang bingung ingin bisnis apa, ternak bebek petelur bisa menjadi pilihan terbaiknya. Karena ternak bebek petelur memiliki prospek yang besar ke depannya.

Tata Cara Ternak  Bebek Petelur Bagi Pemula


Sebelum kita memutuskan untuk ternak bebek petelur, alangkah baiknya jika mengetahui cara ternak bebek petelur yang baik. Dalam ternak bebek petelur, ada kalanya kamu harus mempersiapkan segala kebutuhan untuk menunjang kelancaran dalam berternak. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara ternak bebek petelur bagi pemula.

1. Persiapan Kandang Ternak Bebek Petelur

Hal pertama dan yang paling utama yang harus disiapkan yaitu kandang ternak bebek petelur. Tanpa adanya kandang, tentu saja kamu akan kesulitan untuk mengkondisikan bebek tersebut. Untuk pemilihan kandang, sesuaikan dengan jumlah bebeknya. Semakin banyak jumlah bebek yang diternak, maka kandangnya juga harus semakin kuat. Hal ini bertujuan agar gerak bebek tidak dibatasi. Semakin mudah gerak bebek, maka akan baik untuk perkembangannya.

2. Persiapan Peralatan Pakan Ternak Bebek Petelur

Agar ternak bebek petelur bisa menghasilkan panen yang maksimal, maka perlu memperhatikan pakan yang diberikan. Seperti halnya manusia, ketika tidak mendapatkan makanan, maka tidak akan bekerja dengan baik. Begitupun dengan bebek petelur tidak akan bertelur jika tidak mendapatkan makanan. Nah, agar bebek bisa mendapatkan pakan yang cukup dan sehat, maka dibutuhkan peralatan pakan seperti tempat makan dan minum. Semakin banyak jumlah bebek petelur yang diternak, maka semakin banyak juga tempat makan dan minum yang harus disiapkan.

3. Pakan Ternak Bebek Petelur Alami

Langkah selanjutnya untuk ternak bebek petelur yaitu dengan memberikan pakan yang tepat. Untuk memelihara bebek petelur, perlu memiliki pakan yang mangandung protein yang tinggi. Untuk menemukan kandungan tersebut, bisa didapatkan di pelet hasil produksi dari perusahaan. Namun, mengontrol pengeluaran produksi memang sangat penting ketika beternak. Hal ini bertujuan agar mendapatkan keuntungan yang banyak.

Nah, agar pengerluaran pakan bebek bisa terkontrol, kamu bisa memiliki pakan alami atau yang biasa disebut dengan pakan ternak bebek amisan. Pakan ini berasal dari hewan lain seperti keong, ikan rucah, limbah pemotongan ayam, hewan kecil lainnya, bungkil kedelai dan jagung.

4. Memilih Bibit Ternak Bebek Petelur yang Unggul

Jika ketiga persiapan tersebut sudah selesai, langkah selanjutnya untuk ternak bebek petelur yaitu memilih bibit ternak yang unggul. Dengan memilih bibit yang unggul, tentu saja kita bisa mendapatkan hasil panen yang unggul. Perlu kamu ketahui sebagai peternak pemula, banyak sekali jenis bibit bebek petelur unggul yang bisa kamu temukan.

Baca juga: Manfaat Telur Asin yang Tidak Kamu Duga-duga

Dari sekian banyak jenis telur bebek petelur, hanya ada beberapa bibit bebek unggul yang layak untuk dipilih. Perlu kamu ketahui bibit yang termasuk unggul dan layak untuk dipilih yaitu bebek petelur tegal, bebek petelur alabio, bebek petelur  khaki Campbell dan bebek petelur mojosari.

Nah, agar tidak salah dalam memilih bibit ternak bebek petelur yang unggul, ada 3 hal yang harus diperhatikan, seperti halnya berikut ini:

  • Pilih  telur tetas dari induk bebek yang keunggulannya sudah terjamin.
  • Pilih bebek petelur yang terdiri darijantan dan betina yang unggul.
  • Membeli Day Old Duck dari pembibitan yang berkualitas.

Itulah ulasan lengkap mengenai langkah mudah ternak bebek petelur yang penting untuk diketahui pemula. Dengan adanya cara-cara ternak ini, diharapkan kamu bisa menjadi peternak yang sukses dan menghasilkan bebek-bebek yang unggul.

Semoga bermanfaat!

Jangan Lupa Share ya

William

Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
William

Leave a Reply