Edukasi, Gadget /Komputer

Langkah Mudah dalam Membuat Tabel di Excel

Jangan Lupa Share ya

Bagi kita yang sudah terbiasa menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas atau kebutuhan lainnya, pastinya sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Excel. Biasanya Excel ini digunakan untuk membuat tabel. Dengan menggunakan Excel ini bisa lebih mempermudah dalam mengolah dan menganalisa data yang dimiliki. Excel juga berfungsi untuk melakukan aktivitas pengurutan, memfilter dan mempercantik tampilan. Selain itu, excel ini juga bisa mempermudah dalam penulisan dan penggunaan rumus-rumus Excel.

Langkah Mudah dalam Membuat Tabel di ExcelNamun bagi kamu yang tidak terbiasa menggunakan Excel ini, pastinya merasa kesulitan. Namun kini kamu tidak perlu khawatir, karena pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai langkah mudah dalam membuat tabel di Microsoft Excel. Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Cara Membuat Tabel di Excel


Sebenarnya membuat tabel di Excel ini sangat mudah, karena yang perlu kamu siapkan yaitu laptop atau komputer. Untuk lengkapnya berikut ini langkah-langkah membuat tabel di excel:

  • Langkah pertama yaitu buka dokumen Excel, setelah itu klik 2 kali dokumen Excel dan pilih nama dokumen. Dari halaman muka kamu juga bisa membuka dokumen baru, namun kamu harus terlebih dahulu memasukkan data.
  • Langkah yang kedua yaitu pilih data tabel. Setelah itu klik kiri pada bagian atas kelompok data  yang akan dimasukkan pada tabel. Jika sudah,  tekan tombol Shift sembari klik kanan bawah kelompok data pilih data tabel.
  • Langkah ketiga yaitu klik tab insert Klik tab Insert yang terletak pada pita hijau yang berada di atas jendela Excel secara otomatis pita hijau ini akan memunculkan toolbar Insert di bagian bawahnya.
  • Jika sudah kamu klik yang berada di bagian toolbar setelah mengklik secara otomatis akan muncul jendela baru.
  • Langkah yang terakhir yaitu klik ok yang letaknya berada di bawah jendela baru. Secara otomatis tabel yang kamu inginkan akan tercipta.

Mengubah Desain Tabel


Setelah mengetahui cara membuat tabel di Microsoft Excel, kamu juga perlu mengetahui cara mengubah desain tabel tersebut. Langsung saja berikut ini langkah-langkahnya:

  •  Langkah pertama yaitu klik Tab Design yang pada pita hijau yang berada di atas jendela Excel. Secara otomatis akan membuka toolbar desain tabel tepat di bawah pita hijau. Untuk memunculkan tab  ini klik tabel
  • Langkah yang selanjutnya yaitu pilih rancangan desain. pada bagian “Table Stayles” Di toolbar ini kamu bisa memilih salah satu kotak berwarna pada bagian Design untuk mengaplikasikan warna dan desain pada tabel. Untuk memilih beberapa desain yang berbeda, klik panah ke bawah yang terletak di sisi kanan kotak berwarna.
  • Langkah ketiga yaitu tinjau beberapa pilihan desain di “Table Style Options” yang terdapat pada toolbar. Pada toolbar tersebut terdapat beberapa kotak pilihan seperti berikut:
  • Header Row  merupakan centang kotak yang berguna untuk menempatkan nama kolom pada sel atas kelompok data. Untuk menghilangkan kepala kolom, hapus centang pada kotak ini.
  • Total Row merupakan centang yang berguna untuk  menambahkan sebuah baris di bawah tabel, yang mana centang ini menunjukkan jumlah baris kolom paling kanan.
  • Banded Rows merupakan centang kotak yang berguna untuk menampilkan warna selang-seling pada baris. Sedangkan untuk menampilkan baris dalam warna seragam, hapus centang tersebut.
  • First Column dan Last Column merupakan centang yang berguna untuk mencetak tebal kolom, kepaladan isi kolom.
  • Banded Columns berguna untuk menampilkan warna selang-seling pada kolom. Jika kamu ingin menampilkan kolom dalam warna seragam, hapus centang kolom tersebut.
  • Filter Button  yang berguna untuk sebuah kotak drop-down akan diletakkan pada tiap kepala kolom. Sehingga Anda bisa mengubah tampilan data pada kolom dengan cara mencentangnya.
  • Langkah yang terakhir yaitu klik kembali tab Home, sehingga bisa  mengembalikan pada toolbar Home dan secara otomatis perubahan yang kamu buat pada tabel akan berubah.

Menyaring Data Tabel


  • Langkah pertama yaitu buka menu filter, lalu klik panah drop-down yang tterletak pada sebelah kanan kepala kolom data yang ingin difilter. Secara otomatis akan muncul menu ke bawah. Untuk cara ini, kamu klik kotak Header Row. Nah, pada bagianTable Style Options, tab design harus dicentang.
  • Langkah yang selanjutnya yaitu pilih filter dan pilih salah satunya. Untuk mengurutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar, pilih “Sort Smallest to Largest”, sedangkan untuk mengurutkan dari yang terbesar hingga ke yang terkecil, klik “Sort Largest to Smallest”.
  • Langkah yang terakhir yaitu kllik OK. Sebelum bisa melanjutkan, kamu harus memilih jenis data sesuai dengan jenis filter yang dipilih, karena nantinya filter ini akan diaplikasikan ke tabel.

Itulah langkah mudah membuat tabel di excel, cara merubah desain tabel dan cara menyaring tabel. Ketiga cara tersebut sangat mudah dilakukan oleh semua orang. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bagikan kepada teman-temanmu yang membutuhkan.

BACA JUGA! CARA MENGECILKAN FILE EXCEL ONLINE

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply