Beauty & Health

Lancarkan Haid dengan Mengonsumsi Makanan yang Tepat

Jangan Lupa Share ya

Sebagai wanita, menjaga kesehatan adalah yang paling penting. Dibandingkan dengan pria, wanita lebih sering diserang ancaman penyakit. Salah satu kesehatan yang harus dijaga adalah kelancaran haid mu. Ada berbagai macam cara untuk menjaganya, salah satunya mengonsumsi makanan-makanan sehat. Apa sajakah makanan tersebut?

1. Brokoli


Brokoli berguna bagi kamu yang mengalami siklus haid tidak teratur. Brokoli bisa membuat sirkulasi haid mu kembali lancar dan teratur. Usahakan selalu menyertakannya dalam menu harian mu. Selain itu, bagi kamu yang sedang diet bisa mengkonsumsinya untuk membantu penurunan berat badan.

2. Ikan Salmon


Salmon memang sangat enak bila dikonsumsi. Tahukah kamu bahwa salmon juga bisa membantu saat datang bulan? Sama seperti brokoli, salmon juga berguna untuk memperlancar siklus datang bulan. Di dalam ikan salmon terdapat vitamin D dan kalsium yang bisa memperkuat tulang, serta menstabilkan hormon. Kestabilan hormon (estrogen) itu lah yang akan membuat haid semakin teratur.

Salah satu hormon yang berperan penting pada wanita adalah hormon estrogen yang biasa disebut juga “hormon wanita”. Saat kamu datang bulan, kadar estrogen akan menurun, sedangkan hormon progesteron meningkat.

Kondisi demikian bisa berpengaruh terhadap produksi hormon. Hormon paling utama adalah hormon serotonin, yaitu pengendali kestabilan emosi.Proses tersebut adalah yang menyebabkan emosi berlebihan ketika kamu haid dan membuat kamu mengalami PMS atau pre menstrual syndrome.

Dengan adanya perubahan tersebut, kamu yang sedang datang bulan akan mengalami beberapa keluhan dan perubahan. Sebut saja cepat lelah, sakit perut bagian bawah, punggung, sakit kepala, timbul jerawat, dan gejala-gejala lain saat kamu datang bulan. Oleh karena itu, kestabilan hormon harus dijaga dengan mengkonsumsi ikan salmon.

3. Sayuran Berdaun Hijau


Biasakanlah menyantap makanan yang berdaun hijau. Misalnya, asparagus, bayam, brokoli, dan lain sebagainya. Berbagai macam sayuran tersebut juga bisa melancarkan siklus menstruasi.

4. Minyak Ikan


Minyak ikan banyak mengandung Omega 3 dan merkuri. Kedua zat itu sangat baik untuk tubuh. Omega 3 memiliki peran untuk melindungi pembuluh darah pada ovarium agar tidak rusak. Jika pembuluh darah tersebut rusak, pastinya akan menunda haid sehingga tidak lancar.

5. Kacang Almond


Siapa bilang bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan ketika haid adalah sebuah pantangan? Banyak orang yang beranggapan , bila memakan kacang-kacangan saat haid akan menimbulkan jerawat. Ternyata anggapan itu salah, ketika haid mu malah perlu untuk mengonsumsi kacang, terutama almond.

Almond merupakan kacang yang bergizi juga sehat karena memiliki protein serta serat yang bisa menyeimbangkan hormon dalam tubuh. Dengan demikian, siklus haid mu akan lancar.

6. Biji Wijen


Satu lagi makanan yang dapat membantu dalam kelancaran siklus haid mu, biji wijen. Tambahkan lah biji wijen dalam makanan mu, misalnya pada roti. Namun, jangan dikonsumsi secara berlebihan karena bisa meningkatkan panas tubuh.

7. Yogurt dan Susu Kedelai


Dua makanan yang terbuat dari susu ini kaya akan kalsium dan protein. Dengan mengkonsumsi keduanya setiap hari, tubuhmu akan semakin sehat, dan tentu saja sirkulasi haid akan berjalan lancar.

Itu lah 7 jenis makanan yang wajib kamu konsumsi agar siklus haid lancar. Utamakan lah kesehatan mu, terutama kesehatan saat haid. Jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter jika ada keluhan-keluhan saat kamu sedang mengalami masa menstruasi.

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply