Uncategorized

Kumpulan Metode Pembelajaran yang Efektif

Jangan Lupa Share ya

Selama manusia hidup manusia pasti membutuhkan bantuan orang lain. Hidup adalah proses dimana kita sebagai manusia belajar, belajar mengenai hal baru, hal yang dibutuhkan dalam kehidupan, dan semua itu tidak akan terarah jika tidak ada guru. Pada dasarnya siapa saja pasti membutuhkan seorang guru ketika ingin belajar apapun. Pada zaman sekarang ini sarjana guru sangatlah banyak dari berbagai bidang ilmu. Menjadi seorang guru bukanlah suatu yang mudah, karena guru harus bisa mempengaruhi muridnya, mampu mengubah psikis dan juga pola pikir anak, serta mendewasakan anak didiknya.

Tidak hanya itu, guru juga harus bisa menguasai kelas ketika mengajar murid didalam kelas. Mengenai menguasai kelas, seorang guru harus menguasai beberapa metode pembelajaran. Bagaimanakah pembelajaran yang efektif, akurat, serta menyenangkan anak didik. Untuk mengetahuinya Anda perlu mengetahui kumpulan metode pembelajaran yang cukup efektif dan telah kami rangkum seperti dibawah ini!

Inilah Kumpulan Metode Pembelajaran Efektif Yang Perlu Anda Ketahui

  1. Metode Ceramah

Metode pertama adalah metode ceramah yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini. Bisa dikatakan metode ceramah adalah metode efektif yang mampu memberikan pengetahuan kepada anak didik dengan baik. Dengan metode ceramah, seorang guru bisa memberikan motifasi dan menginspirasi pendengarnya. Anda bisa memanfaatkan metode ceramah untuk menyampaikan pelajaran yang berupa informasi dan sebuah hal yang baru agar anak didik juga tertarik untuk mendengarkan pelajaran yang disampaikan. Ceramah juga salah satu metode yang tidak membebankan murid, murid hanya dituntut memperhatikan dengan seksama

  1. Metode diskusi

Nah, metode ini bisa Anda berikan ketika sebuah pelajaran sudah disampaikan dan cukup dikuasai oleh anak didik. Metode diskusi adalah proses dimana setiap guru dan murid saling bertukar pendapat dalam membahas sebuah masalah yang berhubungan dengan pelajaran. Metode diskusi juga mampu meningkatkan pemahaman kepada anak dan memberikan solusi pada masalah yang ada.

  1. Metode demonstrasi

Metode pembelajaran demontrasi adalah metode pembelajaran yang cukup efektif untuk membantu anak didik menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. Beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan contoh adalah bagaimana proses pekerjaan yang ada? Apa yang menyebabkan itu terjadi? dan lain sebagainya.

Kelebihan yang diberikan oleh metode demontrasi ini adalah mampu menarik perhatian para siswa untuk menyimak pelajaran yang ada namun terdapat juga kelemahannya. Yaitu terkadang siswa yang belum bisa menyerap pelajaran dengan sempurna harus ketinggalan dengan teman lain yang lebih cepat menangkap pelajaran, selain itu tidak semua pelajaran bisa di demontrasikan.

  1. Metode ceramah plus

Kalau yang satu ini apa bedanya dengan metode ceramah di nomer 1? Nah, metode ceramah plus merupakan sebuah metode yang menggunakan lebih dari satu metode, atau bisa dibilang selain melakukan metode ceramah, guru juga menggunakan metode lain yang memang butuh untuk digunakan. Beberapa metode ceramah plus yang paling sering digunakan guru adalah metode ceramah plus Tanya jawab dan tugas, metode ceramah plus diskusi dan tugas, metode ceramah plus demo dan latihan. Anda sebagai guru bisa memilih salah satu metode yang ada sesuai dengan kebutuhan.

  1. Metode resitasi

Jika Anda sudah terlalu bosan untuk menggunakan beberapa metode yang umum seperti diatas, Anda bisa beralih menggunakan metode resitasi ini. resitasi merupakan metode instruksi yang mengharuskan seseorang menulis resuman dengan kalimat nya sendiri. ini bisa Anda jadikan metode lanjutan setelah metode ceramah atau metode diskusi. Kelebihan yang diberikan adalah pengetahuan yang akan diperoleh anak didik bisa lebih luas karena dibantu dari hasil belajar sendiri, juga peserta didik memiliki peluang yang lebih tinggi untuk meningkatkan keberanian, inisiatif, mandiri, dan juga tanggung jawab nya. Adapun kelemahan dari metode ini adalah anak didik rawan melakukan penipuan dengan mengerjakan hasil pekerjaan orang lain atau mencari sumber di internet.

  1. Metode eksperimental

Yang terakhir adalah metode eksperimental, adalah sebuah metode yang mengajarkan mengenai cara mengelola pembelajaran dengan melakukan sebuah penelitian dan membuktikannya dengan disambungkan berdasarkan referensi yang sudah dipelajarinya di dalam kelas. Bisa dikatakan metode ini merupakan metode praktikum yang sangat cocok untuk kalangan mahasiswa.

Itulah kumpulan metode pembelajaran yang menurut kami cukup efektif untuk di praktekan di dalam kelas. Jangan pernah terpacu pada satu metode ketika mengajar karena hal tersebut sangat membosankan dimata murid dan kurang efektif. Cukup sekian, semoga bermanfaat!

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply