Culinary, Home & Garden

Kiat Memilih Tempat Penyimpanan Makanan

Jangan Lupa Share ya

Memiliki tempat penyimpanan makanan yang tepat memang sangat diperlukan. Bukan hanya memangkas budget untuk membeli makanan secara eceran, namun juga bisa dipergunakan dalam waktu jangka panjang. Anda juga dapat menyimpan sisa makanan di dalam tempat penyimpanan, kemudian menaruhnya di lemari es agar tetap segar dan tinggal memanaskanya saat ingin menikmatinya lagi. Karena fungsinya yang demikian, diperlukan tempat penyimpanan makanan yang tepat dan aman agar berbagai bahan makanan bisa bertahan lebih lama. Simak beberapa tip memilih tempat penyimpanan makanan berikut ini.

1. Berbahan plastik bebas BFA
Pilihlah tempat penyimpanan makanan dari bahan plastik yang bebas BFA (Bisphenol A) yang telah terbukti tidak baik bagi kesehatan, seperti memicu tumbuhnya kanker dan kerusakan otak. Tempat penyimpanan makanan bebas BFA biasanya ditandai dengan kode daur ulang.

2. Tempat penyimpanan makanan dari kaca
Jika Anda khawatir dengan pewarnaan tempat penyimpanan makanan dari plastik, pilihlah yang terbuat dari bahan kaca atau PYREX. Secara umum, semakin baik bahan pembuat tempat penyimpanan makanan, semakin sulit untuk diwarnai. Bahan kaca atau PYREX memenuhi kriteria tersebut, namun jika dibandingkan, tempat penyimpanan makanan ini lebih berat dibandingkan yang dari plastik.

3. Pertimbangkan Bentuk
Tempat penyimpangan berbentuk persegi panjang atau bujur sangkar, akan sangat baik untuk menyimpan makanan di lemari es. Selain memiliki ruang penyimpanan yang besar, pengaturan tempat di dalam lemari es pun menjadi lebih mudah.

4. Beli tempat penyimpanan makanan satu set
Usahakan membeli tempat penyimpanan makanan dalam satu set karena biasanya lebih murah daripada membeli secara satuan. Selain itu, dengan membeli perlengkapan satu set dapat mempermudah saat menyusunnya di dalam lemari es atau lemari penyimpanan.

5. Keamanan segel
Pastikan Anda membeli tempat penyimpanan makan yang memiliki segel aman, kedap udara dan dapat tetap bekerja dengan baik walau sudah digunakan berulang-ulang. Selain itu, segel ini harus mudah dibuka dan ditutup agar Anda tidak kerepotan saat menggunakannya.

6. Mudah dibersihkan
Belilah tempat penyimpanan makanan yang mudah dibersihkan agar kondisinya selalu higienis dan tidak banyak menghabiskan waktu serta tenaga Anda.

7. Tempat penyimpanan makan serbaguna
Pilihlah tempat penyimpanan serbaguna untuk berbagai keperluan, misalnya dapat digunakan untuk makanan dingin maupun panas, dan juga aman saat digunakan di freezer atau microwave. Dengan membeli tempat penyimpanan yang serbaguna, berarti lebih sedikit wadah yang harus Anda beli.

Masih mencari tempat penyimpanan makanan? Di sini, ada banyak tempat penyimpanan makanan yang sudah memenuhi 7 kriteria di atas. Selamat berbelanja!

Colorful Kitchen

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply