Beauty & Health

Khasiat Teh Hijau Untuk Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu

Jangan Lupa Share ya

Salah satu jenis teh yang paling disukai selain teh hitam adalah teh hijau. Teh hijau memiliki rasa yang tidak berbeda jauh dengan teh hitam yang sering kita konsumsi. Akan tetapi, teh hijau ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan teh hitam. Hal ini disebabkan karena teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang bernama polifenol. Selain itu, teh hijau ini juga merupakan teh yang mengandung kafein yang sangat rendah. Antioksidan merupakan salah satu senyawa yang membantu menyehatkan tubuh kita, seperti mengencangkan kulit dan menghindari penuaan dini.

Beberapa penelitian yang dilakukan telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan menyehatkan psikis karena efeknya yang dapat digunakan untuk menenangkan. Selain antioksidan tersebut, teh hijau juga memiliki kandungan flavonoid, yaitu fitokimia yang bersifat antikarsinogenik dan antioksidatif.

Selain itu, ada pula manfaat teh hijau yang digunakan dalam beberapa produk kesehatan, seperti teh hijau pada produk kecantikan. Sebagian besar orang mempercayai bahwa teh hijau dapat membantu membakar lemak di tubuh dan dijadikan sebagai salah satu minuman yang dapat dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

Berikut ini merupakan manfaat teh hijau bagi kesehatan tubuh yang harus kita ketahui agar kita dapat mengubah pola hidup kita dari sekarang.

Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan dan Kecantikan

Menjaga kesehatan kulit

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa teh hijau mengandung polivenol dan zat antioksidan lainnya yang dapat menyehatkan kulit apabila dikonsumsi secara rutin. Selain itu, teh hijau juga dapat menghindarkan kulit dari penuaan dini, kemunculan garis halus di wajah, dapat mengencangkan kulit dan menghilangkan noda kusam pada wajah.

Menghindari risiko kebotakan

Masalah kesehatan pada rambut merupakan hal yang paling sering dialami oleh para wanita. Rambut rontok sendiri disebabkan oleh rambut yang kekurangan nutrisi. Untuk menghindarinya, kamu bisa mengkonsumsi teh hijau yang bisa membantu memberikan nutrisi pada rambut. Oleh karena itu ada banyak sekali produk perawatan rambut dengan ekstrak teh hijau.

Menghilangkan jerawat

Jerawat merupakan masalah pada wajah yang disebabkan oleh penyumbatan pori-pori pada kulit. Faktor penyebab penyumbatan tersebut salah satunya disebabkan oleh debu dan polusi yang membuat wajah menjadi kusam dan kemudian berkembang menjadi jerawat. Salah satu cara yang dapat dilakukan setelah jerawat tersebut muncul pada wajah adalah dengan menggunakan teh hijau sebagai masker wajah. Cara ini merupakan cara yang dianggap paling efektif untuk mengangkat jerawat. Selain itu, carilah produk pembersih wajah yang mengandung ekstrak teh hijau agar lebih praktis.

Menurunkan berat badan

Peran teh hijau dalam penurunan berat badan memang sudah diakui oleh banyak orang. Beberapa program diet bahkan menganjurkan untuk meminum teh hijau untuk mempercepat pembakaran lemak yang ada dalam tubuh.

Mengatur tekanan gula darah

Dalam dunia medis, terutama herbal teh hijau bermanfaat untuk mengatur tekanan gula darah. Dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin, selain menyehatkan bagian luar tubuh, teh hijau juga dapat menyehatkan tubuh bagian dalam kita.

Teh hijau mengurangi resiko kanker

Antioksidan yang terdapat pada teh hijau dipercaya lebih baik daripada kandungan vitamin E. Antioksidan yang tinggi jugalah yang berfungsi untuk membantu menyehatkan setiap sel yang ada di dalam tubuh kita dan menghindarkannya dari risiko penyakit kanker. Manfaat teh hijau untuk mengurangi resiko kanker adalah sebagai berikut:

  • Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang paling ditakuti oleh semua wanita. Analisis studi telah menyatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi teh hijau secara rutin memiliki risiko 22% lebih rendah terkena kanker payudara daripada wanita yang tidak mengkonsumsi teh hijau.

  • Kanker Prostat

Salah satu jenis kanker yang dapat menjadi ancaman yang serius bagi pria adalah kanker prostat. Jika kamu ingin mengurangi persentase risiko terkena kanker prostat, kamu bisa mengkonsumsi teh hijau secara rutin. Hal ini dikarenakan sebuah studi yang menyatakan bahwa pria yang meminum teh hijau secara rutin memiliki risiko 48% lebih rendah terkena kanker prostat daripada pria yang tidak menkonsumsi teh hijau.

  • Kanker Kolorektal

Analisis studi yang dilakukan terhadap 69.710 orang wanita di China menyatakan bahwa orang yang sering mengkonsumsi teh hijau memiliki risiko 57% lebih rendah terkena kanker kolateral dibandingkan orang yang tidak mengkonsumsi teh hijau.

Mengurangi resiki penyakit jantung dan kolesterol

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang dapat mencegah kerusakan pada saluran tubuh yang menuju organ-organ penting. Senyawa yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh dan membersihkan saluran tubuh sehingga tidak menghambat peredaran darah yang disebabkan oleh kolesterol yang dapat menyebabkan darah tinggi.

Demikian pembahasan mengenai khasiat teh hijau yang harus kita ketahui. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Latest posts by Putri (see all)

Leave a Reply