Beauty & Health

Khasiat dan Manfaat Daun Salam yang Jarang Diketahui

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak ragam rempah – rempah. Salah satu rempah yang kita kenal adalah daun Salam. Daun salam merupakan tanaman yang biasanya tumbuh di pekarangan rumah atau kebun. Sejak zaman dulu, daun salam digunakan sebagai bumbu masakan khas Indonesia.

Ternyata setelah adanya peneletian terhadap daun salam, telah dibuktikan bahwa daun salam banyak mengandung zat – zat yang baik untuk kesehatan. Daun salam memiliki kandungan zat gizi maupun zat non-gizi yang disebut fionutrien. Kandungan tersebut merupakan kontributor utama khasiat dalam daun salam yang dapat digunakan untuk obat asam urat, kolesterol, diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, hingga mampu menurunkan berat badan. Selain itu daun salam juga dapat mengobati sakit perut, diare, dan maag. Daun salam juga digunakan sebagai pasta gigi tradisional.

selain menyedapkan makanan, daun salam memiliki beberapa kandungan yang baik untuk tubuh.

Kandungan Daun Salam

  • Ekstrak metanol sebagai anti-cacing
  • Minyak esensial mengandung eugenoldan metil kavikol
  • Kandungan kimia daun salam meliputi flavonoidatannindan minyak atsiri
  • Ekstrak etanolsebagai anti-jamur serta anti-bakteri
  • Vitamin B kompleks dan vitamin C berguna sebagai penurun kadar asam urat

untuk dijadikan olasan sabagai obat, kamu harus memilih daun yang lebar dan terlihat segar. Untuk daun kering, kamu pilih yang tidak mudah patah dan tidah ada lubang.

Khasiat Dan Manfaat Daun Salam

Memutihkan dan Membersihkan Gigi

Orang dulu menggunakan daun salam sebagai pembersih gigi, dan memang hal itu sudah dibuktikan.

Cara menggunakannya, kamu jemur daun salam dan kulit jeruk hingga kering. Lalu tumbuk hingga halus, campurkan keduanya bersama air. Selanjutnya aduk rata hingga berbentuk pasta dan kamu bisa gunakan seperti pasta gigi pada umumnya.

Menurunkan Kolesterol dan Diabetes

Untuk menurunkan kolesterol dan diabetes kamu bisa mengonsumsinya dengan merebus 10 hingga 15 lembar daun salam yang bersih dengan 3 gelas air. Daun salam direbus hingga air menyusut dan menyisakan 1 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan tersebut dan minum sekaligus pada malam hari. Agar kolesterol dan diabetes kamu sembuh, kamu lakukan hal tersebut secara teratur.

Menurunkan Berat Badan (Diet)

Bagi kamu yang memiliki berat badan berlebih kamu bisa mengonsumi ramuan berbahan daun salam ini. Caranya cukup mudah rebus 20 sampai 30 lembar daun salam yang telah dibersihkan dengan 4 gelas air. Rebus hingga air menyusut dan tersisa 2 gelas. Setelah dingin, minum 1 gelas untuk pagi dan 1 gelas lagi untuk malam. Lakukan secara teratur agar berat badanmu turun secara alami.

Mengobati Kencing Manis

Kencing manis adalah penyakit yang disebabkan oleh kondisi ginjal yang kuran baik. Untuk mengobatinya kamu bisa merebus 7  sampai 15 daun salam dengan 3 gelas air, rebus hingga air menyusut dan tersisa 1 gelas. Kemudian saring dan tunggu sampai dingin, lalu kamu minum sekaligus sebelum makan. Lakukan hal ini dua kali dalam sehari agar tubuh menyerap khasiat dari daun salam.

Menurunkan Tekanan Darah

Cara mengonsumsi daun salam untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan merbus 7 sampai 10 lembar daun salam yang masih segar dengan 3 gelas air, rebus hingga air menyusut dan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring rebusan tersebut kemudian minum sebanyak sehari 2 kali masing-masing setengah gelas.

Mengobati Penyakit Maag

Kamu yang menderita penyakit maag, daun salam ini bermanfaat untuk mengobati penyakit maag secara alami. Cukup dengan merebus 15 sampai 20 lembar daun salam segar dengan ½ liter air. Rebus sekitar 15 menit lalu tambahkan gula aren secukupnya. Setelah matang tunggu hingga dingin, lalu kamu bisa meminumnya setiap hari sampai rasa perih di lambung hilang.

Mengatasi Mabuk Karena Alkohol

Selain daunnya, buah dari tumbuhan salam ini juga bermanfaat untuk meredakan mabuk alkohol. Caranya yaitu dengan menumbuk satu genggam buah salam yang matang, lalu ambil air perasannya untuk diminum. Maka mabuk akan cepat hilang.

Mengobati Diare

Yang kita tahu obat diare adalah daun pucuk buah jambu yang muda, padahal selain itu daun salam juga bisa mengobati diare. Cara mengonsumsinya adalah dengan merebus 15 lembah daun salam yang segar dengan dua gelas air. Setelah mendidih tambahkan sedikit garam. Tunggu hingga air rebusan dingin, baru kamu minum sekaligus agar penyakit diare cepat sembuh.

Mengatasi Asam Urat

Daun salam dapat bermanfaat untuk mengatasi asam urat. Cara mengonsumsinya yaitu dengan merebus 10 lembar daun salam yang kering dan bersih. Direbus dalam 10 gelas air bersih yang telah mendidih di atas api yang sedang. Rebus hingga air tersisa 7 gelas. Untuk lebih efektif dalam menurunkan kadar asam urat dalam darah, kamu harus meminumnya 1 – 2 kali dalam satu hari secara teratur. Untuk menyimpan ramuan herbal ini kamu bisa masukkan ke dalam wadah yang memiliki tutup kedap udara agar khasiatnya bertahan selama 2 sampai 3 hari. Saat akan meminumnya lagi kamu bisa panaskan kembali ramuan herbal tersebut.

Selain dengan rebusan daun salam kamu pun harus menghindari makanan yang banyak mengandung zat purin separti makanan laut (kerang, cumi, udang), ikan sarden, jeroan, daging unggas, jenis makanan yang dibuat dengan bahan tambahan ragi, dan ekstrak daging.

Ternyata selain digunakan sebagai penyedap masakan, daun salam memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. (elevenia)

Leave a Reply