Home /Food

Khasiat Buah Naga yang Jarang Diketahui

Jangan Lupa Share ya

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun, saat ini sudah banyak negara yang membudidayakan buah ini seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia, dan Malaysia.

Kandungan yang terdapat pada buah yang berasal dari kelompok kaktus ini sangat luar biasa dan mampu memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh kita. Dalam satu buah naga sedikitnya terdapat lebih dari 20 gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat dari kandungan buah naga sangatlah baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Selain itu apabila dikonsumsi secara rutin, maka buah naga akan memberikan efek yang positif bagi tubuh kita.

Belakangan ini buah naga menjadi sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Masyarakat percaya bahwa buah naga memang mengandung banyak manfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit dan juga dapat mejaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah naga memiliki bentuk yang unik dan menarik karena kulitnya yang berwarna merah muda dan dilengkapi dengan daun-daun unik yang terlihat seperti duri-duri pada durian.

Banyaknya manfaat yang didapatkan dengan mengonsumsi buah naga membuat kita akan merasa wajar apabila buah ini menjadi buah yang disukai oleh banyak orang. Banyak manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsi buah naga ini, mulai dari manfaat yang sederhana sampai manfaat yang paling penting bagi tubuh kita yang tidak kita sadari. Berikut adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh Buah Naga.

Khasiat Buah Naga yang Jarang Diketahui

Mencegah Kanker

Antioksidan phytoalbumin merupakan salah satu senyawa terbanyak yang terkandung dalam buah naga. Antioksidan phytoalbumin yang terdapat pada buah ini dapat mencegah berkembangnya sel-sel yang dapat menyebabkan kanker pada tubuh kita. Buah naga juga bermanfaat untuk mengefektifkan kerja pembuangan racun dari tubuh, termasuk racun-racun yang dapat memicu kanker untuk berkembang. Oleh karena itu, buah naga merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk mencegah kanker.

Membantu Pembentukan Sel Darah Merah (Hemoglobin)

Buah naga mengandung vitamin B12 yang sanagat banyak. Seperti yang kita tahu bahwa tubuh kita sangatlah membutuhkan sel darah merah atau yang sering kita sebut hemoglobin. Dalam pembentukan sel darah merah ini dilakukan dengan bantuan dari vitamin B12, sehingga dengan mengonsumsi buah naga tentu akan sangat membantu pembentukan sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung

Senyawa yang terkandung dalam buah naga dapat mencegah dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi buah naga kita dapat terhindar dari salah satu penyakit mematikan ini.

Bermanfaat untuk Kesehatan Tulang

Tulang merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh kita. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan tulang. Apabila kita memiliki tulang yang rapuh dan tidak sempurna, maka tubuh kita akan mengalami beberapa masalah atu gangguan pada tulang yang pastinya akan mengganggu organ tubuh kita yang lainnya.

Kandungan mineral yang tinggi pada buah naga seperti kalsium, fosfor dan zat besi yang menjadikan buah naga sebagal salah satu makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar tubuh kita tetap sehat dan kuat.

Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan senyawa Betakaroten yang tinggi membuat buah naga menjadi salah satu makanan yang dapat menjaga kesehatan mata setelah buah wortel. Seperti yang kita tahu bahwa betakaroten merupakan senyawa yang sangat bermanfaat untuk menjaga kejernihan dan kesehatan mata.

Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena kita sering menemukan beberapa orang yang mengalami penyakit ini. Pola hidup yang tidak diatur membuat manusia sangat mudah terkena penyakit ini. Oleh karena itu, sebisa mungkin kita harus menjaga pola hidup kita. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah mengonsumsi buah naga untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes, karena buah naga telah dipercaya oleh masyarakat mampu membunuh sel-sel jahat yang diproduksi akibat dari pola hidup yang tidak sehat.

Mendukung Program Diet

Bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan, kamu harus mencoba mengonsumsi buah yang satu ini. Buah ini merupakan buah yang mengandung banyak protein. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan lemak dan karbohidrat yang rendah, sehingga buah naga menjadi buah yang sangat cocok untuk dikonsumsi saat kamu sedang dalam program penurunan berat badan. Protein yang terkandung dalam buah naga dapat mencukupi kebutuhan tubuh kita dan lemak serta karbohidrat yang terkandung dalam buah ini tidak akan membuatmu khawatir akan mengganggu program penurunan berat badan kamu. Kandungan serat pada buah naga juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan yang kamu alami.

Demikian pembahasan mengenai manfaat buah naga yang jarang kita ketahui. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply