Religi

Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah yang Perlu Kita Ketahui

Jangan Lupa Share ya

Salah satu shalat yang dirasa berat untuk dilaksanakan oleh sebagian besar umat Muslim, terutama laki-laki adalah shalat subuh secara berjamaah. Akan tetapi, jika dilihat dari keutamaannya, shalat subuh secara berjamaah justru memiliki banyak sekali keutamaan yang sangat luar biasa. Berikut ini merupakan beberapa keutamaan shalat subuh secara berjamaah bagi para umat muslim, khususnya laki-laki.

Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah

Mendapatkan berkah dari Allah Ta’ala

Jika kita rutin melaksanakan shalat subuh secara berjamaah, maka kita memiliki peluang untuk mendapatkan berkah dari Allah subhanahu wa ta’ala. Karena, aktivitas yang kita lakukan di pagi hari telah didoakan agar mendapatkan berkah dari Allah, terlebih lagi apabila yang kita kerjakan adalah suatu ibadah wajib yang harus kita lakukan. Doa tersebut dipanjatkan oleh Rasulullah Sallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu:

“Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah)

Mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat

Keadaan pada waktu subuh biasanya masih gelap, meskipun didukung dengan pencahayaan dari listrik yang ada. Akan tetapi, dalam kondisi seperti inilah justru Allah akan memberikan ganjaran yang sangat besar bagi orang-orang yang melangkahkan kaki mereka ke masjid untuk shalat subuh secara berjamaah yaitu mendapatkan cahaya yang sempurna di hari kiamat kelak, seperti yang disebutkan dalam suatu hadis.

Dari Buraidah al-Aslami radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Mendapatkan ganjaran shalat malam sepenuh waktunya

Sanggupkah kita apabila diminta untuk melaksanakan shalat tahajud spanjang malam? Hal tersebut tentulah sangat sulit untuk dilakukan karena aktivitas yang telah kita lakukan di siang hari juga harus selalu kita kerjakan. Akan tetapi, pahala shalat tahajud sepanjang malam bisa kita dapatkan dengan mengerjakan shalat subuh secara berjamaah, seperti yang telah disebutkan dalam hadis Rasulullah:

“Barang siapa yang melakukan shalat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat setengah malam. Barang siapa yang melakukan shalat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu malam itu.” (HR. Muslim, dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu)

Berada dalam jaminan Allah Ta’ala

Hal ini berarti, orang yang senantiasa mengerjakan shalat dengan sempurna diantaranya adalah dengan melakukannya secara berjamaah, maka dia akan berada dalam jaminan serta perlindungan Allah. Dengan demikian, bagi siapapun yang berada dalam perlindungan Allah, orang itu sama sekali tidak boleh disakiti. Jika ada orang yang berani mencelakainya, maka dia akan terancam azab yang pedaih karena dia telah berani melanggar perlindungan yang telah diberikan oleh Allah pada orang tersebut. Hal ini telah disebutkan dalam salah satu hadis, yaitu:

“Barang siapa yang melaksanakan shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian dia akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka.” (HR. Muslim, dari Jundubibn Abdillah al-Bajali Radhiallahu ‘anhu)

Jamaah shalat Subuh dipersaksikan oleh malaikat

Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“­Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di shalat Subuh dan shalat Ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, Bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?’ Para malaikat menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan shalat.” (HR. Bukhari-Muslim)

Berpeluang mendapatkan pahala haji atau umrah bila berzikir hingga terbitnya matahari

Dasar dari hal ini adalah keterangan dari Anasibn Malik Radhiallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang bersabda:

“Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

Keselamatan dari siksa Neraka

Keselamatan dari siksa Neraka berarti berita gembira tentang masuk Surga. Ganjaran ini tentunya berlaku bagi yang melaksanakan shalat Subuh secara sempurna (berjamaah).

Dari Umarah Radhiallahu ‘anhu berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Tidak akan masuk Neraka seorang yang shalat sebelum terbitnya matahari (Subuh) dan terbenamnya matahari (Ashar).”(HR. Muslim)

Kemenangan dengan melihat Allah Ta’ala pada hari Kiamat nanti

Hal ini tentunya merupakan ganjaran terbesar yang dikaruniakan Allah kepada hamba-Nya.

Dari Jarir Bin Abdullah al-Bajali Radhiallahu ‘anhu berkata,

“Kami pernah duduk bersama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, kemudian beliau melihat ke bulan di malam purnama itu, Rasulullah bersabda, ‘Ketahuilah bahwa sesungguhnya kalian akan melihat kepada Rabb kalian sebagaimana kalian melihat kepada bulan ini. Kalian tidak terhalangi melihatnya. Bila kalian mampu untuk tidak meninggalkan shalat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, maka lakukanlah!” (HR. Bukhari-Muslim)

Demikian pembahasan mengenai keutamaan shalat subuh berjamaah yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply