Fashion

Keunggulan dan Kekurangan dari Bahan Suede

Bahan-Suede[1]

Jangan Lupa Share ya

Saat ini bahan suede cukup banyak dikenali dan digunakan dalam industri kerajinan. Tak jarang, banyak orang menganggap bahwa bahan suede memiliki kesamaan karakteristik dengan beludru. Padahal, kenyataannya kedua bahan tersebut sama sekali tidak sama alias berbeda. Kendati tidak dipungkiri keduanya pun memiliki karakteristik permukaan yang sama.

Bahan suede maupun beludru merupakan dua bahan yang berbeda. Bahkan dari segi kualitas nya pun sudah berbeda jauh. Selain soal kualitas, kedua bahan tersebut pun berbeda dari segi harga. Nah, lalu pertanyaannya apa sih bahan suede? Apa perbedaan bahan suede dengan bahan tekstil lainnya? Jawabannya akan dipaparkan sebagaimana berikut:

Apa itu Bahan Suede?


Keunggulan-dan-Kekurangan-dari-Bahan-Suede[1]Pada umumnya bahan suede merupakan bahan industri tekstil yang dibuat khusus dari kulit hewan yaitu domba, kambing, sapi dan rusa. Istilah suede sendiri asal muasalnya dari bahasa Perancis yaitu gants de suede yang merupakan penyebutan untuk sarung tangan lembut yang diimpor langsung dari Swedia.

Dengan berkembangnya industri, khususnya tekstil kemudian suede digunakan untuk menyebut bahan kulit yang halus dan lembut. Yang membedakan bahan suede dengan bahan lainnya termasuk beludru adalah  bahan ini yang tidak mudah terbakar. Bahan suede adalah bagian dari leather atau lapisan kulit yang didapat dari proses khusus.

Suede didapat dari bagian kulit yang lapisannya terdekat dengan daging yang berupa lapisan kulit paling tipis. Maka dari itu, suede sedikit kurang tahan lama dibandingkan bahan kulit lain yang merupakan lapisan paling luar atau full-grain. Bahan suede paling umum adalah dari kulit sapi.

Suede Bahan Kulit Populer


Bahan suede yang merupakan bahan dari kulit berkualitas dan unggulan, sudah tentu menjadikannya cukup populer untuk dijadikan sebagai bahan industri kerajinan, terutama dalam fashion. Tak jarang kita akan menjumpai sejumlah produk seperti jaket, tas dan sepatu berbahan dasar utama bahan suede.

Suede merupakan bahan pilihan yang dibuat dari lapisan yang dipisahkan dari bagian top grain suatu kulit. Maka dari itu hasilnya akan memberi kesan mewah namun tetap santai dan cool. Itulah mengapa bahan suede sangat populer di industri kerajinan atau tekstil. Nilai plus lainnya adalah kelenturan bahan suede karena kadar lemak yang lebih banyak sehingga sangat mudah dibentuk.

Pada saat pemakaiannya, pada sepatu misalnya akan sangat nyaman saat digunakan untuk bergerak. Bahannya pun sangat dingin dan tidak akan menyebabkan gerah saat dipakai.

Baca juga: 5 Tips Memilih Kain Batik Berkualitas Baik

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Suede


Menjadi cukup populer se-bahan-bahan tekstil, tentu bahan suede tidak terlepas dari kelebihannya berikut juga kekurangannya. Nah, simak pemaparannya berikut:

Kelebihan Bahan Suede


  1. Bahan Suede lembut dan nyaman dipakai

Yang pertama tentu saja karena bahan suede dikenal sangat lembut. Karakteristiknya pun hampir menyerupai beludru. Kendati demikian bahan suede adalah jenis berbeda dari beludru karena dibuat dan diproses dari kulit hewan asli yaitu sapi. Selain sapi, suede juga diproses dari kulit domba, kambing, kerbau dan bahkan rusa.

  • Bahannya adem dan tidak mudah membuat gerah

Berikutnya adalah bahan suede adem saat dipakai. Bahan ini juga menyerap panas dengan baik sehingga saat dipakai tidak akan membuat gerah. Bahan suede tentu akan sangat nyaman untuk digunakan. Tak salah apabila bahan ini banyak digunakan menjadi sepatu.

  • Bahannya tahan lama dan tidak mudah rusak

Kelebihan lainnya adalah bahan suede tahan lama dan tidak mudah rusak. Bahan ini juga sangat anti terbakar, itulah yang membedakannya dengan bahan lainnya. Nilai plus nya apabila dirawat dengan baik dan benar, bahan ini mampu tahan hingga beberapa tahun ke depan. Bahkan bahan ini tidak mudah mengelupas.

  • Harga relatif murah

Kendati diproses dan diolah dari lapisan kulit terdalam dekat daging hewan, bahan ini dijual cukup terjangkau.

Kekurangan Bahan Suede


Nah, selain kelebihan sudah tentu bahan suede memiliki kekurangan, yang mana dipaparkan sebagai berikut:

  • Bahan suede membutuhkan perawatan khusus

Karena merupakan bahan berkualitas dan tidak sembarangan dalam prosesnya bahan suede membutuhkan perawatan khusus. Karena jika tidak begitu, salah-salah bahan suede akan mudah rusak.

  • Tidak mudah ditemukan di pasaran

Kendati harganya yang relatif murah, sayangnya bahan ini sangat jarang di pasaran. Adapun untuk membutuhkan kebanyakan akan melakukan PO atau pre order terlebih dahulu.

Bahan suede nyatanya cukup populer di industri kerajinan maupun tekstil. Bahannya yang cukup ringan dan lembut adalah alasan pertama orang banyak memilih bahan suede. Karena kenyamanan adalah yang paling utama. Sekian dan semoga bermanfaat!

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply