Buyer, Seller Stories

Ketika Pesanan Anda Harus Ditukar dan Dikembalikan

Return-policy

Pernah mengalami ketika produk pesanan Anda di elevenia harus ditukar karena salah ukuran? Atau bahkan perlu dikembalikan karena mengalami kerusakan? Kali ini, kami mencoba untuk memberikan penjabaran mengenai proses yang Anda perlu lakukan dan juga estimasi waktu yang dibutuhkan.

Proses Pengembalian / Penukaran Barang
Secara umum, ada 3 proses yang perlu dilakukan ketika Anda melakukan pengembalian / penukaran barang, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Proses Penukaran & Pengembalian Produk di elevenia
Proses Penukaran & Pengembalian Produk di elevenia

Dalam proses melakukan permintaan penukaran barang, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.
1. Masuk ke akun My Elevenia
2. Pilih Permohonan Pengembalian / Penukaran
3. Pilih Kuantitas (jumlah) produk yang ingin dikembalikan.
4. Masukkan alasan secara detil mengenai pengembalian / penukaran dan jika alasannya berupa kerusakan barang, maka Anda perlu untuk mengunggah foto produk yang Anda terima, termasuk foto kemasannya.
5. Setelahnya akan muncul sejumlah keterangan tentang produk Anda yang ingin dikembalikan, termasuk siapa yang bertanggung jawab atas kesalahan pengembalian produk ini.
6. Anda hanya tinggal memilih tombol Ajukan Pengembalian / Penukaran.

Proses 3 hari Kerja di Pihak Seller
Setelah proses tadi, notifikasi Pengembalian / Penukaran produk Anda akan masuk ke pihak Seller. Di sini, seller berhak untuk menerima atau menolak permintaan penukaran / pengembalian produk pesanan Anda. Hal ini bergantung pada penyebab penukaran / pengembalian produk. Jika kesalahan terjadi pada seller, maka seller harus menerima penukaran / pengembalian produk. Namun jika kesalahan ada pada buyer, maka seller bisa menolak pengajuan permintaan tersebut.

Untuk pihak seller, elevenia akan memberikan waktu sampai dengan 3 hari kerja untuk seller melakukan approval permintaan dari buyer. Jika dalam 3 hari tidak ada jawaban dari Seller, maka secara sistem Seller menerima permintaan pengajuan pengembalian / penukaran dari Buyer.

Waktunya Pengembalian / Penukaran
Setelah ada keterangan approval dari Seller mengenai penukaran / pengembalian produk Anda, maka Anda akan mendapatkan notifikasi di My Elevenia, yang artinya Buyer sudah bisa mengirim produk pesanannya ke pihak Seller untuk dikembalikan. Sesaat setelah produk diterima oleh Seller, maka buyer otomatis akan menerima refund di akun My Elevenia, sesuai dengan metode pembayaran yang Anda pilih. Jika Anda membayar menggunakan poin, maka akan dikembalikan dalam bentuk poin. Jika Anda membayar dengan menggunakan kartu kredit, maka akan dikembalikan ke limit kartu kredit Anda. Sedangkan bila pembayaran dilakukan dengan Transfer antar Bank, maka refund akan dilakukan dalam bentuk kredit poin, yang bisa ditransfer ke rekening bank Anda, melalui My Elevenia. Untuk lebih detik mengenai proses refund, Anda bisa melihat di sini.

Untuk Anda yang mengajukan penukaran barang, akan ada proses tambahan (dan juga waktu), untuk seller mengirimkan produk yang baru kepada Anda. Sesaat setelah seller menerima produk yang salah, maka Seller akan segera mengganti dan mengirim produk ke alamat Anda. Proses ini persis seperti Anda pertama kali melakukan pemesanan di elevenia. Anda akan menerima notifikasi / status di My Elevenia Anda mengenai produk pesanan Anda yang baru jika sudah dikirim oleh pihak Seller. Sebagai tambahan, proses ini akan memakan waktu sekitar 3-4 hari kerja, bergantung kepada lokasi seller dan lokasi Anda, sebagai buyer.

Jika berbicara estimasi waktu, keseluruhan proses penukaran / pengembalian ini akan memakan waktu sekitar 4 – 10 hari kerja. Jika ada hal yang hendak Anda tanyakan lebih lanjut, silakan langsung menghubungi customer service elevenia di (021) 500211 atau melalui email ke cs@elevenia.co.id

Selamat berbelanja dan mari belajar sebuah proses baru dalam belanja online! (IRL)

Share

Comments 7

  1. hendra sutrisno

    bagaimana cara penarikan kembali uang yg masuk setelah pemesanan di batalkan dari penjual karena pembayaran kurang namun untuk kekuranganya sudah di trasfer kembali..

    Reply
  2. Soegie

    Gak jelas uangku hilang dipoin

    Reply
  3. dewi alrosyidi

    Aduuuh, payah ini… saya sudah menghubungi CS elevenia untuk penjelasan proses penarikan poin, disuruh buka my elevenia, sudah saya buka tapi disitu gk ada petunjuknya. saya sangat kecewa sekali, apalagi untuk CS.nya yang mbulet/muter2 doang pas ngasih keterangan.

    Reply
  4. dewi alrosyidi

    Saya sudah menghubungi CS elevenia tapi keterangannya mbulet/muter2 tenrang penukaran poin.nya. saya kecewa sekali untuh hal ini.

    Reply
  5. angel

    Elevenia aplikasi yang tidak menjamin kepuasan pelanggan , hanya mementingkan sendiri .. uangku hilang juga di poin , sialll !!

    Reply
    • Lulu

      Ih jelek banget sih elevenia. Kesel. Diskonnya juga bohong. Seenaknya ambil-ambil uang orang

      Reply
  6. Praditya

    Manaaa barangkuuu?????
    Ga datang datang!
    Padahal udah di bayar tuh barang..

    Reply

Leave a Reply