Beauty & Health

Ketahuilah Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan

Sebagai masyarakat indonesia kita pasti sudah tidak asing lagi dengan gula aren. Gula aren merupakan salah satu jenis gula alami yang diproduksi dan dibuat dengan menggunakan bahan yang masih alami yang berasal dari buah aren. Gula ini berbeda dengan gula putih yang biasanya yang dibuat dari batang tebu, gula aren memiliki warna yang merah dengan tekstur yang lebih kasar dan tidak berbentuk Kristal seperti gula tebu. Oleh karena itu, gula aren lebih sering disebut dengan nama gula merah.

Produksi Gula Aren

Gula aren telah diproduksi di seluruh penjuru negeri, mulai dari ujung Sumatera sampai ke ujung timur Indonesia. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki sentra kerajinan pembuatan gula aren. Gula aren sendiri merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Selain itu, gula ini juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan masyarakat Indonesia.

Manfaat Gula Aren

Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Masakan

Gula aren sudah dimanfaatkan sejak dahulu sebagai salah satu bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan berbagai olahan khas Indonesia. Karena rasanya yang manis dan legit, gula aren menjadi salah satu pilihan utama dalam proses pembuatan makanan dan minuman yang menjadi ciri khas Indonesia.

Penambah Tenaga

Sebagian besar orang mungkin tidak mengetahui manfaat dari gula aren bagi kesehatan sebagai salah satu sumber tenaga. Gula aren mengandung kalori yang memang tidak tinggi. Akan tetapi, karena kandungan kalori yang rendah inilah yang menjadi kelebihan dari gula aren. Walaupun memiliki kalori yang rendah, tapi gula aren dapat memberikan tenaga dan energi yang cukup. Para pendaki gunung biasanya membawa bekal gula arena untuk menambah energi dan tenaga mereka ketika lelah dalam melakukan pendakian.

Mencegah Anemia

Dari segi kesehatan, gula aren memiliki manfaat yang cukup banyak bagi tubuh kita. Manfaat yang paling besar adalah gula arena dapat mencegah terjadinya anemia pada tubuh kita. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat besi pada gula aren yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah kekurangan darah atau yang sering disebut anemia.

Memperlancar Peredaran Darah

Manfaat kesehatan lainnya dari gula aren yang harus kamu ketahui adalah gula arena dapat membantu memperlancar peredaran darah pada tubuh kita. Jika peredaran tubuh kita lancar, makan tubuh kita dapat terhindar dari berbagai jenis gangguan-gangguan yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat membahayakan tubuh ketika peredaran darah di dalam tubuh kita terhambat dan tidak lancar:

  • Suplai oksigen ke otak berkurang, mengakibatkan menurunnya konsentrasi dan daya pikir
  • Kerja jantung menjadi lebih berat dan mengakibatkan gagal jantung
  • Suplai darah ke berbagai organ tubuh akan berkurang, sehingga akan menimbulkan gangguan pada organ – organ tubuh yang membutuhkan suplai darah yang optimal
  • Tubuh akan terasa cepat lelah dan juga lemas

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Gula aren yang asli bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas tubuh. Kandungan yang terdapat pada gula aren dapat memicu naiknya daya tahan tubuh, sehingga akan sangat baik bagi kesehatan kita. Apabila daya tahan tubuh kita meningkat, maka kita akan mendapatkan beberapa manfaat, diantaranya:

  • Sulit terserang penyakit
  • Selalu merasa segar dan fit dalam beraktivitas
  • Tidak mudah merasa lelah
  • Mengoptimalkan fungsi dan kinerja dari organ-organ dalam tubuh

Menjaga Kadar Kolestrol Tubuh

Niacin merupakan salah satu kandungan terpenting yang terdapat pada gula arena yang bermanfaat untuk membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap terjaga. Hal ini berarti dengan mengkonsumsi gula aren, kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh akan kembali normal. Jika kadar kolesterol pada tubuh terlalu tinggi, maka hal tersebut akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini merupakan beberapa kemungkinan buruk yang akan terjadi jika kadar kolesterol dalam tubuh tidak terjaga dengan baik:

  • Diabetes
  • Jantung coroner
  • Stroke
  • Asam urat
  • Tubuh menjadi lemas lesu dan lemah
  • Mudah mengantuk
  • Kurang konsentrasi
  • Sesak nafas

Sebagai Campuran Pada Ramuan Obat Tradisional

Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah dan ramuan obat tradisional, atau yang lebih kita kenal dengan sebutan jamu yang sangat beragam jenisnya. Untuk membuat jamu dengan kualitas terbaik, biasanya orang-orang mencampurkan gula aren dengan bahan herbal alami yang mudah ditemukan di apotek hidup. Selain berfungsi sebagai pemanis, gula aren juga berfungsi untuk memaksimalkan khasiat dari ramuan herbal dan jamu yang akan dikonsumsi. Ramuan dan jamu ini biasanya efektif dalam menyembuhkan beberapa penyakit ringan, seperti:

  • Asam urat
  • Reumatik
  • Pegal-pegal
  • Masuk angin
  • Demam
  • Flu dan batuk

Sebagai Bahan Pemanis Rendah Kalori

Gula merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki rasa yang manis dan legit. Akan tetapi, saat ini sebagian besar orang tidak menyukai dan menghindari gula putih karena dianggap memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi dan dapat menyebabkan obesitas hingga penyakit diabetes. Berbeda dengan gula putih, gula aren masih aman apabila dikonsumsi dalam batasan yang wajar. Hal ini dikarenakan kandungan kalori pada gula aren yang relative lebih rendah dibandingkan dengan gula putih biasa.

Itulah beberapa manfaat dari gula aren yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply