Fashion

Ketahuilah Jenis Perhiasan Pengantin India dan Hubungannya Dengan Wanita

Jangan Lupa Share ya

Ketika kamu menonton film India, tentu saja kamu akan melihat beberapa wanita India yang mengenakan berbagai jenis perhiasan, yang paling umum adalah gelang dan anting-anting. Jika wanita India memakai semua jenis perhiasan tersebut, maka mereka akan lebih terlihat seperti toko emas berjalan. Mereka mengenakan emas tersebut mulai dari ujung kepala hingga ke ujung kaki. Pasti kamu penasaran mengenai hubungan antara wanita India dengan perhiasan yang selalu mereka gunakan, bukan? Berikut ini penjelasan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

  • Tujuan wanita India dalam memakai perhiasan adalah agar terlihat lebih menawan.
  • Sebagian besar perhiasan yang mereka gunakan melambangkan para dewa atau beberapa simbol tertentu yang mereka yakini.
  • Terdapat banyak sekali bahan baku yang digunakan oleh orang India untuk membuat perhiasan. Akan tetapi, perhiasan yang paling banyak diminati adalah yang dibuat dari bahan dasar emas. Karena di India, emas merupakan salah satu bentuk kesejahteraan. Bahkan orang India pasti menggunakannya meskipun hanya sedikit. Bahkan bagi orang yang memiliki banyak uang, perhiasan tersebut biasa mereka padukan dengan berbagai jenis batu mulia.
  • Dalam acara pernikahan, biasanya emas tersebut sering dibawa oleh pihak pengantin wanita yang memperlihatkan tingkat kesejahteraan dari wanita tersebut. Oleh karena itu, semakin banyak merekan membawa emas maka ini menunjukkan bahwa semakin sejahtera hidupnya. Selain itu, banyak pula orang India yang mempercayai bahwa jika mereka menggunakan perhiasan emas, maka akan membawa kebahagiaan dan keberuntungan dalam hidupnya.
  • Perhiasan india dengan bahan emas sebenarnya sangat erat dengan kepercayaan dari agama mereka. Dimana emas dianggap salah satu simbol dari hindu yaitu Dewi Lakshmi dan dianggap salah satu hal yang sangat menguntungkan dan salah satu tanda baik. Walaupun ada banyak anting dan kalung yang terbuat dari emas, namun perhiasan India tidak ada cincin dan gelang kaki yang terbuat dari emas, karena emas adalah lambang dewa maka tidak boleh menyentuh bagian kaki.

Itulah mengapa perhiasan India sangat erat dengan masyarakat mereka. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui bahwa ada beberapa macam aksesoris cantik yang banyak digunakan oleh wanita India sebagai perhiasan wajibnya ketika menikah di antaranya:

Jenis Perhiasan Pengantin India 

Perhiasan India Bangles

Bangles sebenarnya adalah salah satu jenis gelang. Hanya saja cara menggunakannya yang cukup berbeda dengan penggunaan dari gelang biasanya. Jika biasanya kamu hanya menggunakan 1 hingga 4 gelang saja, maka berbeda halnya dengan para wanita India. Karena, mereka biasanya menggunakan gelang atau bangles ini dengan jumlah yang sangat banyak bahkan ada pula yang menggunakannya hingga 12 gelang di satu pergelangan tangan mereka.

Jenis perhiasan di bagian kepala

Ada tiga jenis aksesoris kepala yang memang sangat sering digunakan oleh mereka wanita India. Perhiasan pada bagian kepala ini biasanya disebut dengan Matha Patti, Maang Tikka dan juga Jhumar. Mattha Patti adalah jenis perhiasan pada bagian kepala yang mana biasanya digunakan untuk menutupi bagian dari perbatasan antara rambut dan juga kening. Maang Tikka adalah jenis perhiasan pada bagian kepala yang letakkan di bagian belahan rambut dari wanita. Perhiasan ini biasanya ada di bagian ujung yang menggantung di bagian tengah kening dan bentuknya agak bundar serta mirip dengan liontin untuk kalung, dimana untuk detailnya memang sangat rumit dan sangat indah. Pada bagian bawah Maang Tikka sendiri terdapat titik bindai yang terletak di kening wanita dan biasanya banyak digunakan oleh wanita India Hindu.

Sedangkan Jhumar adalah salah satu jenis perhiasan yang diletakkan pada bagian kepala dan sering digunakan oleh wanita India dimana mereka sering memasangkannya di bagian kiri rambut dengan bentuk yang hampir mirip dengan layang – layang atau hampir mirip dengan segitiga. Biasanya perhiasan ini paling banyak digunakan oleh wanita muslim india.

Ketiga jenis perhiasan kepala ini biasanya akan banyak dilihat pada acara tertentu atau perayaan tertentu. Namun ada juga yang menggunakannya di acara biasa dengan meletakkan di rambut yang disanggul atau digerai.

Perhiasan India Bindi

Sebenarnya bindi adalah salah satu perhiasan kecil yang khas dari india. Bindi biasanya banyak digunakan pada wanita di bagian tengah dahi agak diatas alis. Beberapa wanita Hindu india biasanya menggunakan perhiasan ini sebagai salah satu simbol agama atau simbol dari statusnya yang sudah menikah. Namun, tak sedikit pula yang menggunakan bindi ini sebagai salah satu aksesoris yang dekoratif.

Perhiasan dupatta

Wanita India yang menggunakan salwar kameez ini biasanya menggunakan jenis selendang yang panjang di bagian kepala atau bagian lehernya. Dupatta sendiri sebenarnya adalah scarf atau jenis selendang dari khas india yang mana fungsi aslinya adalah sebagai tempat untuk menutup bagian dada atau bagian kepala dari wanita India. Dupatta ini biasanya adalah jenis kain motif india dengan bentuk yang ringan dan juga panjang.

Perhiasan India pada bagian hidung

Satu lagi perhiasan India yang dianggap sangat khas. Perhiasan yang satu ini sering kita lihat pada wanita India yang sering menggunakannya. Perhiasan yang diletakkan di bagian hidung ini memiliki ukuran yang kecil serta ada pula yang besar. Biasanya perhiasan India dengan bentuk cincin ini digunakan untuk acara tertentu, misalnya untuk acara pernikahan atau acara biasa namun agak formal.

Itulah berbagai jenis perhiasan yang biasa digunakan oleh pengantin India. Semoga semakin menambah wawasan kita mengenai kebudayaan yang ada di dunia. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply