Gadget & Photography

Ketahui Perbedaan iPhone 5s Asli dan Replika

Jangan Lupa Share ya

iPhone 5s adalah ponsel canggih keluaran Apple yang diproduksi untuk ditargetkan pada kalangan hight-end dengan desain solid dan terkesan premium untuk menarik para konsumen. Keluaran sebelumnya iPhone 4 telah sukses menyasar konsumen di beberapa negara. Kesuksesan produk ponsel canggih ini tentu akan memicu kemunculan produk yang menyerupai Apple iPhone 5s.

Di indonesia hal itu tentu sangat memungkinkan, dilihat dari pelaku kejahatan membuat produk tiruan atau replika banyak berada di Indonesia. Kita sebagai konsumen tentunya harus cerdas dan hati-hati dalam memilih produk yang akan kita beli. Untuk itu, mari kita cek apa saja ciri-ciri perbedaan dari Apple iPhone 5s asli dengan yang replika.

Resolusi Layar

iPhone 5s yang memiliki layar 4.0 inchi dengan resolusi 640 x 1136 pixels (~326 ppi pixel density). Sehingga kecerahan dan kerapatan pixel pada layar yang sangat bagus. Sedangkan tingkat kecerahan pada iPhone 5s replika lebih buram.

Kualitas Kamera Primer

iPhone 5s asli memiliki kamera belakang dengan lensa 8 mega pixel dilengkapi dengan f/2.4, 33mm, LED flash, autofocus, dan ditambah fitur yang melimpah seperti 1/3.2″ sensor size, 1.4 µm pixel size, HDR (photo), geo-tagging, touch focus, face detection, panorama serta kemampuan merekam video HD 1080p@30fps. Ketika kamu menggunakannya untuk melakukan foto dan merekam video, maka hasilnya sangat bagus apalagi ketika berada pada pencahayaan yang natural.

Sedangkan ketika digunakan untuk mengambil gambar atau video pada iPhone 5s replika, hasilnya tidak jelas dan lebih buram.

Kualitas Kamera Sekunder

Untuk selfie, iPhone 5s asli memiliki kamera berlensa 1.2 mega pixel dengan dukungan f/2.4, 35mm, face detection, FaceTime over Wi-Fi or Cellular dan kemampuan merekam video HD 720p@30fps, sehingga sangat puas digunakan untuk selfie. Sedangkan pada iPhone 5s palsu tidak memiliki fitur selengkap kamera iPhone 5s asli. Tujuannya, agar pelaku tidak mengeluarkan biaya produksi yang banyak. namun akan tetap mendapat keuntungan dengan bersaing dari segi harga.

Kapasitas RAM

Pada iPhone 5s asli digunakan kapasitas RAM 1 GB DDR2. Biasanya produk-produk replika atau palsu akan menggunakan RAM yang lebih kecil dibandingkan dengan ukuran aslinya. Kemungkinan iPhone 5s replika menggunakan RAM 512 MB dan yang paling tinggi biasanya 768 MB saja.

Kapasitas Internal Memori

iPhone 5s asli memakai internal berukuran 16/32/64 GB. Sedangkan pada iPhone 5s replika, memori internal lebih kecil. Biasanya memori internal hanya 8 GB saja.

Tidak Support MicroSD

Perlu kamu ketahui dan ingat bahwa iPhone 5s asli tidak mendukung memori eksternal atau microSD. Jadi jika kamu menemukan atau ditawarkan perangkat iPhone 5s yang support memori penyimpanan eksternal, maka sudah dipastikan kalau produk itu adalah replika.

Versi iOS

iPhone 5s asli menggunakan iOS 6 yang bisa di update ke iOS 10.1. Biasanya, pada iPhone 5s replika menggunakan versi iOS abal-abal yang telah dimodifikasi sedemikian rupa agar terlihat sama dengan yang asli.

Kualitas Hardware

CPU pada iPhone asli dapat berfungsi mengatur kecepatan pemprosesan data, Chipset pada iPhone 5s berfungsi untuk mengatur kecepatan aliran data, dan GPU berfungsi untuk menjalankan grafis dan aplikasi berat lainnya. iPhone 5s asli memakai hardware sbb:

  • Chipset: Apple A6
  • CPU: Dual-core 1.3 GHz Swift (ARM v7-based)
  • GPU: PowerVR SGX 543MP3 (triple-core graphics)

Jika kamu menemukan atau ditawarkan Apple iPhone 5s dengan hardware yang tidak seperti di atas. Maka iPhone tersebut adalah replika.

Fitur Jaringan

iPhone 5s yang asli sudah disupport dengan berbagai jaringan dari 2G, EDGE, 3G, HSDPA dan 4G serta kecepatan LTE Cat3 100/50 Mbps dan jaringan EV-DO Rev.A 3.1 Mbps. iPhone 5s asli juga didukung GPS dan WIFI. Sedangkan yang replika, hanya memakai jaringan 3G dan tentu tidak memiliki fitur selengkap yang asli.

Sekor Transfer File

Dalam melakukan transfer, iPhone 5s asli menggunakan koneksi Bluetooth v4.0 dengan dukungan A2DP, LE. Selain itu juga ada fitur USB V2. Sedangkan pada iPhone 5s replika, dia hanya mendukung versi Bluetooth yang lebih rendah dan akhirnya proses transfer file jadi melambat.

Kelengkapan Sensor

iPhone 5s memiliki sensor yang lengkap yaitu, Accelerometer, proximity, gyro, dan compass. Sedangkan pada iPhone 5s replika hanya memiliki beberapa sensor saja.

Keberadaan Apps Store

Nah, harus kamu ketahui bahwa pada iPhone 5s asli terdapat Apps Store milik Apple. Jadi jika di iPhone 5s kamu tidak aplikasi tersebut, tentu iPhone 5s yang kamu miliki adalah palsu. Pada iPhone replika aplikasi tersebut hanya sebagai hiasan, jadi ketika kamu membukanya maka kamu akan dibawa ke web yang lain dan tidak jelas.

Nah, itulah beberapa perbedaan dari iPhone 5s dan replika. Bagi kalian yang berencana membeli iPhone 5s ini, tentu harus berhati-hati dan cerdas dalam memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhan. Ingat, produk yang asli tidak akan memberikan harga yang cuma-cuma, jadi jika ditawarkan dengan harga yang murah kamu patut mencurigainya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kamu ya! (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply