Fashion

Ketahui Perbedaan Alaskan Malamute dan Siberian Husky

Jangan Lupa Share ya

Banyak orang bertanya-tanya apakah alaskan malamute dan siberian husky memiliki perbedaan. Bagi yang baru memiliki diantara kedua hewan tersebut pasti ingin mengetahui perbedaannya. Kedua hewan tersebut memang berasal dari bagian dunia yang paling dingin. Malmute berasal dari Alaska yang merupakan ujung dari benua Amerika, sedangkan Husky berasal dari Siberian (Rusia).

Banyak orang yang  mengatakan kedua anjing ini merupakan ras anjing yang melakukan kawin silang dengan serigala, namun hingga saat ini belum ada kebenaran dari pernyataan tersebut. Beberapa ahli ada yang mengatakan bahwa tidak ada campuran antara kedua jenis ini dengan serigala, husky dan malamute adalah original breed yang menjadi anjing domestik di daerah mereka.

Malamute dan husky digunakan menjadi pembawa kereta salju oleh penduduk setempat pada zaman dulu. Hal itu karena kedua anjing tersebut memiliki kekuatan dan kecepatan yang baik untuk membawa kereta salju. Kedua hewan ini memiliki kemampuan mudah akrab dengan manusia seperti kebanyakan anjing lainnya. selain itu, kedua anjing ini memiliki kecerdasan sehingga mudah dilatih. Nah kali ini mari kita simak apa saja yang menjadi perbedaan diantara dua anjing ini selain dari asalnya.

Perbedaan Alaskan Malmute dengan Siberian Husky

Bulu

Dilihat dari bulunya, kedua anjing ini memiliki berbedaan dari ketebalannya. Anjing Alaskan malamute biasanya memiliki bulu yang tebal. Hal itu dikarenakan Alaskan malamute adalah anjing berasal dari Alaska, seperti yang kita ketahui bahwa Alaska adalah tempat yang memiliki cuaca sangat dingin. Sedangkan Siberian husky tidak memiliki bulu yang tebal namun walaupun demikian Siberian husky memiliki bulu yang padat.

Postur Tubuh

Perbedaan Alaskan malamute dan Siberian husky juga dapat dilihat dari postur tubuhnya. Alaskan malamute memiliki postur tubuh yang sangat besar dan gempal, hal tersebut juga dikarenakan tulangnya yang besar serta bulunya yang tebal. Dengan demikian Alaskan malamute terlihat lebih gagah dan terkadang menyeramkan. Rata-rata tinggi  dari Alaskan malamute jantan dewasa adalah 25 inc dengan berat 85 lbs. untuk Alaskan malamute betina dewasa memiliki tinggi 23 inc dengan berat 75 lbs. sebenarnya Alaskan malamute tidak ada ukuran yang pasti, karena terkadang Alaskan malamute betina malah lebih besar dari yang jantan atau terkadang Alaskan malamute betina bisa melahirkan malamute jantan yang lebih besar dari induknya. Sedangkan Siberian husky memiliki postur tubuh yang lebih ramping dibandingkan dengan Alaskan malamute. Hal itu karena Siberian husky memiliki tulang yang kecil, namun walaupun demikian Siberian husky tetap ideal sebagai hewan peliharaan. rata-rata tinggi dan berat badan dari Siberian husky adalah sekitar 20inc-22inc dengan berat badan sekitar 35 lbs – 50 lbs untuk betina, sedangkan jantan memiliki rata-rata tinggi sekitar 21 inc – 24 inc dengan rata-rata berat sekitar 45 lbs – 60 lbs.

Wajah dan mata

Perbedaan Alaskan malamute dan Siberian husky dapat sangat terlihat signifikan atau jelas dari segi mata dan wajahnya. Siberian husky memiliki warna mata yang biru dan juga terkadang berwarna kuning atau campuran dari warna kuning dan biru dengan wajah yang menyenangkan. Sedangkan Alaskan malamute, memiliki mata yang berwarna cokelat atau hitam dengan bentuk seperti biji almond. wajah dari Alaskan malamute lebih kalem (cool) dan terlihat tidak peduli dengan keadaan sekitar. Namun itulah yang menjadi daya tarik dari anjing satu ini.

Harga

Dilihat dari harga, Alaskan malamute memiliki harga yang sangat mahal, bahkan orang bilang harga anjing tersebut selangit. Sedangkan untuk Siberian husky, dia memiliki harga yang relative terjangkau, sehingga sudah banyak orang-orang yang memeliharanya berbeda dengan Alaskan malamute yang hanya orang-orang tertentu saja yang dapat memilikinya. Jika kamu bandingkan perbedaan harga antara anjing Alaskan malamute dan Siberian husky adalah sekitar 4:1.

Kemampuan

Dilihat dari kemampuan Siberian husky memiliki kecepatan yang sangat bagus, bahkan kecepatannya sebanding dengan kuda balap, namun Siberian husky hanya mampu membawa beban yang tidak terlalu berat. Sedangkan Alaskan malamute memiliki kecepatan yang lebih lambat dari Siberian husky, akan tetapi walaupun demian Alaskan malamute dapat membawa beban yang lebih berat. Hal itu karean Alaskan malamute memiliki postur tubuh yang lebih besar.

Nah demikian itulah perbedaan dari Siberian husky dan Alaskan malamute. Memang keduanya sekilas seperti sama, namun jika diperhatikan lagi ternyat kedua anjing malamute dan husky tersebut memiliki banyak perbedaan. Satu info yang perlu kamu ketahui, ternyata sekarang ini banyak yang mengawin silangkan anjing Alaskan malamute dengan jenis anjing yang lain. Hal ini menjadikan Alaskan malamute tidak lagi asli atau sudah tercampur dengan jenis lainnya. jika kamu berniat untuk memelihara Alaskan malamute kamu harus lebih hati-hati memihnya, karena siapa tahu yang kamu dapatkan bukan yang asli atau murni, namun yang hasil kawinannya dengan anjing lain. Beberapa info tersebut semoga bermanfaat bagi kalian para pencita hewan. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply