Home /Food

Ketahui Cara Membuat Mentega Hanya dengan Susu UHT

Jangan Lupa Share ya

Susu UHT merupakan susu yang diolah dengan menggunakan suhu tinggi, sehingga bakteri, mikroba atau pun virus akan terbunuh dan mati. UHT merupakan singkatan dari Ultra High Temperature, dan susu ini, boleh dikonsumsi dan aman oleh anak-anak di atas usia 1 tahun karena tidak ada kandungan bahan pengawet. Susu UHT dapat disimpan kurang lebih 6 sampai 10 bulan karena susu UHT bebas spora dan mikroba.

Mentega merupakan produk dari hasil pengolahan susu yang dibuat dengan cara mengaduk krim yang diperoleh dari susu. Cara pembuatan mentega sendiri tidaklah sulit, tetapi tetap memerlukan kesabaran dan ketelatenan.

Banyak yang salah mengartikan mentega sama dengan margarin. Mentega berbeda dengan margarin, mentega terbuat dari lemak hewani yaitu berasal dari susu yaitu pemisahan krim susu dengan skim susu yang selanjutnya mengalami beberapa proses sehingga jadilah mentega. Sedangkan margarin terbuat dari minyak sayur atau lemak nabati yang diperoleh dengan cara dipadatkan dengan menggunakan proses hidrogenasi

Buat kamu yang ingin memproduksi atau membuat mentega di rumah sendiri, kamu bisa menggunakan susu UHT yang tentunya harganya lebih terjangkau dibandingkan susu murni. Selain itu, susu UHT juga memiliki kualitas yang bagus untuk bahan pembuatan mentega. Berikut merupakan cara pembuatan mentega dengan menggunakan susu UHT.

Cara Pembuatan Mentega


Pembuatan mentega dengan susu UHT sekarang menjadi kesukaan para pembuat mentega rumahan, selain harga bahan yang terjangkau, pembuat mentega cukup menambahkan garam saja dalam pembuatan mentega ini. Berikut merupakan bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan mentega.

  1. Susu UHT

Kemudian, untuk alat-alat yang diperlukan adalah sebagai berikut,

  1. Cream separator, berfungsi untuk memisahkan krim yang telah terbentuk pada susu.
  2. Alat pemanas yaitu panci dan kompor
  3. Churn atau alat pengocok

Setelah alat dan bahan telah tersedia, kamu bisa membuat mentega dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Siapkan susu UHT
  2. Kamu pisahkan krim susu dari skim susu menggunakan alat pemisah atau cream separator.
  3. Apabila tidak memiliki cream separator, kamu dapat menggunakan cara, masukkan susu UHT dalam wadah transparan lalu diamkan di dalam kulkas atau lemari pendingin dengan suhu 5-10º C minimal 12 jam atau seharian sampai kamu melihat terdapat krim yang sudah mengendap pada bagian atas susu. Lapisan atau endapan di bagian atas susu berwarna kuning.
  4. Kamu ambil lapisan berwarna kuning dengan memakai sendok agar terpisah antara skim susu dan krim susu.
  5. Untuk satu galon susu UHT, umumnya akan diperoleh dua gelas sampai empat gelas krim.
  6. Agar mentega lebih awet atau tidak cepat membusuk, kamu bisa mendiamkannya selama 12 jam dalam suhu ruang sampai krimnya berbau sedikit agak asam.
  7. Aduk krim yang telah kamu diamkan tadi sampai terlihat mentega dan dadihnya terpisah. Agar memudahkan, kamu bisa mendiamkan menteganya dalam toples atau wadah transparan, sehingga kamu tinggal mengocoknya saja, atau kamu juga bisa menggunakan blender dengan kekuatas sedang lalu rendah sampai terlihat ada gumpalan-gumpalan yang mengendap di atas.
  8. Pisahkan mentega dari dadihnya.
  9. Setelah benar-benar terpisah, kamu bisa membungkus mentega dengan kain kasa dan lakukan perendaman mentega pada air dingin. Perendaman ini berguna untuk membersihkan mentega. Selain membersihkan mentega, juga dapat untuk mengangkat krim yang masih tertinggal dalam mentega.
  10. Setelah air perendaman, berubah warna maka cepat ganti air tersebut dan ulangi prosesnya hingga air tidak lagi berubah warnanya.
  11. Setelah proses perendaman, selanjutnya remaslah mentega menggunakan benda yang memiliki permukaan buat seperti sendok kayu, dengan cara buanglah kain pembungkus mentega terlebih dahulu, kemudian gunakan sendok kayu untuk mengaduk dan meremas mentega. Cara tersebut bertujuan agar mentega tidak memiliki kandungan air sama sekali.
  12. Masukkan mentega dalam wadah atau cetakan yang kamu inginkan kemudian tekan-tekan dengan kuat agar menteganya menjadi padat.
  13. Setelah itu, kamu dapat menggunakan mentega sesuai dengan kebutuhan. Mentega yang tidak digunakan, ada baiknya disimpan dalam lemari pendingin agar tahan lama.
  14. Apabila kamu ingin menambahkan sedikit rasa, kamu bisa menambahkan garam saat pengadukan mentega sebelum mentega dipadatkan.
  15. Selain menambahkan rasa, garam juga dapat berfungsi untuk menjadikan mentega lebih tahan lama.

Itulah langkah-langkah disertai dengan penjelasan dalam pembuatan mentega hanya dengan berbahan dasar susu UHT. Bagi kamu yang ingin membuat mentega dengan bahan-bahan yang mudah kamu dapatkan kamu bisa menggunakan cara tersebut. Seperti, mengganti alat cream separator dengan sendok atau selang kecil. Mengganti alat pengocok dengan wadah lain yang sesuai sehingga kamu tidak perlu ragu untuk meproduksi atau membuat mentega rumahan seperti yang kamu inginkan. Semoga bermanfaat.

BACA JUGA! INILAH PERBEDAAN MENTEGA DAN MARGARIN YANG PERLU DIKETAHUI

Jangan Lupa Share ya

Putri

SEO Content
"Wherever life plants you, bloom with grace."
Putri

Leave a Reply