WHAT'S HOT

Kenali Keanekaragaman Ciri Batik Indonesia

Jangan Lupa Share ya

SELAMAT HARI BATIK NASIONAL 2015 elevenians!

Batik, harta pusaka kebanggaan Indonesia yang telah mendunia. Tahukah Anda bahwa batik berasal dari singkatan “Banyak Titik”? Kata Batik, diambil dari kata “ambatik” yang berarti kain dengan titik kecil. Maka dari itu, tidak heran kan, jika corak Batik Indonesia memiliki banyak titik?

Sebagai warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO pada 2009, sudah sepantasnya jika Batik dilestarikan dan bahkan dikembangkan oleh anak bangsa. Keunikan Batik sendiri bisa dilihat dari bahan, warna serta corak. Batik di seluruh Indonesia memiliki keunikan dan kekhasannya masing-masing. Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, tim blog elevenia ingin memperkenalkan beberapa ciri khas batik di berbagai daerah di Indonesia. Ini dia!

Batik Aceh

Batik Aceh motif Pintu Aceh. Foto diambil dari batik-online-shop.blogspot.co.id
Batik Aceh motif Pintu Aceh. Foto diambil dari batik-online-shop.blogspot.co.id

Ciri khas yang bisa dilihat dari batik Aceh adalah warnanya yang cenderung cerah seperti warna merah muda, merah, kuning, hijau dan lain sebagainya. Untuk corak, batik Aceh memiliki ciri khas menggunakan perpaduan unsur alam dan budaya serta masyarakat Aceh. Dalam lukisan corak mereka, Batik Aceh seakan seperti ‘bercerita’ melalui simbol. Corak batik Aceh yang paling terkenal adalah motif pintu Aceh, motif tolak angin, awan berarak, bunga jeumpa, awan meucanek, gayo, rencong dan pucok reubong.

Batik Yogyakarta

Batk Yogyakarta

Corak batik ini mungkin adalah corak batik yang paling dikenal di masyarakat. Batik dari Yogyakarta mempunyai kain dasar putih atau hitam. Batik Yogyakarta sangat terkenal sejak kerajaan Mataram 1. Pada waktu itu, Batik adalah pakaian untuk keluarga kerajaan. Untuk corak pada batik Jogja, dipengarui oleh budaya Hindu-Jawa. Corak yang paling terkenal adalah parang, sido asih, kawung, sekar jagad dan truntum.

Batik Pekalonan

jlamprang
Motif Jlamrang – Foto diambil dari batiksfabric.com

Batik Pekalongan mempunyai motif yang mirip dengan batik Yogyakarta ataupun Solo. Bedanya, batik Pekalongan lebih bebas memodifikasi warna sehingga menarik mata. Mungkin, ini adalah sebabnya kenapa batik di Pekalongan begitu terkenal dan beragam. Corak Batik Pekalongan yang paling terkenal adalah Batik Jlamprang. Saking terkenalnya, nama Jlamrang dijadikan nama sebuah jalan di Pekalongan.

Batik Cirebon

peksi-naga-liman
Corak Peksi Naga Liman

Berbicara mengenai Cirebong, tentu saja Anda akan ingat batik. Mungkins ebagian dari Anda akan langsung mengingat Desa Trusmi. Tempat pembuatan Batik paling terkenal di Cirebon. Ciri khas dari Batik Cirebon terletak pada warnanya yang yang cerah. Ini dipengaruhi oleh pedagan Cina, India dan Arab. Corak Batik Cirebon yang khas adalah flaura dan fauna. Yang paling terkenal adalah corak Naga Liman, Putri Cina dan Mega Mengandung.

Nlyliyani.wordpress

Batik Solo

Batiksolo
Foto diambil dari vizatta.viuza.com

Ciri khas batik Solo terletak pada coraknya yang memiliki perpaduan dari bentuk-bentuk geometris yang berukuran kecil-kecil. MotifBatik Solo sendiri dipengaruhi oleh makna simbolis Kebudayaan Hindu. Ciri khas batik Solo terletak di warnanya yang lebih cenderung coklat dan hitam.

Batik Kalimantan

Foto diambil dari www.batik-sasirangan.com
Foto diambil dari www.batik-sasirangan.com

Batik Kalimantan memiliki corak yang yang variatif dan ramai. Wanrna yang digunakan dalam batik Kalimantan pun cenderung ramai dan senada namun beraneka. Corak yang paliing terkenal di Kalimantan Selatan adalah motif Sasirangan. “Sa” memiliki arti satu dan “sirang” artinya “jelujur”. Sesuai dengan proses pembuatannya, dimana di jelujur, di simpul jelujurnya kemudian di celup untuk pewarnaannya.

Jangan Lupa Share ya

Comments 4

  1. batik indonesia mempunyai ciri dan warna khas yang tidak ada dimiliki oleh negara lain

    Reply
  2. Keanekaragaman batik menandakan Indonesia sangat kaya akan budaya dan tidak sama dengan negara lainnya.

    Reply
  3. pusat grosir seragam batik

    saya senang berkunjung di web ini, semoga makin maju, salam dari pusat grosir seragam batik dan jual seragam batik

    Reply
  4. saya senang berkunjung di web ini,semoga makin maju,salam dari pusat grosir seragam batik dan jual seragam batik

    Reply

Leave a Reply