Beauty & Health

Kenali Jenis Jerawat Dan Penyembuhannya

Jerawat

Jerawat merupakan salah satu hal yang paling ditakuti banyak orang. Selain membuat wajah tampak kusam, jerawat juga sangat mengganggu penampilan. Ada berbagai bahan alami yang dipercaya dapat menyembuhkan jerawat. Akan tetapi jika ingin melakukan penyembuhan secara medis, Anda bisa berkonsultasi pada dokter kulit di klinik kecantikan.

Sebelum datang ke klinik kecantikan, ada baiknya Anda mengetahui jenis jerawat yang sedang Anda hadapi dan juga alternatif penyembuhannya.Menurut  Macrene Alexiades Armenakas, seorang asisten profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine, jerawat dibagi menjadi tiga kategori utama sebagai berikut:

  1. Comedonal acne
    Comedonal acne adalah jerawat jenis ringan yang melibatkan komedo dan whiteheads. Komedo dan whiteheads muncul karena komponen minyak pada kulit yang disebut sebum bersama dengan sel-sel kulit mati menutup pori-pori kulit.  Comedonal acne paling sering muncul pada dahi, hidung, dan dagu. Sebagian besar kasus jerawat ringan ini dapat diobati dengan krim dan gel. Dokter di klinik kecantikan biasanya akan menggabungkan retinoid topikal dengan antibiotik oral, seperti doxycycline, tetracycline, minocycline, atau eritromisin yang mampu membunuh bakteri penyebab peradangan di sekitar pori-pori kulit yang tersumbat. Jerawat ringan biasanya dipicu penggunaan kosmetik yang berlebihan dan tidak menjaga kebersihan kulit  wajah.
  2. Inflammatory acne

Inflammatory acne disebut juga peradangan jerawat. Peradangan ini terjadi ketika area tepat di bawah lapisan kulit memerah dan meradang.Hal ini disebabkan kurang tepatnya penanganan pada kulit berjerawat tipe pertama. Untuk mengobatinya, Anda bisa melakukan perawatan dengan laser pada kulit wajah untuk menekan pertumbuhan bakteri penyebab terjadinya jerawat. Selain itu Anda juga bisa melakukan chemical peeling menggunakan masker khusus dengan bantuan terapis di klinik kecantikan yang Anda pilih.

  1. Cystic acne

Cystic acne adalah bentuk yang paling parah dari jerawat yang timbul karena adanya infeksi di daerah kulit berjerawat. Jerawat jenis ini menyebabkan rasa sakit pada kulit dan merusak jaringan epidermis sehingga menimbulkan luka parut. Untuk jerawat jenis ini, acne removal merupakan pilihan tepat. Dokter di klinik kecantikan Anda akan melakukan prosedur yang disebut “drainage and extraction” untuk menghilangkan pusat jerawat. Prosedur ini membantu mengurangi rasa sakit pada kulit yang berjerawat dan juga mencegah timbulnya luka parut di kulit.

Sangat disarankan bagi Anda yang memiliki jerawat cukup parah untuk berkonsultasi pada dokter di klinik kecantikan. Berusaha mengobati jerawat sendiri malah akan memperparah keadaan dan menimbulkan infeksi. Selain melakukan perawatan di klinik kecantikan, Anda juga disarankan selalu menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat yang penuh nutrisi. Kurangi makanan berminyak yang dapat memicu timbulnya jerawat. (Putri)

 

Share

Leave a Reply