Home & Garden

Kenali Fungsi Pisau Yuk!

PISAU VICENZA

Sebuah pisau adalah benda yang paling umum ditemukan di dapur. Alat pemotong ini tentu saja memainkan peran besar dalam semua masakan Anda. Namun, kebiasaan orang pada umumnya adalah menggunakan 1 pisau untuk segala pemotongan. Tahukah Anda bahwa setiap pisau mempunyai fungsi dan kegunaannya masing-masing? Berikut adalah bentuk, nama dan fungsi masing-masing sebuah pisau.

Pisau Chef’s/Pisau Serbaguna

Foto diambil dari www.carigold.com
Foto diambil dari www.carigold.com

Pisau ini adalah pisau yang paling umum digunakan. Namanya adalah “Chef’s Knife” atau biasa juga disebut dengan “pisau serbaguna”. Bentuknya besar dan mempunyai genggaman yang pas untuk 1 tangan. Pisau ini bisa digunakanunutk memotong segala bahan makanan.

 

Serrative Knife/Pisau Roti

grand-prix-bread-knife-zoom
Photo diambil dari shop.honeyville.com

Pisau Roti adalah pisau yang memiliki ciri gerigi berbentuk tipis di bagian bawah. Gerigi yang berbentuk tipis ini dirancang untuk memotong bahan makanan seperti roti atau kue dengan halus dan lembut. Meski tidak disarankan, pisau ini masih bisa digunakan untuk memotong sayur, pisau ini masih bisa digunakan untuk sayur yang memiliki tekstur kulit luar yang licin seperti tomat, terong dan mentimun.

 

Cleaver Knife/Pisau Besar

Photo diambil dari www.sabatier-shop.com
Photo diambil dari www.sabatier-shop.com

Pisau yang satu ini bisa dikatakan lebih berat jika dibandingkan pisau-pisau yang lain. Pisau seperti ini dikatakan lebih mungkin lebih baik digunakan untuk memotong bahan makanan yang sulit seperti daging. Dengan bentuknya yang kokoh, pisau ini cocok sekali untuk memotong dagingn dengan tulangnya. Pisau ini juga sering disebut sebagai “Chinese Chef Knife” karena pisau seperti ini sering sekali digunakan oleh juru masak di Cina.

 

Fillet Knife – Pisau Pemisah

pisaufillet
Foto diambil dari: suggestkeyword.com

Jangan heran jika pisau yang satu ini tidak tajam untuk memotong sayur. Pisau fillet, atau nama lainnya‘pisau pemisah’ adalah pisau berbentuk lancip yang memiliki fungsi memisahkan daging dari tulangnya. Bentuk pisau ini memanjang dan dan ramping. Pisau Fillet biasa digunakan untuk membauat irisan yang tipis pada daging dan membuang lemak dan urat. Pisau ini juga dapat digunakan untuk membuat irisan daging yang tipis.

Slicing Knife / Pisau Iris

Foto diambil dari: suggestkeyword.com
Foto diambil dari: suggestkeyword.com

Pisau ini digunakan untuk mengiris kulit pada buah dan sayuran. Bentuknya mirip dengan pisau serbaguna (Chef’s Knife). Perbedaannya adalah pisau ini khusus dirancang untuk mengris kulit pada buah dan sayur setipis mungkin agar tidak terlalu mengambil banyak daging.

PISAU VICENZA
Buy here: http://www.elevenia.co.id/prd-vicenza-pisau-set-warna-v920k-3692838

Jika membeli semua pisau ini secara terpisah, mungkin akan repot ya? Maka dari itu, kami menawarkan semua pisau in dalam bentuk satu set! Dapatkan semua pisau-pisau ini dengan hanya mengklik linknya di sini.

Pisau Vicenza meghadirkan Anda tak hanya dengan Chef Knife, Bread Knife, Fillet Knife dan Slicing Knife. Tetapi juga menawarkan gunting, 1 papan (talenan) dan dibungkus dengan penyimpan kayu agar pisau Anda senantiasa bersih. Tertarik untuk membeli? Cek elevenia.co.id sekarang juga!

Share

Leave a Reply