Religi

Keistimewaan dan Doa Meminum Air Zamzam yang Harus Kamu Tahu

Jangan Lupa Share ya

Menurut Bahasa Arab Zamzam bermakna Al-Katsirah wal Ijtima’ yang artinya melimpah ruah. Nama tersebut berasal dari airnya yang belimbah dan diyakini bahwa air tersebut tidak akan habis selamanya.

At Thabrani mengatakan dalam hadits riwayatnya:

“Sebaik-baiknya air di muka bumi adalah air Zamzam. Air tersebut bisa menjadi mainuman yang menyenangkan dan penawar rasa sakit.”

Sumur penghasil air zamzam terletak 21 meter dari ka’bah, sumur tersebut dapat memompa 11-18,5 liter air dalam satu detik. Sumur ini memiliki kedalaman dari bibir sumur sekitar 30 meter, kedalaman airnya dari bibi sumur sekitar 4 meter dan kedalaman mata airnya sekitar 3 meter. Ketinggian dari mata air ke dalam dasar sumur adalah 17 meter dengan diameter sumur sebesat 1.46-2.66 meter.

Sejarah Sumur Zamzam

Sejarah mengenai sumur zamzam ini tidak akan pernah lepas dari Siti Hajar yang merupakan istri dari Nabi Ibrahim AS dan ibu dari Ismail AS. Pada saat itu Siti Hajar dan putranya ditinggalkan oleh Nabi Ibrahim AS dan mereka kehabisan air untuk minum. Siti Hajar memutuskan untuk pergi ke bukit Shafa dan bukit Marwah dan berharap bisa menemukan air di sana. Siti Hajar kemudian berlari kecil bolak balik antara dua bukit tersebut sebanyak 7 kali. Akan tetapi, Siti Hajar tetap tidak menemukan air setetes pun. Kemudian tiba-tiba ia mendengar sebuah suara, lalu ia berkata

“saya mendengar suaramu, tolonglah aku jika engkau punya kebaikan”.

Kemudian Allah mengutus Malaikat Jibril untuk menampakkan dirinya. Setelah Malaikat Jibril menghentakkan kakinya ke bumi, seketika itu muncullah air dari bumi. Agar air tersebut tidak hilang, maka kemudian Siti Hajar menampung air tersebut dengan cara menggali tanah di sekitar keluarnya air. Rasulullah melanjutkan,

“Andai ibu Ismail tidak menampung air itu, tentu sumur zamzam sudah menjadi air yang mengalir.”

Mata air inilah yang dikenal dengan sebuatan sumur zamzam.

Keistimewaan Air Zamzam

  1. Zamzam merupakan mata air surga

“Karena sesungguhnya air Zamzam adalah salah satu mata air surga”.

  1. Sebaik-baiknya air di bumi

“Sebaik-baiknya air di muka bumi adalah air Zamzam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang menyenangkan dan penawar rasa sakit”.

  1. Sebagai air pencuci Rasulullah saat pembelahan dada sebelum masa kenabian

“Ketika saya masih di Makkah, Jibril datang dan membuka dada, lalu ia mencucinya dengan air Zamzam. Kemudian ia membawa sebuah baskom mas penuh hikmat dan iman, menuangkannya ke dalam dadaku, dan menutupnya lagi. Lalu ia mengambil tangan saya dan naik dengan saya ke surga pertama”.

  1. Sebagai obat dan penghilang rasa dahaga

“Minum air Zamzam sesuai dengan niat menemuinya. Bila engkau meminumnya untuk obat, semoga Allah menyembuhkannmu. Bila engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga semoga Allah menghilangkannya.”

  1. Dapat menyenangkan perut

“Kami menyebut air Zamzam dengan syuba’ah (uang menyenangkan). Dan kami juga mendapatkan, air Zamzam adalah sebaik-baiknya pertolongan (kebutuhan atas kemiskinan)”.

  1. Sebagai air minum dan berwudhu

Rasulullah meminta untuk didatangkan segantang air Zamzam, kemudian ia berwudhu dengannya.

  1. Sebagai kompres kepala

“Adalah Rasulullah membawa air Zamzam di dalam kantong-kantong air (yang terbuat dari kulit). Beliau menuangkan dan membasuhkannya kepada orang yang sakit”.

  1. Kompres bagi yang demam

“Aku duduk bersama Ibnu Abbas di Makkah, tatkala demam menyerangku. Ibnu Abbas mengatakan, dinginkanlah dengan air Zamzam karena Rasulullah mengatakan, ‘Sesungguhnya demam adalah dari panas Neraka Jahanam, maka dinginkanlah dengan air atau air Zamzam’”.

  1. Sebagai bekal perjalanan

“Dari Aisyah, ia membawa air Zamzam. Ia mengabarkan, ‘Sesungguhnya dahulu Rasulullah membawanya (sebagai bekal)’”.

Apakah ketika meminum air zamzam kita dianjurkan untuk membaca doa yang khusus ? pertanyaan seperti itu sering kita dengar di kalangan masyarakat umum karena sebagian orang meyakini bahwa ada doa khusus yang harus dibacakan ketika meminum air zamzam. Berikut adalah ketika meminum air zamzam dalam Bahasa Latin dan artinya.

Doa Minum Air Zamzam

“ALLAHUMMA INNII AS ALUKA ‘ILMAN NAAFI’AN WA RIZQON WAASI’AN WASYIFAA AN MIN KULLI DAA IN.”

Artinya :

“Ya Allah aku memohon pada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala macam penyakit.”

Ada sebuah hadits shahih dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau pernah minum air zam-zam sambil berdiri. Sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Abbas bin ‘Abdul Muthollib dalam riwayat Bukhari yaitu,

Artinya :

“Aku pernah memberikan minum air zam-zam pada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau meminumnya sambil berdiri.”

Dalam hadis riwayat yang lain, dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa khasiat air zam-zam itu tergantung pada maksud orang yang meminumnya. Dari sini para ulama menarik kesimpulan bahwa doa yang dibaca setelah meminum air zam-zam adalah doa yang mustajab.

Diriwayatkan oleh Ahmad, Al Hakim dan Ad Daruquthniy dari Ibnu ‘Abbas, juga diriwayatkan oleh Ahmad dari Jabir, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Artinya :

“Air zam-zam tergantung orang yang meminumnya.”

Telah diriwayatkan oleh Ibnul Jauzi dalam kitabnya Al Adzkiya‘ bahwa Sufyan bin ‘Uyainah ditanya tentang hadits di atas, lalu beliau menilai bahwa hadits tersebut shahih.

Dari beberapa penjelasan yang tertera diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa tidak ada doa yang khusus ketika meminum air zamzam yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Tetapi, kita dianjurkan untuk berniat dengan niat yang baik ketika meminum air zamzam serta berdoa setelah meminum air tersebut karena doanya akan mustajab sebagaimana yang telah di simpulkan oleh para ulama.

Demikian pembahasan mengenai keistimewaan dan doa meminum air zamzam yang harus kamu tahu. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply