Culinary, Home /Food

Kalori Nasi VS Kalori Mie Instan

Kalori Nasi VS Kalori Mie Instan

Jangan Lupa Share ya

Makanan nomor satu di Indonesia adalah nasi, sampai ada jargon “apapun sayurnya, pakai nasi biar kenyang”. Nasi pula yang menjadi salah satu biang penyakit bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih.

Lawannya adalah makanan yang murah, mudah, dan praktis bisa didapatkan di mana saja, mie instan. Mie instan sangat digemari oleh semua orang, apalagi kalau sedang malas makan nasi atau tanggal tua. Banyak anggapan bahwa sebungkus mie instan dapat menggantikan seporsi nasi putih dengan kalori lebih rendah. Apakah benar?

Ketika membeli mie instan, dapat anda lihat dalam sebungkus mie instan ukuran standar dengan berat 85 gram mengandung 380 kalori. Dan terkadang, kita dapat mengkonsumsi 2 bungkus ditambah dengan telur, bakso, atau bahan pendamping lainnya.

Bagaimana dengan nasi putih?

Nasi putih dengan berat 100 gram itu kalorinya adalah sekitar 130-140. Otomatis dengan perbandingan tersebut, anda bisa tahu bahwa mie instan memiliki kalori hampir 4 kali lipat lebih banyak dibandingkan nasi putih. Per gram, nasi putih memiliki 1,4 kalori sedangkan mie instan memiliki 4,47 kalori.

Walau ada beberapa merek mie instan yang sudah menurunkan kadar kalorinya hingga 188 kalori per porsi, akan tetapi kadar protein dan serat dalam semangkuk mie juga berkurang banyak. Padahal, penting adanya 2 zat ini di dalam pola makan. Protein dibutuhkan untuk pembentukan darah, kulit, otot dan tulang. Selain itu, protein juga berperan untuk meningkatkan perasaan kenyang dan mengurangi lapar. Sama halnya dengan serat yang memberikan rasa penuh pada perut, sekaligus melancarkan pencernaan.

Kadar sodium di dalam mie instan secara tidak langsung membuat tubuh menjadi gemuk, karena dapat meningkatkan rasa haus setelah memakannya. Rasa haus ini menyebabkan keinginan untuk minum dalam jumlah besar. Asalkan pas dengan kebutuhkan tubuh, minum air putih sangat direkomendasikan. Tapi jika terlalu banyak dalam satu waktu, maka akan terjadi retensi air yang menyebabkan tubuh menjadi bengkak karena timbunan air.

Untuk anda yang diet, mengganti nasi putih dengan mie instan adalah solusi yang keliru karena kalorinya jauh lebih besar. Untuk anda yang punya masalah dengan berat badan, jangan hanya terfokus pada konsumsi mie instan atau nasi putih, ataupun mana dari keduanya yang kalorinya lebih besar. Anda juga perlu memperhatikan hal-hal yang lain seperti tingkat stress anda dan jam istirahat anda. Kemudian juga perhatikan makanan anda yang lainnya. Karena itu semua mempengaruhi metabolisme anda.

Untuk anda yang ingin menurunkan berat badan, kunci pertama yang bisa anda lakukan adalah menghitung jumlah kalori harian anda. Sekarang sudah ada banyak aplikasinya.

Jangan Lupa Share ya

William

Seorang penulis dan pemain kartu Tarot. Suka hilang di antara lamunan dan keanehan yang jamak.
William

Leave a Reply