Hobby

JOOX vs Spotify, Mana yang Lebih Baik?

Aplikasi streaming musik saat ini memang tengah banyak digandrungi. Sebab, kita tidak usah susah-susah mendownload lagu yang kita sukai, semuanya sudah disediakan oleh aplikasi streaming musik tersebut. Dari banyaknya aplikasi streaming musik, JOOX Music dan Spotify merupakan dua aplikasi musik streaming yang terpopuler, terutama di Indonesia.

Apa kamu salah satu di antara pengguna yang kebingungan memilih mana yang lebih baik di antara keduanya? Maka artikel ini adalah jawabannya. Sebab di sini kamu akan tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari kedua aplikasi streaming musik tersebut. Berikut ini ulasannya:

JOOX dan Spotify, mana yang lebih baik?

Tampilan atau Interface

Jika dilihat dari tampilan antarmuka, bisa dibilang tampilan JOOX terlelihat lebih atraktif, sementara Spotity lebih sederhana dan elegan karena memang Spotify mengutamakan kesederhanaan dan kemudahan dalam penggunaan. Namun di sini JOOX memiliki kelebihan, sebab pengguna dapat mengubah tampilan JOOX mereka dengan cara mengunduh tema yang sudah disediakan oleh JOOX.

Tema yang bisa diganti-ganti tersebut mungkin menjadi hal yang menyenangkan untuk mereka yang menggunakan smartphone dengan memori yang cukup besar. Namun bagi mereka yang menggunakan smartphone dengan memori terbatas tentu saja sangat memberatkan. Sebab, pengoperasian JOOX menjadi lebih berat.

Pendaftaran Member Baru

Kedua aplikasi ini kompak memudahkan pengguna untuk aspek yang satu ini. Sebab keduanya tidak mengharuskan pengguna mamasukkan nomor credit card seperti yang terdapat pada Apple Music.

Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk menjadi member dua aplikasi ini. Di JOOX, kamu bisa mendaftar menggunakan akun Facebook, We Chat, atau pun Email. Sementara di Spotify hanya menggunakan Email dan Facebook saja.

Katalog dan Kategori Musik

Untuk katalog musik, kedua aplikasi ini hampir sama. Pada JOOX lebih unggul soal genre, bahkan pop sunda dan dangdut pun tersedia. Namun soal Mood, Spotify lebih unggu dibanding JOOX karena ada banyak sekali pilihan yang cocok sesuai dengan keadaan penggunanya.

Yang harus kamu tahu, Spotify mengklaim bahwa mereka sudah memiliki lebih dari 30 juta lebih lagu yang ditawarkan pada penggunanya. Sementara untuk JOOX baru 5 juta lebih lagu saja. Hal ini sebenarnya wajar, karena JOOX adalah pemain baru sementara Spotify merupakan pemain lama.

Kualitas Suara Saat Streaming Lagu

Dari segi kualitas suara, keduanya punya pengaturan kualitas musik yang dapat diatur oleh penggunanya lewat pengaturan. JOOX bisa dibilang lebih ramah pengguna internet karena bisa mengatur kualitas suara dengan kualitas low, mendium dan high. Pengaturan low tentunya akan menghemat data yang dibutuhkan untuk streaming musik. Hal ini berbeda dengan Spotify yang mana pengaturan kualitas suara telah diatur secara otomatis yang disesuaikan dengan kaulitas internet pengguna.

Sinkronisasi Antar Perangkat

Fitur sinkronisasi adalah fitur yang keberadaannya wajib di tiap layanan musik streaming. Hal ini karena pengguna mungkin saja akan menggunakan perangkat beragam seperti Notebook, PC, dan smartphone. Nah untuk mendukung mobilitas yang satu ini, JOOX maupun Spotify punya fitur yang satu ini. Hanya saja untuk sinkronisasi Spotify lebih unggul karena hanya dengan mendownload lagu pada perangkat dekstop atau PC, kamu langsung bisa mengontrol lagu yang sudah kamu unduh tersebut dan mendengarkannya di smartphone.

Fitur lainnya yang dimiliki oleh kedua aplikasi ini yaitu semua lagu yang terdapat di dalam akunmu dapat tersimpan di semua perangkat secara otomatis. Hal ini membuat kamu tak akan kerepotan walaupun berpindah perangkat, asal dengan akun yang sama.

Layanan VIP & Premium

Dalam layanan yang satu ini, kedua aplikasi ini telah menyediakan trial gratis. Keduanya menspesialkan pengguna baru. Untuk JOOX, pengguna baru dapat menikmati VIP gratis selama 1 bulan. Sementara Spotify menyediakan 1 minggu Layanan Premium untuk pengguna baru. Untuk Spotify bila layanan gratis tersebut telah habis, pengguna masih bisa streaming lagu namun dengan konsekuensi harus terjeda oleh iklan saat streaming musik. Sedangkan untuk JOOX, pengguna tidak bisa streaming lagu berlabel VIP lagi dan fitur download pun sudah tidak bisa dinikmati.

Namun pengguna JOOX masih beruntung karena pengguna dapat menikmati layanan VIP gratis dalam satu hari. Caranya hanya dengan membagikan lagu yang sedang kita dengarkan ke sosial media, seperti WeChat atau pun Facebook.

Fitur Tambahan

Bisa dibilang Spotify harus mengaku kalah dalam hal ini dari JOOX. Hal ini karena JOOX memiliki sejumlah fitur seperti DTS yang mampu meningkatkan kualitas audio. Sayangnya, fitur yang disediakan ini tak bisa dinikmati secara gratis. Pengguna diharuskan membayar Rp 15 ribu per bulannya. Namun bagi kamu yang masih baru, bisa mencoba fitur ini secara gratis dalam satu bulan. JOOX pun memiliki penghitung waktu. Hal ini membuat pengguna bisa mengatur kapan aplikasi harus dimatikan. Fitur ini akan sangat penting saat pengguna ingin memutar musik sebelum tidur. Yang tidak kalah kerennya, JOOX memiliki fitur lirik yang dapat muncul tiap kali kita mendengarkan lagu.

Itulah sejumlah keunggulan dan kelemahan masing-masing dari aplikasi JOOX dan Spotify. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply