Beauty & Health

Jenis Makanan Untuk Penderita Kanker Hati

Jangan Lupa Share ya

Untuk bertahan hidup,  manusia  membutuhkan asupan makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi, disisi lain faktor penyebab terjadi gangguan kesehatan manusia tak terkecuali organ-organ tubuh yakni hati juga disebabkan oleh makanan dan minuman. Organ hati memiliki kekuatan yang sangat luar biasa regenerative. Dimana hati berperan sangat vital bagi tubuh yaitu untuk menyaring racun yang akan masuk ke tubuh. Hati juga bisa terserang berbagai penyakit, diantaranya yaitu penyakit kanker hati. Ketika penyakit ini sudah menyerang, maka harus mengkonsumsi makanan untuk penderita kanker hati, agar penyakit ini tidak semakin parah.

Sekilas Tentang Kanker Hati

Kanker hati merupakan penyakit yang mengerikan karena penyakit ini menyerang organ hati. Penyakit kanker hati dibagi menjadi dua tipe yaitu tipe primer dan tipe sekunder. Apa itu Kanker hati primer? penyakit kanker hati yang pertumbuhan sel kankernya terjadi pada organ hati. S edangkan kanker hati sekunder merupakan sel kanker yang pada awalnya tumbuh di organ tubuh lainnya, lama kelamaan menyebar dan berkembang pada organ hati.

Kanker hati ini ini bisa membuat kerusakan fungsi hati. Bahkan, kangker hati ini bisa  membuat fungsi hati mati total. Sedangkan hati sendiri memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia yaitu sebagai penyaring racun yang ada di dalam tubuh. Selain itu, hati juga berfungsi untuk memproses protein dan lemak yang ada dalam tubuh, memproduksi cairan empedu dalam membantu proses pencernaan. Melihat hati mempunyai fungsi yang sangat penting, sangat berbahaya hati mengalami kerusakan. Tetapi, jika pengobatan terbaik dan tepat segera dilakukan, ditambah dengan mengkonsumsi makanan untuk penderita kanker hati emungkinan untuk sembuh akan semakin besar.

Makanan sehat bagi penderita kanker hati

Mengobati penyakit kanker hati, bisa dilakukan dengan cara pengobatan dan terapi. Selain itu, mengobati kanker hati juga bisa dengan cara mengkonsumsi makanan untuk penderita kanker hati ini. Nah, berikut ini makanan-makanan sehat yang sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita kanker hati:

  1. Buah Tomat

Buah tomat merupakan makanan sehat bagi penderita kanker hati yang pertama. Penelitian mengemukakan bahwa kandungan antioksidan yang ada pada buah tomat terdapat pada senyawa likopen. Senyawa ini dapat melindungi tubuh dari serangan sel sel kanker. selain itu, senyawa ini bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Buah tomat juga kaya akan Vitamin C yang mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sehingga tubuh bisa dilindungi dari serangan berbagai macam penyakit termasuk penyakit mengerikan seperti kanker hati.

  1. Buah Blueberry

Selain tomat, blueberry juga mengandung kaya akan antioksidan. Menurut penelitian, buah blueberry mengandung senyawa Antosianin yang berupa antioksidan alami yang bisa membantu membunuh sel kanker yang ada pada tubuh manusia. Selain itu, juga banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa buah blueberry sangat baik untuk melindungi tubuh dari serangan sel kanker.

  1. Wortel

Makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita kanker hati yaitu sayur wortel. Sayur wortel mangandung beta-karotin yang menjadi antioksidan yang sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh . alah satunya bisa melawan sel kanker pada prostat, organ hati dan juga pari-paru.

  1. Brokoli

Enzim glucoraphanin yang terkandung dalam brokoli, bisa melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker termasuk sel kanker yang terjadi pada organ hati.

  1. Kol

Kol merupakan sayuran lainnya yang bisa melindungi tubuh dari sel kanker hati. kandungan senyawa indole – 3 – carbinol yang terdapat pada kol, dipercaya bisa memerangi sel kanker yang ada pada tubuh manusia. salah satunya sel kanker yang berkembang pada organ hati.

  1. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang paling banyak digunakan untuk penyedap masakan dan bumbu yang satu ini tidak akan pernah absen di dapur. Selain bawang putih bisa membuat rasa masakan menjadi semakin lezat, bawang putih juga mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan, bawang putih juga bisa mencegah dan melawan pertumbuhan sel kanker.

  1. Konsumsi makanan organic tanpa ada campuran bahan kimia

Makanan untuk penderita kanker hati yaitu makanan-makanan organik yang ketika dalam proses pembuatannya benar-benar terbebas dari bahan kimia. Seperti halnya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sehat alami tanpa adanya bahan kimia.

Demikian ulasan tentang jenis makanan untuk penyakit kanker hati. Semoga adanya artikel ini menyadarkan kita betapa pentingnya kesehatan, karena sehat itu mahal. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.(elevenia)

Jangan Lupa Share ya

Leave a Reply