Home /Food

Jenis Makanan Penambah Darah yang Wajib Kamu Tahu

Darah adalah salah satu hal penting untuk tubuh manusia. Ketersediaannya dalam tubuh dan dengan kondisi sehat serta mencukupi sangat membantu manusia dalam melakukan aktifitas sehari – hari. Untuk menjaga kondisi darah tentu kita harus menjaga pola makan dan istirahat yang cukup. Dengan demikian hidup kita akan sehat. Dengan keadaan tubuh yang sehat kita dapat menghindari penyakit anemia atau kekurangan darah.

Namun jika kita sudah mengalami tanda – tanda anemia, kita harus cepat mengatasinya sebelum bertambah parah. Nah daripada kita menggunakan bahan – bahan kimia, alangkah baiknya jika kita menggunakan bahan – bahan yang alami. Jangan khawatir, Tuhan telah menciptakan berbagai macam hal yang memiliki fungsi tersendiri. Karena itulah banyak makanan yang dapat mengatasi anemia.

Jenis Makanan Penambah Darah Rendah

  1. Daging Merah

Daging merah banyak mengandung zat besi, protein hewani, mineral dan protein. Nah zat besi inilah yang dapat meningkatkan hemoglobin dalam tubuh, sedangkan protein berfungsi untuk membatu dalam penyusunan sel – sel darah merah. Maka dari itu daging merah seperti daging sapi atau kerbau sangat efektif untuk menabah darah dalam tubuh kamu.

  1. Ikan

Banyak ikan yang mengandung asam lemak Omega-3 yang sangat baik untuk dikonsumsi. Salah satu ikan yang baik untuk penambah darah adalah ikan salmon. Ikan salmon selain mengandung banyak Omega-3 juga kaya akan vitamin B-12 yang berfungsi sebagai pembentukan sel-sel darah. Selain itu, ikan merupakan makanan yang rendah kolesterol jahat jadi tidak akan membahayakan tubuh kamu.

  1. Kacang-kacangan

Kacang – kacangan banyak menganduk zat besi, sedangkan zat besi tersebut dapat menaikan kadar HB di dalam darah. Selain itu kacang –kacangan dapat menaikan tekanan darah.

  1. Sayuran

Ada banyak sayuran yang dapat menambah darah, salah satunya brokoli yang mengandung banyak protein nabati dan zat besi. Kandungannya itu dapat menambah kadar darah dalam tubuh secara cepat. Selain menambah darah brokoli juga dapat mengikat radikal bebas dan memeperkuat system imun tubuh. Selain brokoli ada juga sayuran bayam yang mengandung rendah sodium, kalium, dan Fe. Kandungannya itu dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga aliran darah agar tetap lancar.

  1. Buah-buahan

Banyak sekali jenis buah yang dapat meninkatkan kadar darah dalam tubuh. Salah satunya adalah buah kurma dan strawberry. Tak disangka ternya buah kurma dapat mengatasi kekurang darah. Vitamin B-Kompleks yang terkandung didalamnya dapat meningkatkan produksi seld darah sehingga mampu menurunkan risiko gejala anemia. Nah kalo buah strawberry ini mengandung banyak antioksidan, vitamin, zat besi, serat tinggi dan rendah lemak yang dapat menambah kadar darah darah dalam tubuh.

5 jenis makanan tersebut dapat kamu konsumsi untuk mengatasi darah kamu yang kurang. Untuk menjaga kesehatan kamu pun harus istirahat yang cukup dan tidak melakukan aktifitas yang melebihi kemampuan tubuh kamu. nah saya juga akan beri kamu tips agar kamu terhindar dari penyakit anemia.

Tips Menghindari Kurang Darah

  1. Makan Makanan yang Berserat dan Kaya Nutrisi

Makanan yang berserat dan kaya akan nutrisi adalah beras merah, kentang, gandum dan pasta. Beras merah mengandung karbohidrat, serat alami, dan zat besi untuk menaikkan sel-sel darah sehingga baik untuk kesehatan. Sedangkan kentang mengandung karhodidrat, Vitamin C, dan zat besi. Untuk gandum, dia banyak mengandung Fe yang dapat berfungsi untuk mengurangi risiko terkena darah rendah. Sementara pasta mampu meningkatkan kadar haemoglobin dalam darah. Makanan – makanan tersebut dapat dikonsumsi untuk mengatasi dan menghindari darah rendah.

  1. Hindari Pola Makan yang Tak Sehat

Pola makan yang tidak sehat yaitu memakan makanan – makanan yang kurang sehat dan sembarangan. Misalnya minum alcohol, kopi berlebihan, bergadang, memakan junkfood, dan program diet yang salah.

  1. Minum air putih

Air putih adalah hal yang sangat penting dan sangat diperlukan oleh tubuh. Bagusnya kamu minum 8 (delapan) gelas per hari agar kandungan elektrolit kamu tetap terjaga.

  1. Perbanyak Makanan Mengandung Garam

Garam atau mineral merupakan salah satu zat alami yang mampu menaikkan laju produksi sel darah merah. Tapi ingat konsumsi garam dengan takaran normal maka kandungannya akan mampu menaikkan tekanan darah dalam tubuh.

  1. Olah raga Cukup

Olah raga adalah hal yang tidak boleh dilupakan dalam menjaga kesehatan tubuh. Dengan berolah raga maka aliran dan perputaran darah yang ada ditubuh kamu akan lancar. Olah raga dengan rutin akan membantu mengatasi darah rendah. Tapi jika tekanan darah sedang turun lebih baik jangan dulu berolah raga.

Beberapa tips di atas dapat kamu lakukan agar kamu terhindar dari anemia. Jika kamu penderita anemia kamu bisa mengonsumsi makanan – makanan yang sudah saya sarankan agar darah kamu menjadi bertambah dan tubuh menjadi bugar kembali.

Sebetulnya kesehatan tubuh kamu bergantung pada pola hidup yang kamu jalani, jadi jalani pola hidup yang sehat agar kamu terhindar dari berbagai penyakit. (elevenia)

Leave a Reply