Editor's Choice, Seller Stories

Inspirasi Mempercantik Toko Online bersama elevenia dan SUKMA Inspirasi

“Sist, boleh dicoba sist produk baru kita sist…”

“Sist, boleh cek produk ori kita sist di sini…”

Sering mendapat pesan seperti itu di akun media sosial Anda? Atau jangan-jangan Anda juga termasuk ke dalam jaringan Sist yang mencoba dan juga berkunjung ke akun tersebut. Salah? Tenang saja, tidak ada yang salah di sini. Mari lihat hal ini lebih luas.

Dalam perkembangan dunia digital, semua seakan bergerak begitu cepat. Apapun bentuknya, semua itu bisa kita sebut sebagai informasi. Jika dilihat lagi ke belakang, semenjak 2008, dunia digital di Indonesia mulai berkembang dengan pesat. Kecepatan informasi yang beredar nyaris melebihi kecepatan cahaya. Berbagai hal positif pun lahir dari berkembangnya era digital ini, antara lain lahirnya banyak media digital dan juga e-commerce. Tak bisa dipungkiri, kebutuhan akan informasi dan akses yang mumpuni menjadi celah media digital sebagai penyaji informasi yang tepat dan akurat. Dari kelahiran digital media ini, otomatis menghadirkan komunitas digital. Tak hanya itu, dunia digital juga memprakarsai lahirnya e-commerce yang kian pesat tumbuh di negeri ini.

Kerjasama antara e-commerce dan juga digital media semacam sebuah kolaborasi yang positif. Dunia e-commerce semacam semburat warna yang menyemarakkan dunia digital Indonesia. Kecanggihan teknologi dan kebutuhan akan penyingkat waktu, membuat e-commerce menjadi alternatif dalam berbelanja.

Sebuah kolaborasi yang apik antara e-commerce dan media digital coba dibuktikan oleh elevenia, sebagai e-commerce terbaru di Indonesia, dan juga SUKMA Inspirasi, sebagai media digital yang menaungi komunitas entrepreneur. elevenia, yang merupakan perusahaan joint venture antara PT. XL Axiata dan SK Planet Korea, adalah online marketplace terbaru di Indonesia. elevenia mempertemukan penjual (seller) dan pembeli (buyer), di dalam sebuah platform, di mana mereka bisa melakukan transaksi. Sampai saat ini, elevenia telah memiliki lebih dari 7.000 seller dan lebih dari 600.000 produk. Berpindah ke sisi media, SUKMA Inspirasi merupakan sebuah media online yang bergerak untuk menaungi para perempuan dengan profesi sebagai entrepreneur. Sampai saat ini, SUKMA telah memiliki lebih dari 3.000 member dan hampir semua member mereka merupakan UKM baik perorangan maupun perusahaan yang telah memiliki market sendiri baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Pada hari Selasa, 11 Maret 2014 lalu, bersama dengan SUKMA Inspirasi, telah digelar workshop yang bertema mempercantik toko online. Acara yang bertempat di SELLER ZONE elevenia, Plaza 89, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta ini, menghadirkan 3 orang pembicara, Diah Kusumawardhani – Senior Fotografer ANTARA, Agung Laraseno – Seller Communication & Education Manager elevenia dan Dani Farid, dari BII Maybank Pijar.

“Visual merupakan aspek paling penting untuk diperhatikan para seller dalam menjual produk online,” ujar Diah dalam materi yang disampaikannya. Tentunya, bagi para seller, kebutuhan akan image produk yang bagus merupakan hal yang paling utama. Inilah yang akan menjadi representasi dari seller dan juga produk di mata konsumen. Lebih lanjut lagi dikatakan, “Selain dengan image produk yang bagus dan jelas, deskripsi sebuah produk akan sangat membantu konsumen dalam memahami produk yang ditampilkan,” ujar Agung Laraseno dari elevenia. Seno pun menganjurkan agar para seller juga mencantumkan ukuran yang detil dan yang tersedia di dalam tokonya. “Hal ini akan berpengaruh dalam pemilihan produk oleh konsumen,” tambahnya. Semakin lengkap informasi sebuah produk akan semakin bagus dan akan semakin menarik di mata konsumen.

Peserta menyimak materi dengan seksama

Ditambahkan oleh Seno, di elevenia, semua seller yang bergabung diminta untuk memenuhi syarat dalam tampilan produk, mulai dari kualitas foto dan informasi yang diberikan di dalam produk tersebut. “Maka itu di elevenia kami menyediakan studio foto yang akan sangat membantu para seller dalam menyajikan foto produk di website kami,” ujar Seno. Untuk menikmati fasilitas foto studio ini sangat mudah sekali. Para seller yang telah terdaftar di elevenia, bisa memanfaatkan Seller Office yang ada di akun mereka, lalu melakukan booking secara online untuk pemotretan di studio foto. Dikatakan lebih lanjut, di elevenia, selain untuk pemotretan, elevenia juga menyediakan konsultasi untuk mengelola toko para seller di elevenia. “Mulai dari bagaimana menampilkan foto produk yang bagus, menuliskan informasi produk, memilih produk yang eye catching termasuk memberi nama produk,” ujar Seno.
Di workshop kali ini, bukan hanya mendapatkan pengetahuan mengenai mengelola toko online dengan baik, pihak dari BII PIjar yang diwakili oleh Dani Farid juga memberikan informasi mengenai BII PIjar, sebuah program produk pinjaman BII Maybank Untuk Usaha Mikro.

Seno dari elevenia menjelaskan bagaimana serunya proses kreatif seller di elevenia

Selama workshop berlangsung, peserta terlihat antusias dalam menyimak materi yang disampaikan. Pertanyaan demi pertanyaan terus bergulir demi memenuhi rongga rasa ingin tahu mereka. Maklum saja, mereka semua merupakan pelaku bisnis online yang sangat terbuka untuk informasi dan ilmu baru yang bisa membantu memajukan toko online mereka. Di akhir sesi, elevenia membagikan doorprize berupa tablet Andromax dari PIXCOM. Tak hanya itu, para peserta diajak berkeliling Seller Zone elevenia Plaza 89.

Seller Zone ini merupakan fasilitas yang dibangun oleh elevenia, diperuntukkan bagi para seller. Di sini terdapat 3 studio foto yang bisa dimanfaatkan oleh para seller yang hendak melakukan pemotretan produk. Ada juga ruang seminar dan training, ruang meeting bertema dan juga lounge yang bisa digunakan sebagai tempat berkonsultasi dengan Customer Representative Officer elevenia.

Dalam workshop ini, para peserta bukan hanya mendapat ilmu bagaimana mempercantik toko online mereka, namun juga mendapatkan kesempatan berbelanja gratis di elevenia dengan menggunakan poin belanja. Anda juga bisa lho berkesempatan menikmati belanja dengan Poin belanja elevenia. Penasaran? Yuk login ke www.elevenia.co.id!

 

 

Para peserta berfoto dulu sebelum pulang

Sampai ketemu di workshop berikutnya ya! (IRL) 

#elevenia #SUKMAINSPIRASI #workshop #onlineshop #tokoonline

Share

Leave a Reply