Mother & Baby

Inilah Tanda Tanda Kehamilan yang Harus Kamu Ketahui

Memiliki buah hati merupakan dambaan tiap pasangan yang sudah menikah. Hadirnya anggota keluarga baru di tengah romansa pernikahan akan menambah kehangatan serta keharmonisan dalam berumah tangga. Untuk itu tidak heran jika kehamilan merupakan suatu hal yang sangat ditunggu. Namun terkadang masih banyak wanita yang salah mengira dirinya tengah hamil muda, tapi ternyata setelah melakukan pemeriksaan dokter, belum muncul tanda-tanda janin di dalam kandungan.

Sebenarnya telat menstruasi bukanlah satu-satunya tanda hamil yang bisa menjadi tolak ukur. Lalu, apa saja tanda-tanda kehamilan yang harus kamu tahu?

Tanda-Tanda Kehamilan yang Harus Kamu Tahu

Perubahan Bentuk Tubuh

Perubahan bentuk tubuh menjadi salah satu tanda yang mungkin mudah untuk dikenali. Terlebih tanda ini pun sangat umum terjadi pada wanita yang tengah hamil muda. Seperti perut yang tampak lebih besar, hingga bokong, lengan dan paha pun ikut membesar.

Perubahan Warna Pada Organ Intim

Warna organ intim akan berubah menjadi lebih pucat atau kehitaman dari sebelumnya berwarna merah muda. Di awal kehamilan akan keluar cairan seperti keputihan, tapi cairan tersebut merupakan proses pembuahan yang terjadi dan dihasilkan dari cervical mucus.

Perubahan Pada Payudara

Perubahan payudara adalah perubahan fisik yang akan dialami oleh wanita dalam masa kehamilan. Nantinya, payudara terasa lebih berat, sakit atau bahkan nyeri saat dipegang. Sementara itu, perubahan bentuk pun akan terjadi, di mana pada dua minggu pertama di awal kehamilan, payudara akan membeas. Proses ini merupakan persiapan untuk memproduksi susu utamanya terjadi pada wanita muda.

Hal ini membuat wanita yang tengah hamil kondisi payudaranya lebih sensitif, bahkan saat tersentuh oleh branya sendiri akan terasa sedikit nyeri. Selain itu, kondisi dada pun akan sedikit lebih lembut saat disentuh dan akan terasa sedikit gatal setelah satu minggu.

Kelelahan yang Amat Sangat

Tanda kehamilan yang lainnya adalah wanita hamil akan alami kelelahan yang amat sangat, terutama di awal kehamilan. Hal ini membuat wanita hamil butuh waktu lebih lama untuk tidur utamanya pada minggi pertama atau pun di minggu kedua awal kehamilan.

Hal ini karena tubuh bekerja lebih keras dengan memompa hormon dan darah supaya menenuhi kebutuhan nutrisi janin dalam kandungan. Hormon progesteron akan menjadi depresan alami untuk sistem saraf pusat.

Jumlah hormon progesteron yang berlimpah dalam tubuh membuat tubuh menjadi mudah mengantuk dan cepat lelah. Tak Cuma itu, jantung pun akan memompa lebih keras dan cepat dibanding biasanya.

Buang Air Kecil dan Konstipasi Lebih Sering

Saat hamil, janin yang berada dalam rahim membutuhkan ruang yang lebih luas. Hal ini menyebabkan kandung kemih tertekan. Kondisi ini membuat prekuensi buang air kecil menjadi lebih sering. Tak hanya itu kandung kemih pun akan dipenuhi oleh urin dibandingkan biasanya.

Sering Mual

Mual merupakan tanda umum saat memasuki kehamilan awal. Namun harus diingat, bahwa tidak semua wanita mengalami gejala yang satu ini. Mual di pagi hari sudah menjadi hal yang lumrah pada awal kehamilan. Rasa mual ini biasanya akan terjadi pada minggu ke empat sampai minggu ke delapan.

Tak hanya mual, ibu hamil pun biasanya lebih sensitif terhadap bau-bau tertentu seperti rokok, kopi, makanan, parfum dan lain sebagainya. Bau-bau tersebut menimbulkan mual semakin menjadi-jadi.

Mengalami Flek dan Nyeri pada Perut

Di awal kehamilan sangat memungkinkan kamu mengalami pendarahan. Namun darah yang keluar nantinya berwarna lebih terang dibanding dengan warna darah pada umumnya. Proses ini biasanya terjadi sekitar 10 sampai 14 hari usai terjadinya pembuahan.

Tak hanya pendarahan, kamu juga bisa mengalami nyeri perut yang tidak jauh beda dengan nyeri perut saat haid. Hal ini dikarenakan rahim yang semakin membesar.

Sakit Kepala

Tanda kehamilan yang selanjutnya adalah munculnya sakit kepala yang sering kali dirasakan. Hal ini muncul akibat dari peningkatan sirkulasi darah yang terjadi  dari perubahan hormon pada tubuh. Atau, bisa dipicu juga oleh kurangnya kadar gula di dalam tubuh.

Sering  Meludah

Dorongan untuk meludah akan lebih sering ketika hamil. Hal ini terjadi akibat perubahan hormon estrogen yang terdapat dalam tubuh. Biasanya kondisi ini terjadi pada trimester pertama. Gejala yang satu ini akan berangsur-angsur menghilang seiring dengan berjalannya waktu.

Berupah Persepsi Pada Makanan Tertentu

Ibu hamil banyak yang merasakan mual pada saat melihat atau pun mencium bau dari suatu makanan tertentu. Selain itu, banyak juga ibu hamil yang mengalami masa ngidam. Hal ini terjadi akibat adanya perubahan hormon yang ada di dalam tubuh.

Muncul Gelaja PMS

Gejala PMS tak hanya terjadi saat Anda mengalami haid saja, tapi juga gejala yang satu ini akan muncul di awal masa kehamilan seperti perut kembung, pinggang sakit, nyeri pada payudara sampai nafsu makan yang meningkat.

Itulah tanda-tanda kehamilan yang harus kamu tahu. Satu hal lagi yang harus diketahui yaitu, saat mengalami salah satu dari tanda-tanda di atas, bukan berarti kamu telah positif hamil. Oleh karena itu, untuk mendapatkan hasil yang pasti, lebih baik memeriksakan kandungan ke dokter kandungan atau bidan. Semoga bermanfaat.(elevenia)

Leave a Reply