Babies /Kids

Inilah Taktik dan Cara Mengatasi Anak Ngompol

Salah satu masalah balita hingga anak-anak yang sering merepotkan orang tua adalah ngompol. Meski terbilang wajar, namun harusnya saat memasuki usia sekolah, mengompol harusnya bisa dikurangi dan tidak menjadi sebuah kebiasaan lagi. Sebenarnya ada sejumlah cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi si kecil mengompol. Yang diperlukan hanyalah kesabaran dan juga ketelatenan orang tua saja agar si kecil tidak mengompol lagi saat tidur. Bagaimana caranya yang paling efektit untuk mengatasi hal ini? Mengingat masalah ini merupakan masalah yang sering merepotkan orang tua. Terlebih saat anak-anak tersebut sudah bisa untuk tidak mengompol, namun tetap saja mengompol.

Mengapa Anak-Anak yang Terhitung Sudah Besar Masih Mengompol?

Sebenarnya jika mereka masih dalam kategori anak-anak, mengompol masih bisa dikatakan wajar. Namun saat yang mengompol itu adalah anak remaja atau bahkan dewasa. Hal tersebut tentulah tidak wajar dan harus diatasi.

Mayo Clinik berpendapat bahwa 15 persen anak-anak masih suka mengompol di usia 5 tahun, namun kurang dari 5 persen anak-anak masih suka mengompol di usianya yang sudan menginjak 8 sampai 11 tahun. Mengompol sebenarnya akan lebih sering terjadi pada anak laki-laki dibandingkan dengan anak perempuan. Meski hal ini terdengar mengesalkan, kamu harus menyadari bahwa mereka mengompol bukan untuk mengerjai kamu tapi benar-benar karena ketidaksengajaan.

Penyebab dari mengompol juga bervariasi. Ada sejumlah hal yang menjadi penyebab anak mengompol saat tidur, seperti di bawah ini:

  • Anak masih belum bisa menahan air kencing sepanjang malam.
  • Sangat kandung kemihnya terasa penuh anak tidak terbangun. Ini dapat disebabkan karena perkembangan dari kandung kemihnya terbilang lambat.
  • Pada usia anak-anak umumnya akan menghasilkan urin yang besar selama sore dan juga pada malam hari.
  • Anak sendiri memiliki kebiasaan menahan buang air pada siang hari. Banyak dari anak-anak terbiasa dalam mengabaikan keinginan buang air kecilnya. Hal ini membuat mereka menunda untuk buang air kecil selama mungkin.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Ngompol Pada Anak?

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Cara-cara ini lebih cenderung ke taktik orang tua supaya, anaknya tidak mengompol saat tidur, seperti di bawah ini:

Usahakan buang air kecil sebelum tidur

Sebagai cara pertama untuk mengatasi anak mengompol adalah kamu perlu melatih anak untuk membuang air kecil sebelum tidur. Rasa ingin buang air kecil mungkin akan muncul saat kamu mengkonsumsi banyak air sebelumnya. Untuk itu, sebelum tidur atau sekitar 20 sampai 30 menit sebelum tidur untuk anak minum air. Setelah itu sebelum tidur ajaklah anak untuk buang air kecil terlebih dahulu. Dengan begitu kantung kemih anak akan kosong saat ia tidur.

Hindari Mengkonsumsi Minuman yang Bisa Merangsang Buang Air Kecil

Banyak sekali orangtua yang tak menyadari apabila ada sejumlah minuman yang bila dikonsumsi oleh anak akan memincu kencing. Seringkali minuman ini diberikan sebelum anak tidur, seperti susu cokelat, susu hangat, sampai teh. Minuman-minuman tersebut merupakan minuman yang mengandung kafein, di mana kafein ini mengandung diuretic yang dapat memicu anak untuk buang air kecil. Untuk itu, hindari memberikan anak minuman tersebut, atau jika ingin memberikan anak minuman gunakan taktik pertama.

Segera Atasi Bila Si Kecil Sembelit

Sembelit dan ngompol ternyata saling berkaitan satu sama lain. Apabila anak kamu sering sekali buang air, siapa tahu anak kamu memang memiliki masalah pada buang air besarnya. Sebab, Cleveland Clinic mengungkapkan bahwa masalah sembelit dapat menyebabkan anak menjadi lebih sering buang air kecil.

Sebab pada dasarnya, posisi rectum atau usus ada di belakang kantung kemih, sehingga dapat mempengaruhi siklus dan volume kencing pada sejumlah anak. Untuk itulah, ada baiknya kamu memperhatikan juga siklus buang air besar anak. Apabila kamu menemukan anak kamu menderita sembelit, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Atur Jadwal Rutin

Sebagai salah satu dari cara mengatasi ngompol adalah, kamu bisa menerapkan jadwal rutin dan teratur pada buah hati kamu, misalnya seperti di bawah ini:

  • Usahakan anak minum lebih banyak di pagi dan sore hari, dan kurangi minum pada saat malam hari.
  • Secara teratur pergi ke kamar mandi selama siang hari
  • Harus pergi terlebih dahulu ke kamar mandi sebelum tidur

Saat jadwal tersebut diterapkan, usahakan kamu mencatatnya atau pun menulisnya pada jurnal harian kamu. Apabila jadwal tersebut belum berhasil, maka kamu harus berkonsultasi soal masalah ini pada dokter agar anak diberikan perawatan lebih lanjut.

Itulah sejumlah taktik yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi anak yang masih mengompol. Di lihat dari solusi di atas, butuh kerjasama yang baik antara anak dan orang tua, sehingga kamu sebagai orang tua yang baik harus memberikan pengertian kepada anak soal masalah ini. Semoga bermanfaat. (elevenia)

Leave a Reply